HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Inilah Alasan Mengapa Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Induk kelinci tidak mau menyusui anaknya- Bagi para peternak kelinci memang harus jeli saat menghadapi peliharaannya. Terlebih lagi saat si kelinci hamil dan melahirkan. Kebanyakan induk kelinci tidak mau menyusui bayinya setelah melahirkan. Dan jika tidak segera ditangani ini bisa menyebabkan kematian bagi si bayi. Tentu saja kita menginginkan hal itu terjadi.

Tapi sebenarnya bayi kelinci bisa disapih oleh peternaknya sendiri, hanya saja yang jadi masalah adalah jika bayi kelinci jumlahnya sangat banyak untuk menyapihnya satu persatu akan memakan waktu yang sangat lama dan juga sangat merepotkan peternaknya.

Nah, untuk itulah kami menulis alasan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui anaknya beserta cara mengatasinya dengan baik dan benar. Berikut penyebab-penyebab.

Penyebab Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya


Alasan Mengapa Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Untuk memastikan penyebab anak kelinci tidak disusui oleh ibunya sobat harus mencari waktu yang tepat. Yakni pada saat sore hari hingga subuh. Amatilah dengan seksama sampai anda menemukan penyebabnya. Bersabarlah dan jangan terburu buru mengambil keputusan jika anda ingin menjadi peternak kelinci yang sukses.

Jika anda mendapati si induk tidak mau menyusui di waktu sore menjelang malam maka itu hal yang lumrah biasa dialami oleh induk kelinci. Jadi itu bukan lah masalah yang serius justru hal yang sangat wajar. Adapun penyebab yang tidak wajar ialah sebagai berikut:

1. Akibat Kelinci Stres


Alasan Mengapa Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Stres pada kelinci disebabkan karena kurangnnya perhatian si peternak terhadap kelinci di saat hamil. Mungkin kurang dikasih makan atau yang lainnya. Bila memang ini sebabnya maka sebaiknya segera dipisahkan dengan anaknya. Karena jika tidak, induk kelinci akan memakan anaknya sendiri akibat stres yang berkepanjangan.

2. Akibat Masitis


Ternyata yang mengalami masitis tidak hanya manusia, hewan pun bisa merasakannya termasuk kelinci. apa sih masitis itu? Masitis adalah saluran kelenjar air susu yang tersumbat sehingga saat di isap anaknya, si induk merasa sakit. Masitis bukanlah sebuah penyakit yang bisa di obati. Hanya perlu penanganan dari dokter hewan yang ahli berupa terapi. Penyebab masitis adalah karena adanya gangguan fisiologi.

3. Air Susu Kering


Alasan Mengapa Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Penyebab induk kelinci tidak mau menyusui anaknya yang terakhir adalah air susu kelinci kering atau tidak ada. Mengapa itu bisa terjadi? Karena faktor gizi buruk pada saat hamil, proses melahirkan dan pasca melahirkan. Untuk mengatasinya anda cukup memberinya asupan makanan yang bergizi cukup seperti karbohidrat, makanan yang mengandung banyak serat dan air minum yang cukup agar air susu kembali terproduksi dengan baik.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai alasan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui anaknya disertai cara mengatasinya dengan baik dan benar. semoga artikel ini bermanfaat buat para peternak kelinci di Indonesia.

0 Komentar Inilah Alasan Mengapa Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top