HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

25 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus Dari Seluruh Dunia Disertai Gambarnya

Jenis burung lovebird yang bagus- Burung love bird (red: burung cinta) merupakan salah satu burung kicau yang sangat populer sejagat raya. Ia dikenal sebagai burung yang cantik dan kaya akan warna indahnya. Setiap jenis memiliki corak warna tersendiri dengan khasnya masing-masing. Sehingga wajar jika jenis burung lovebird banyak dipelihara oleh hobiis.

Menurut wiki, burung lovebird berukuran sangat kecil yaitu 13-17 cm saja dan beratnya pun hanya 40-60 gram saja. Berdasarkan ilmu taksonomi, sebenarnya mereka cuma terdapat 9 spesies atau jenis saja. Tapi seiring dengan berjalannya zaman, burung lovebird kerap dijadikan percobaan perkawinan silang agar menghasilkan warna bulu yang bervariasi (mutasi warna).

Umumnya yang sering disilangkan supaya menghasilkan perubahan warna adalah jenis Lovebird Topeng, Lovebird Muka Salem dan Lovebird Fischer. Sehingga atas dasar itu muncullah jenis-jenis baru dan beragama dari lovebird. Semua jenis tersebut bersifat sosial dan juga menyukai tempat kering apalagi ketika masa reproduksi, baik itu di pepohonan, bangunan tua, ataupun perkebunan.

Jenis Jenis Burung Lovebird Yang Bagus


Baiklah biar lebih jelas, berikut ini jenis burung lovebird yang bagus dan terkenal di daratan Indonesia secara lengkap:

1. Jenis Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)


Jenis Burung Lovebird muka salem yang Bagus

Jenis lovebird pertama ialah muka salem (agapornis roseicollis). Burung ini berasal dari daerah Namibia, Angola dan Afrika Selatan. Mereka mampu tumbuh hingga 15 cm dan memiliki warna tubuh yang bervarian. Yang paling umum ditemui biasanya di bagian tubuhnya bewarna hijau kuning, di sisi bulu dahi ataupun bagian belakang matanya berwarna merah, sedangkan di samping pipinya berwarna pink atau merah muda. (lihat gambar di atas).

Adapun bulu sayapnya berwarna hijau namun di ujungnya memiliki sedikit warna biru. Di Indonesia sendiri, jenis burung lovebird peach-faced (muka salem) sudah banyak ditemukan, baik di toko burung maupun di rumah hobiis.

2. Jenis Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)


Jenis Burung Lovebird Ficher yang Bagus
https://www.pinterest.com/Nola681985/lovebirds/

Inilah salah satu jenis lovebird yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Habitat aslinya di daerah selatan dari Danau Victoria di Tanzania Utara. Pertama kali ditemukan oleh Gustav Fischer, yang kemudian diberi nama Lovebird Fischer. Makanannya sama seperti jenis lovebird lainnya yaitu jagung atau millet.

Ciri-ciri fisiknya:
  • Panjang berkisar 14 cm
  • Tubuhnya didominasi oleh warna hijau
  • Tapi di bagian dada sampai ujung kepala berwarna oranye, merah muda dan kuning
  • Bagian mata dikelilingi warna putih bak kacamata putih

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk membelinya?

3. Jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis canus)


Jenis Burung Lovebird Madagaskar yang Bagus
https://www.flickr.com/photos/zakpohlen/

Sebagaimana namanya, lovebird satu ini berasal dari Benua Afrika tepatnya di Madagaskar. Bahkan di Indonesia sendiri jarang dipelihara, namun kalian harus tahu bahwa jenis lovebird Madagaskar merupakan jenis yang paling kecil di antara burung lovebird lainnya. Panjangnya saja hanya 13 cm dengan berat 30-50 gram. Untuk mengetahui ciri-cirinya sangatlah mudah, sebab mereka hanya mempunyai kombinasi warna hijau dan abu-abu.

Jika sudah dewasa kita bisa mengenali madagaskar jantan dan betina. Anda cukup melihat di bagian punggung, leher dan kepala. Jika berwarna abu-abu berarti jantan namun jika berwarna hijau muda berarti betina. Mudah kan sob?

4. Jenis Lovebird Topeng (Agapornis personatus)


Jenis Burung Lovebird topeng yang Bagus
https://www.flickr.com/photos/stevex2/

Lovebird Kacamata Topeng atau dalam bahasa inggrisnya Masked Lovebird. Merupakan jenis burung yang sangat unik dan menarik. Karena ia mempunyai topeng berwarna hitam di sekeliling wajahnya. Berdasarkan sejarah, masked lovebird pertama kali ditemukan di daerah Timur Laut Tanzania, Brundi dan Kenya serta mampu tumbuh hingga 14 cm.

Untuk ciri-cirinya sangat mudah dikenali. Warna bulunya didominasi oleh hijau dan di area leher berwarna kuning serta di bagian kepala berwarna hitam yang orang menyebutnya sebagai topeng.

5. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)


Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia
https://id.pinterest.com/pin/540220917783750680/

Red-Faced Lovebird atau bisa kita sebut "Lovebird Muka Merah" adalah salah satu jenis burung cinta yang cantik. Dengan ciri khas warna merah di bagian wajah dan dahi membuat ia terlihat elegan. Layaknya seperti lovebird lainnya, warna tubuhnya didominasi hijau dan ada sedikit warna kuning. Besar tubuhnya mampu mencapai 15 cm.

Meski penampilannya menawan, tapi sebenarnya spesies red-faced ini jarang dijumpai di Tanah Air karena proses pembudidayaannya agak sulit. Mungkin di habitat aslinya lebih banyak, yaitu daerah pesisir Afrika Tengah sampai Barat Ethiopia.

6. Jenis Lovebird Sayap Hitam atau Abyssinian Lovebird (Agapornis taranta)


Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia
https://www.flickr.com/photos/hockenberger/

Jika lovebird Madagaskar menjadi burung lovebird terkecil maka lovebird Abisinia adalah jenis lovebird terbesar di dunia. Sebab panjangnya saja bisa mencapai hingga 17 cm. Dia menyukai jagung dan biji bunga matahari. Populasi mereka berada di Eritrea Selatan dan Ethiopia Selatan.

Ciri-ciri tubuh:
  • Lovebird ini hanya memiliki 2 kombinasi warna (hijau di sebagian besar tubuhnya, merah di area mulut dan dahi, lalu warna hitam di ujung sayapnya)
  • Yang jantan mempunyai warna merah di area kepala dan yang jantan semua hijau


7. Jenis Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)


Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia
https://www.flickr.com/photos/sarhounds/28763383016

Jenis lovebird pipi hitam suka tinggal di daerah hutan gugur dekat perairan seperti Air Terjun Victoria di Zambia. Jika kita lihat wajahnya sekilas saja hampir mirip dengan lovebird topeng. Tapi ternyata tidak, karena wajah yang berwarna hitam hanya bagian pipinya saja sedangkan lovebird masked seluruh wajahnya. Adapun warna keseluruhan tubuhnya adalah hijau kekuning kuningan.

8. Lovebird Black Collared/Kerah Hitam (Agapornis Swinderniana)


Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia
http://www.hbw.com/ibc/u/20957

Jenis burung lovebird yang bagus ini berasal dari Negara Afrika. Besarnya hampir sama dengan madagaskar, yakni 13.5 cm sedangkan madagaskar 13 cm. Sesuai namanya, mereka memiliki kerah hitam yang terlihat bagus dan langka. Namun warna dominannya adalah hijau.

9. Lovebird Nyasa atau Lilian (Agapornis lilianae)


Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia
Flickr.com

Lovebird nyasa juga sering dipanggil dengan nama lilian. Habitat aslinya mereka dari Malawi, Mozambik, Tanzania, Zimbabwe Utara dan Zimbabwe Tenggara. Juga memiliki postur tubuh unik, sebagian besar berwarna hijau, leher belakangnya kuning, kepala merah dan dahi oranye. Rata-rata mereka akan menyebar dan berkembang biak di musim dingin.

Di bawah ini merupakan jenis burung lovebird dari hasil kawin silang yang kemudian menghasilkan warna baru:

10. Lovebird Albino


Jenis Burung Lovebird albino
Haagen Dasz on Flickr

Lovebird albino identik dengan warna putih menawan. Sebagian mereka ada yang bermata hitam ada pula yang merah. Berdasarkan populasi, lovebird albino termasuk jenis lovebird yang jarang dipelihara karena memang langka. Sehingga harganya pun agak mahal. Ketika masih kecil saja berkisar Rp. 800.000 sedangkan untuk dewasa bisa Rp. 1.000.000-an.

11. Jenis Burung Lovebird Dakocan


Jenis Burung Lovebird Dakocan
situsburung.com

Lovebird dakocan (Agapornis Personatus) juga biasa dipanggil dengan lovebird topeng. Sebab dia memiliki warna hitam di bagian kepalanya. Tapi bedanya kalau dakocan mempunyai 5 jenis. Yaitu ada dakocan hijau, dakocan biru, dakocan ungu, semi dakocan dan lovebird dakocan orisinal. Warna yang bervariasi tersebut didapat karena adanya perkawinan silang.

Awal mula jenis lovebird ini ditemukan di dataran tinggi Tanzania dan negara Kenya. Lalu berkembang biak dan menyebar di berbagai belahan dunia. Adapun ciri-ciri lovebird dakocan adalah:
  • Warna tubuh dominan hijau
  • Kerah/leher berwarna kuning
  • Sebagian kepala hitam
  • Dan yang terpenting semua tergantung pada jenis dakocan itu sendiri. Apakah dakocan ungu, hujau atau original.

Harga: Rp. 300.000-400.000

12. Lovebird Lutino


Lovebird Lutino
https://www.flickr.com/photos/brent_nashville/7780263298

Berbeda dengan jenis jenis sebelumnya yang didominasi oleh warna hijau. Lovebird Lutino malah didominasi oleh warna kuning dan di bagian kepalanya berwarna orange atau merah. Karena penampilannya yang bagus, burung ini pun dibandrol harga cukup mahal. Usia 2-3 bulan saja Rp. 500.000. Dewasa bisa mencapai Rp. 800.000. Apakah sobat tertarik untuk membelinya?

13. Red-lovebird atau Lovebird Merah


Red-lovebird atau Lovebird Merah

Jenis burung lovebird yang bagus berikutnya ialah lovebird merah. Keberadaannya cukup langka. Bahkan untuk mencari yang berwarna merah tua atau kental sangatlah susah. Kebanyakan ada campuran warna lain seperti orange, putih dan kuning. Harga bisa sampai satu juta, tapi semua tergantung kualitas warnanya.

14. Jenis Lovebird Pastel


Jenis Lovebird Pastel
https://www.pinterest.com/

Burung cinta (lovebird) pastel memiliki warna yang kalem. Biasanya tampil dengan warna merah muda, hijau muda dan warna kalem lainnya. Di Indonesia sendiri lovebird pastel menjadi primadona bagi penggemar lovebird. Yang paling kerap dipelihara adalah Paskun (Pastel Kuning), Pasjo (Pastel Ijo) dan Pasblue (Pastel Biru).

15. Lovebird Australian Cinnamon


Lovebird Australian Cinnamon
angelinasnest.com

Selain lovebird pastel, lovebird australian cinnamon juga memiliki warna yang soft alias kalem. Namun bila keduanya disejajarkan, tentu lovebird Australian lah yang terlihat lebih kalem dan lebih soft daripada lovebird pastel.

Mengapa demikian? Karena hampir seluruh warna bulu lovebird Australian cinnamon lebih terang daripada warna bulu lovebird yang lain. Dan kalau dilihat dari kejauhan maka hanya nampak warna putihnya saja, varian warnanya menjadi tidak terlihat jelas.

16. Lovebird Hitam atau Batman


Lovebird Hitam atau Batman
Pinterest.com

Wah ternyata batman bukan hanya ada di dunia manusia. Di dunia burung pun ada yang namanya batman. hihi Sesuai namanya, jenis lovebird hitam atau batman memiliki warna hitam peka di sekujur tubuhnya. Kadang ada juga warna abu-abu dan putih. Biar lebih jelas lihat saja sendiri gambarnya di atas.

17. Lovebird Biola (Opaline Fischeri)


Lovebird Biola (Opaline Fischeri)

Lovebird biola termasuk jenis burung yang sangat langka dan sulit didapat namun banyak peminatnya. Mereka mempunyai warna unik dan cantik. Sehingga harganya pun juga sangat mahal sekali.

Saking langkanya lovebird biola, harga paling murah bisa mencapai 7 juta itupun burung yang standar. Jika warna burung nya unik dan indah maka bisa mencapai 8 juta ke atas. Bahkan jenis lovebird biola yang berasal dari Thailand harganya mencapai 55 juta.

18. Olive's Lovebird


Olive's Lovebird
Richard Et Diane

Lovebird Olive tergolong Double Dark Green, bulu mereka berwarna hijau sangat tua. Tapi hijaunya tidak meliputi seluruh tubuh melainkan hanya di sisi sayap, punggung dan ekor. Adapun kepalanya biasanya berwarna merah muda. Gimana apakah jenis love bird ini sangat bagus?

19. Jenis Lovebird Violet


Jenis Lovebird Violet

Violet salah satu jenis lovebird yang dapat mengubah warna tubuhnya di area sponge dari blue normal menjadi violet. Nah jika anda ingin lovebird violet memiliki mutasi warna maka diperlukan satu jenis indukan lovebird violet saja, baik jantan ataupun betinanya.

Ciri ciri lovebird violet:
  • Warna bulunya biru keunguan atau violet, warna tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam
  • Bagian perut berwarna putih
  • Kepalanya dominan hitam
  • Paruh berwarna orange tua atau putih

Selain itu violet sendiri beragam jenisnya. Harga mulai dari Rp. 900.000 sampai jutaan.

20. Lovebird Euwing atau Ewing


Lovebird Euwing atau Ewing
instarix.com

Tahukah anda mengapa burung ini disebut lovebird euwing atau ewing? nama euwing ternyata sebuah singkatan dari eumelamin dan wing yang berarti sayap. Dia nampak memiliki sayap yang cantik dan unik. Sayap Lovebird euwing berwarna corak hitam dan kuning serta membentuk V.

Lovebird euwing ini pertama kali ditemukan oleh pencinta burung asal Belanda bernama Piet Verhijde di tahun 2004 silam. Melalui proses perkawinan silang antara lovebird hijau atau josan dengan indukan lovebird lutino fischeri.

Ciri ciri lovebird euwing:
  • Memiliki paduan warna dominan hitam dan kuning.
  • Warna bulu dada tereduksi menjadi lebih terang (kuning atau putih) dibandingkan warna galur murninya.
  • Terjadi peningkatan warna menjadi gelap dan hitam (eumilanin) pada kedua sayapnya sehingga berbentuk huruf 'V' pada bulu dipunggung di antara kedua sayapnya.

Untuk harga lovebird euwing sangat standar yakni berkisar antara 1,5 juta hingga 2 juta. Tapi kalau jenis biola euwing bisa mencapai Rp.15.000.000-90.000.000. hihi

21. Lovebird Import Holland dan Taiwan


Lovebird holland dan lovebird taiwan atau disebut dengan lovebird import ini bisa berasal dari negara mana saja. Akan tetapi mayoritas lovebird tersebut terdapat dari holland atau belanda dan negara Taiwan.

Sebagian masyarakat mengatakan bahwa lovebird holland bisa lebih bagus daripada lovebird Taiwan. Karena dilihat dari sisi tubuh dan warnanya yang jauh lebih indah dari lovebird Taiwan. Namun jika dilihat dari sisi suara, lovebird Taiwan tentu jauh lebih bagus dari lovebird holland. Karena lovebird Taiwan memiliki suara yang gacor, keras dan panjang.

22. Lovebird Parblue


Lovebird Parblue
parblue by Flickr

Salah satu jenis lovebird yang amat mahal dan cuaantik ialah parblue. Pertama kali ditemukan oleh orang dari Amerika Fellix De Valle. Jika anda ingin memelihara lovebird jenis parblue maka memerlukan dana yang cukup mahal. Mengapa? Karena untuk mencetak generasinya, anda membutuhkan indukan lovebird biola bernilai 10 juta dan lovebird parblue seharga 10 juta. Namun jika anda berhasil mencetaknya maka akan mendapat untung lovebird parblue seharga 30 juta.

Lalu apa sih lovebird parblue itu? Parblue akronim dari kata partial blue (sebagian biru). Nah, Jenis Lovebird yang paling terkenal adalah lovebird Persotana Parblue dan Lovebird Fischer Parblue. Untuk mendapatkan lovebird Persotana Parblue anda bisa mengawin silangkan lovebird batman dengan lovebird parblue.

Ciri-ciri lovebird parblue:
  • Memiliki warna biru soft ala parblue
  • Kepalanya bisa berwarna putih, kuning dan orange tapi cukup kontras dengan warna birunya.

Harga mulai Rp.4.000.000 sampai 5.000.000 atau lebih.

23. Lovebird Halfsider


 Lovebird Halfsider
burungnya.com

Jenis lovebird halfsider berbeda dari jenis jenis lainnya. Ia mempunyai 2 kombinasi warna yang unik, antara putih dan kuning. Sehingga jika dilihat dari samping, akan nampak seperti dua ekor burung dalam satu kandang.

Meski sangat bagus, tapi sayangnya jenis ini sangat langka dan sulit untuk dikembangkan. Jadi wajar saja kalau harga lovebird halfsider 20 kali lipatnya dari harga lovebird biasa. hemt

24. Lovebird Blorok


Lovebird Blorok
By flickr @Dan Cortes

Lovebird jenis ini mudah didapat dan dikenali, karena warnanya terlihat gradasi daripada warna warna lainnya. Agar bisa mendapatkan warna lovebird blorok kalian harus mengawin silangkan jenis lovebird yang berbeda. Misal, lovebird Dakori dengan lovebird Lutino maka nanti yang dihasilkan adalah lovebird green series atau blorok hijau.

25. Jenis Lovebird Cobalt/Lovebird Biru


Jenis Lovebird Cobalt/Lovebird Biru

Cobalt atau biasa disebut dengan lovebird warna biru merupakan jenis terakhir burung cinta yang ada di situs hobinatang.com ini. Mereka agar mirip dengan lovebird biru violet yang keseluruhan tubuhnya berwarna biru telur. Bedanya burung cobalt kepalanya hitam lengkap sedangkan untuk burung violet terdapat warna putih di bagian dada dan leher.

Nah itulah sob jenis jenis burung lovebird yang bagus dari seluruh dunia. Mulai dari yang paling murah sampai paling mahal. Bagaimana pun semoga ulasan kami bermanfaat bagi siapa saja yang sedang mencari informasi terkait burung lovebird.

2 Komentar 25 Jenis Burung Lovebird Paling Bagus Dari Seluruh Dunia Disertai Gambarnya

  1. Saya pribadi lebih memfavoritkan yang lovebird biola karena selain keindahan parasnya sangat memukau harganya pun sangat mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Oom yang satu ini.. :) Salam Kicau Mania

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top