HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Bayi Hamster yang Benar Sampai Usia 6 Minggu

Merawat bayi hamster- Memiliki anak hamster memang menyenangkan apalagi buat para pemula yang baru pertama kali merasakan kejadian ini. Tapi dibalik itu semua kadang ada perasaan gelisah, khawatir dan takut. Sebab tidak sedikit orang-orang yang mengeluh karena anak hamsternya banyak yang mati. Hal itu disebabkan karena kurang perhatian mereka terhadap perawatan bayi hamster.

Sobat perlu tahu bahwa cara memelihara hamster dewasa itu berbeda dengan cara memelihara hamster yang masih bayi apalagi yang baru lahir. Mengapa? Karena merawat bayi hamster itu membutuhkan perhatian khusus supaya tidak mati tidak cacat dan sehat. Oleh sebab itu disini Hobinatang.com akan membahas secara lengkap bagaimana cara merawat anak hamster yang baik untuk pemula.

Cara Merawat Bayi Hamster dengan Benar


Cara Merawat Bayi Atau Anak Hamster Lengkap

Baiklah kami di sini akan memberikan panduan perawatan anak hamster berdasarkan usianya. Namun apabila bayi hamster sobat baru lahir sebaiknya kalian baca tulisan saya sebelumnya berjudul, cara merawat bayi hamster yang baru lahr. Di artikel tersebut sudah dibahas secara lengkap terkait apa saja hal hal yang harus dilakukan pada hamster baru lahir. Contohnya,
  • Sobat tidak boleh memberikan makanan si bayi karena bayi hamster yang baru lahir sampai umur 2 minggu (12 harian) sudah diberi asupan makanan yang cukup oleh ibunya melalui ASI. So, kalian cukup memberikan makanan yang bergizi kepada ibunya dan jangan ke anaknya.
  • Dilarang memegang atau menyentuh anak hamster saat baru lahir karena kulitnya masih rawan berwarna merah pink, matanya masih tertutup dan bulunya juga belum ada. Nanti malah dapat mempengaruhi kesehatannya.
  • Jangan diganggu biarkan si induk merawatnya. Jika ternyata si induk malah memakan anaknya sendiri, mungkin bisa jadi induknya kelaparan karena sobat tidak memberikan makanan yang cukup padanya.
  • Kurangi aksesoris-aksesoris yang ada di dalam kandang seperti mainan roda berputar atau yang lainnya, karena ditakutkan nanti malah bisa melukai anak hamster yang masih merah.
  • Jangan membersihkan kandang selama umurnya masih dibawah 2 pekan sebab bisa mengganggunya.
  • Jauhkan hamster jantan dari si bayi.
  • Jaga indukan hamster jangan sampai stress karena bisa memakan anaknya dan juga berikan makanan yang cukup berprotein tinggi dan bergizi tinggi. Untuk pakannya bisa kalian beli di pet shop terdekat.
  • Apabila kandangnya transparan sebaiknya ditutupi dengan kain, koran atau semisalnya supaya tidak terlihat.
Nah itulah beberapa peringatan yang harus perhatikan. Yang jelas jangan kalian ganggu sampai usianya lebih dari 2-3 minggu. Kalau diganggu si induk akan sangat gelisah, agresif dan membahayakan anaknya. Ok silahkan baca sendiri di artikel tadi. Di bawah ini adalah cara merawat bayi hamster berdasarkan usianya:

1. Merawat Bayi Hamster di Usia 2 Minggu Pertama


  • Hari pertama si bayi menghabiskan waktunya untuk menyusu pada ibunya. Pastikan suhu ruangan kandang mencapai kira-kira 21 derajat Celcius.
Cara Merawat Bayi Hamster Lengkap
  • Di usia 2 hari si bayi mulai menunjukkan tanda pigmentasi pada kulitnya dan ini bisa terjadi jika si bayi akan memiliki warna coklat gelap.
  • Di usia 7 sampai 10 minggu, bulu bayi hamster mulai tumbuh sedikit demi sedikit dan Sang Induk mulai mengenalkan makanan padanya serta mengajarkannya makan.
Cara Merawat Bayi Hamster Lengkap
  • Pada hari ke 10 sampai 12  bulunya mulai menutupi seluruh tubuhnya tetapi matanya masih merem dan di usia ini anak mulai terbiasa memakan makanan seperti kacang tanah, oatmeal, wortel, pisang dan biji-bijian lainnya. Jadi sobat harus menyediakan makanan yang cukup untuk si induk dan si anak.
Cara Merawat Bayi Hamster Lengkap
  • Bila umurnya sudah mencapai tepat 2 minggu, maka kalian boleh membersihkan kandang hamsternya. Pertama sobat keluarkan dulu induknya dan disusul oleh anak-anaknya. Setelah itu bersihkan dengan air sumur lalu masukkan kembali induknya dan disusul oleh anak.

2. Merawat Anak Hamster Usia 3 Minggu


Cara Merawat Bayi Hamster Lengkap

  • Pada usia 3 minggu giginya mulai tumbuh dan sudah boleh dipisahkan dari kandangnya kecuali untuk jenis hamster roborovski yang membutuhkan waktu 4 minggu baru boleh dipisah.
  • Beri makanan yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhannya!
  • Berikan mainan berupa tisu toilet.

3. Hamster usia 5 sampai 6 minggu


Cara Merawat Bayi Hamster Lengkap

  • Bagi yang memelihara hamster syirian/ Suriah disarankan untuk memisahkan langsung supaya tidak berantem. Kalian bisa memakai kandang dari akuarium atau kandang yang bisa dibeli di toko hewan terdekat.
  • Di usia ini mata hamster sudah membuka sudah bisa hidup sendiri makan sendiri dan bermain dengan aksesoris-aksesoris yang ada di dalam kandang.
  • Tahapan terakhir adalah sobat harus merawat hamster yang sudah mulai dewasa ini dengan baik. Lebih lengkapnya silahkan baca: cara merawat hamster yang sudah dewasa.
Akhirnya usai sudah penjelasan tentang cara merawat anak hamster yang baik dan benar. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang membacanya serta bisa dijadikan bahan referensi kalian dalam budidaya hamster. Jika ingin copas, sertakan sumbernya. DMCA protected.

0 Komentar Cara Merawat Bayi Hamster yang Benar Sampai Usia 6 Minggu

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top