11 Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Cara memandikan kelinci- Merawat kelinci sudah menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan oleh pemeliharanya. Siapapun yang memelihara kelinci dia harus merawatnya dengan baik, supaya kondisinya tetap terjaga dan tidak sakit. Nah salah satu perawatan kelinci adalah memandikannya supaya bersih dan sehat.

Namun tentunya saat kalian ingin memandikan kelinci tidak boleh sembarangan sebagaimana memandikan sapi atau kambing, sebab di sana ada teknik-teknik khusus yang wajib kalian perhatikan, misalnya bagaimana cara agar dia tidak memberontak saat dimandikan, dia tidak cedera dan dia merasa nyaman. Apalagi yang memiliki kelinci hias anggora, harus lebih berhati-hati lagi.

Makanya di sini hobinatang.com akan kembali berbagi tips yang sangat penting buat para pemula. Yaitu cara memandikan kelinci hias yang baik dan benar. Dengan demikian kelinci sobat bisa terjaga kebersihannya, bulunya tetap putih, halus dan wangi.

Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar


Panduan memandikan kelinci berikut ini adalah secara universal alias umum. Jadi cocok untuk semua jenis kelinci hias. Entah itu kelinci anggora, rex, lop atau pedaging. Baiklah apa saja langkah-langkah memandikan kelinci yang baik?

1. Menyediakan Perlengkapan Mandi Kelinci


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Yups langkah pertama ialah sobat harus menyiapkan alat-alat mandi untuk kelinci. Kebutuhannya tidak terlalu rumit kog, di antaranya adalah:

  1. Bak mandi
  2. Air hangat
  3. Handuk kering
  4. Sampo khusus kelinci
  5. Bedak bayi
  6. Hairdryer
  7. Sisir
  8. Cutton Bud
  9. Baby oil
  10. Gunting kuku

Ke 10 media perlengkapan mandi di atas ada yang bersifat wajib dan ada yang tidak wajib, misalnya gunting kuku dan hairdryer. Sebab memandikan kelinci tanpa hair dryer juga bisa (pengalaman).

Baik jika peralatan di atas sudah tersedia semua, maka selanjutnya masuk ke proses memandikan kelinci.

2. Mengisi Air Hangat ke Dalam Wadah


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula
http://coub.com

Langkah pertama yaitu masukkanlah air hangat ke dalam bak atau wadah ember yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk ukuran airnya kira-kira setengah badan kelinci atau 1/4. Dan juga sobat tidak boleh menggunakan air yang terlalu hangat atau panas karena justru bisa menyakitinya.

3. Mengambil Kelinci dan Menaruh Kapas


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Apabila air hangat sudah siap selanjutnya kalian tinggal mengambil kelinci yang ada di dalam kandang, dengan posisi kelinci membelakangi kalian. Hal ini supaya dia tidak memberontak saat diambil. Lalu tutup telinga kelinci dengan kapas biar saat dimandikan telinganya tidak kemasukan air. Tapi kalau anda sudah ahli memandikan kelinci anda, tidak perlu kapas.

4. Masukkan Kelinci ke Dalam Bak


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Cara keempat ialah meletakkan kelinci ke dalam bak mandi, tapi harus pelan-pelan supaya si kelinci bisa menyesuaikan kondisi airnya. Di samping itu biasanya kelinci memberontak mau pergi terus. So tetap pegang jangan lengah.

5. Siram Basuh Hingga Merata


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula
http://cyberspaceandtime.com/

Kalau sudah masuk ke dalam bak mandi. Kemudian sobat tinggal membasuh atau menyiramnya secara merata ke seluruh badannya. Bila perlu sambil dipijat-pijat biar merata dan mengenai kulit bagian dalam, tapi ingat jangan sampai masuk ke dalam lubang hidung, lubang telinga atau mulut.


6. Diberi Sampo Kelinci



Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula
http://www.deepakdhakal.com/

Memberikan shampo adalah bagian terpenting dalam memandikan kelinci. Tapi sobat harus memilih shampo yang tidak pedih di mata. Seperti shampo khusus kelinci, shampo bayi atau shampo kucing. Cara menggunakannya, oleskan shampo tersebut ke seluruh tubuh kelinci, lalu pijat-pijat sampai merata. Terutama di area yang sulit dijangkau misalnya belakang telinga, telapak kaki, bagian anus, selangkangan kelinci dan lain sebagainya. Yang jelas dipijat sampai kotorannya benar-benar terangkat/hilang.


7. Membilas Tubuh Kelinci Sebelum Dikeringkan


Setelah itu bilaslah sampai busa-busa nya hilang dan jangan sampai ada yang tersisa sedikit pun. Jika dirasa sudah bersih, angkatlah kelinci dari bak mandinya dan dipindahkan ke tempat yang kering. Lalu dilap menggunakan handuk yang sudah disiapkan sebelumnya.

8. Keringkan Kelinci dengan Hair Dryer


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula
gambar kelinci mandi Pinterest.com

Banyak orang yang menyarankan supaya mengeringkan bulu kelinci menggunakan hair dryer, namun masalahnya tidak semua orang mempunyai benda itu. Terus bagaimana? Bagi yang tidak sanggup membeli hairdryer, sobat bisa mengeringkan tanpa hairdryer. Dengan catatan sobat sudah menyediakan satu handuk lagi dan dijemur dibawah sinar matahari pagi.

9. Membersihkan Telinga Dengan Cutton Bud


Setelah dikeringkan, masih ada lagi langkah memandikan kelinci yang tidak kalah penting. Yaitu membersihkan area telinga dengan cutton bud dan baby oil. Karena biasanya di dalamnya ada banyak kotoran yang mengandung bakteri.

10. Kelinci Dibubuhi Bedak Bayi dan Disisir


Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Langkah terakhir adalah membubuhi bulu kelinci dengan bedak bayi agar kutu kutu yang ada di dalamnya mati. Jika sudah tinggal di sisir bulunya dan selanjutnya terserah kalian, boleh memotong kukunya atau memotong bulunya yang jelas dia sudah bersih, harum dan sehat. Oh iya kelinci yang sedang hamil tidak boleh dipotong kukunya, karena akan digunakan sebagai alat untuk menggali lubang.

11. Waktu yang Tepat untuk Memandikan Kelinci


Waktu yang pas adalah saat pagi hari antara jam 7 sampai jam 10, jadi bisa sekalian dijemur di bawah sinar matahari pagi yang sehat. Dan bila umur kelinci Anda masih kecil sekitar 1 atau 2 bulan sebaiknya jangan dulu dimandikan di bak. Cukup diusap menggunakan tisu basah non alkohol, bahkan sebagian mengatakan "Jangan memandikan kelinci sampai dewasa usia 6 bulan".

Baik Itulah informasi mengenai cara memandikan kelinci yang tepat untuk pemula semoga tutorial ini bermanfaat buat kalian yang baru memelihara kelinci. Silahkan dipraktekan dan diterapkan, terimakasih. Baca juga: cara merawat kelinci dengan baik dan benar

0 Komentar 11 Cara Memandikan Kelinci yang Tepat Untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top