HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Cara Melatih Anjing Berburu

Cara melatih anjing berburu- Hai sob, nampaknya hari ini banyak sekali masyarakat yang menjadikan anjing sebagai binatang pemburu yang pandai dan pintar. Hal itu disebabkan karena anjing merupakan binatang yang bergerak sigap, cepat dan memiliki insting serta indra penciuman yang tajam. Jadi wajar apabila mereka lebih memilih anjing untuk menemani berburu hewan liar seperti babi hutan, biawak, musang, trenggiling dan kelinci.

Biasanya orang-orang memilih jenis anjing kampung atau anjing ras yang ideal untuk dilatih agar bisa berburu. Bagi teman-teman yang juga memiliki anjing ideal dan ingin melatih insting anjing pemburu, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Melatih Agar Anjing Pandai Berburu


Cara Melatih Anjing Berburu

Melatih anjing berburu itu tidak perlu menyediakan latihan dan perlengkapan khusus. Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah latihan ringan pada anjing sehingga dia bisa berburu secara pandai. Berikut tahapannya:

1. Berburu Dengan Dua Anjing Lebih Bagus


Cara Melatih Anjing Berburu

Sebelum kalian memulai melatih anjing untuk berburu, disarankan kalian mempersiapkan dua anjing yang ideal agar nantinya lebih efektif dalam perburuan hewan liar. Dengan 2 anjing biasanya mereka akan saling bekerja sama dalam mencari buruan yang ditugaskan oleh tuannya. Namun bila Anda memang hanya punya satu anjing tidak masalah.

2. Memperkenalkan Calon Hewan Buruan yang Akan Anda Cari


Cara Melatih Anjing Berburu

Seperti yang sudah kita tahu bahwa anjing memiliki penciuman dan insting yang tajam. Jadi sebelum memulai berburu sebaiknya sobat kenalkan dulu aroma atau bau target buruan Anda. Caranya adalah mendekatkan calon buruan kepada anjing atau memberikan sedikit darah target supaya dikenali oleh anjing.

Misalnya hari ini anda akan memburu babi hutan, maka anda harus mengenalkan bau daging dan darah babi hutan kepada anjing. Kalian cukup mendekatkan babi hutan kepadanya atau membiarkan dia mencium darah babi hutan tersebut.

3. Masaklah Hewan buruan dan Berikan pada Anjing Pemburu


Cara Melatih Anjing Berburu

Cara selanjutnya adalah dengan memasak hewan buruan yang sudah didapatkan untuk diberikan pada anjing pemburu. Tujuannya supaya anjing tahu jika hewan buruannya adalah target incaran mereka. Selain itu cara ini juga bisa menggiring opini anjing bahwa hasil buruannya akan dibagi bersamanya dan menambah semangat baginya.

Tapi biasanya si anjing akan memahaminya setelah diberi daging rebus calon buruan sebanyak 5 sampai 7 kali. Tapi semua tergantung pada karakter dan sifat anjing anda. Semakin pintar maka semakin cepat pula mengenalinya.

4. Biasakan Untuk Diajak Berburu Dengan Anda


Cara Melatih Anjing Berburu

Selain ketiga langkah di atas, kalian juga perlu mengenalkan pola atau kebiasaan anda dalam memburu binatang di hutan. Bisa langsung mengajak anjing ke hutan. Dengan ini anjing akan mulai mampu mencium calon buruannya. Ikuti langkah anjing tersebut karena mereka mulai tahu keberadaan calon buruannya.

Kalian dapat mengajak anjing pemburu ke lokasi tempat hewan buruan tinggal. Jika disekitar lokasi tersebut terdapat hewan buruan yang dicari, pastinya anjing pemburu akan langsung menggonggong karena mengetahui keberadaannya.

Semakin sering anjing diajak berburu, tentu akan semakin ahli juga anjing tersebut mencari mangsa. Bila buruan yang dituju mulai kabur, lepaskan saja anjing pemburu agar mengejar buruan tersebut.

5. Melatih Rahang Anjing Pemburu


Cara Melatih Anjing Berburu

Cara terakhir dalam melatih anjing berburu adalah menguatkan rahangnya. Selain insting, anjing juga membutuhkan rahang yang kuat biar bisa menggigit mangsa dengan kuat. Cara pelatihannya ialah dengan memberi bahan gigitan pada anjing berupa tulang hewan buruan. Lakukan latihan dan pembiasaan ini secara rutin. Dengan demikian hasilnya akan maksimal.

Yups itulah panduan lengkap tentang cara melatih anjing berburu berdasarkan insting penciuman dan rahang. Agar insting anjing pemburu semakin terasah sebaiknya sering-sering dibiasakan untuk ikut berburu. Sekian terima kasih.

0 Komentar 5 Cara Melatih Anjing Berburu

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top