HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Membedakan ikan nila jantan dan betina- Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berasal dari air tawar. Selain gurameh lele dan patin, ikan nila juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai menu makanan lauk pauk di rumah mereka masing-masing. Sehingga peluang besar ini dimanfaatkan dengan baik oleh para peternak ikan air tawar.

Nah jika kalian ingin membudidayakan ikan nila, maka kalian harus memiliki indukan yang berkualitas agar bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Tapi bagi kalian yang masih pemula atau yang masih baru ingin memulai membudidayakannya, tentu sobat harus mengetahui dulu perbedaan antara ikan nila jantan dan betina sebelum mempelajari yang lainnya. Bagaimana mungkin kalian bisa beternak ikan, sedangkan membedakan indukannya saja belum bisa?!

Oleh sebab itu keberadaan kami di sini untuk memberikan informasi kepada sobat sekalian terkait cara membedakan nila jantan dan betina yang tepat dan mudah. Tulisan ini ditujukan kepada yang masih pemula, sebab bagi para master tentu sudah tidak kesulitan lagi untuk mengetahui perbedaannya. hehe Baiklah langsung saja berikut tips membedakan antara ikan nila jantan dan betina. Simak baik-baik ya, biar greget:

Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina


Cara membedakannya itu sangat mudah sob kalian cukup melihat bagian-bagian tertentu antara yang jantan dan yang betina karena di setiap masing-masing memiliki ciri-ciri yang berbeda. Apa saja bedanya?

1. Bentuk Kelamin Nila Jantan dan Betina


Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Yups perbedaan yang pertama adalah di bagian sisi  kelaminnya. Bagi kami cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk memahami mana yang jantan dan mana yang betina. Umumnya kelamin jantan bentuknya menonjol (papilla) dan runcing. Hal itu berfungsi sebagai muara saluran urin dan sperma yang letaknya di depan anus. Serta terdapat alat urogential 2 lubang yaitu lubang anus dan sperma. Sedangkan kelamin betina berbentuk oval (agak bulat) dan memiliki lobang genital yang terpisah dengan lobang saluran urine.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat gambar kelamin nila jantan dan betina di atas (tempatnya di depan anus pas). Di situ bentuk kelaminnya (venn) sangat berbeda antara betina dan jantan.

2. Warna Tubuh



Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Selain dari bentuk kelamin, perbedaan ikan nila jantan dan betina juga bisa dilihat dari warna tubuhnya. Ciri ciri warna tubuh ikan nila jantan ialah berwarna lebih cerah dibandingkan dengan betina dan siripnya memerah. Apalagi saat matang gonad.

Sedangkan untuk nila betina, warna tubuhnya cenderung pucat dan ketika matang gonad bagian tepi sirip tidak berubah warna serta gerakannya pun lambat. Bagaimana, mudah kan?

3. Kematangan Gonad


Kematangan gonad pada ikan nila jantan bisa dilihat dengan cara mengurut bagian perut ke arah anus secara perlahan dan berulang. Maka akan mengeluarkan cairan kental berwarna bening dari kelaminnya. Dan di sekitar perut hingga kepala bagian bawah akan berwarna merah.

Adapun untuk nila betina biasanya saat diraba perutnya terasa lunak dan jika ditekan sedikit, perutnya akan mengeluarkan cairan kuning atau telur. Serta bagian anus akan menonjol dan kemerah-merahan.

4. Perut Nila Jantan dan Betina juga Beda


Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Cara membedakan nila jantan dan betina yang terakhir adalah dengan memperhatikan baik-baik ukuran perutnya. Apabila perut nila tersebut besar dan terlihat gendut berarti berjenis kelamin betina, namun sebaliknya bila terlihat lebih ramping dan tidak terlalu gemuk berarti ikan itu berjenis kelamin jantan. Dan saat membandingkannya pun harus yang seumuran. Simpel kan?

Nah itulah sob 4 poin utama cara membedakan ikan nila jantan dan betina. Kami rasa Kempat ciri ciri kedua ikan nila di atas sudah lebih dari cukup bagi Anda untuk mengetahui perbedaan nila betina dan jantan. Baik yang masih kecil anakan atau yang sudah dewasa. Sekarang Anda tinggal mempraktekan salah satunya saja. Oke, sekian dari kami semoga bermanfaat bagi kalian para pemula yang ingin membudidayakan ikan nila. SUKSES BOSKU

2 Komentar Cara Termudah Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

  1. Kak saya mau tanya.,bagaimana jika ikan bila tersebut masi berukurab dua (2) jari
    Apa sudah busa di bedakan mana yang jantan dan mana yang betina ?

    ReplyDelete
  2. Buat pemula tentu susah kak.. karena tanda tanda di atas masih samar samar

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top