Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Cara melatih anjing shih tzu- Anjing shih tzu merupakan salah satu anjing yang sangat lucu dan menarik untuk dipandang. Jenis anjing ras ini juga mempunyai rambut yang panjang. Sehingga orang harus bisa menjaga rambutnya agar tetap cantik dan indah. Kebetulan sekali perawatan shih tzu pernah kami bahas di artikel, [cara merawat anjing shih tzu] di tulisan tersebut kami sudah menjelaskan bagaimana merawat rambut shih tzu dan menjaga kesehatan shih tzu. So silahkan dibuka.

Nah untuk melanjutkan artikel tersebut, di sini kami akan membahas bagaimana cara melatih shih tzu supaya pinter dan nurut. Karena bagi kami melatih anjing shih tzu itu sangat penting. Anjing shih tzu perlu diberi latihan-latihan dasar atau membiasakan latihan sejak ia masih kecil, dengan begitu ia akan terbiasa sampai dewasa nanti.

Apa saja latihan yang perlu diterapkan pada si imut shih tzu?

Cara Melatih Shih Tzu Yang Baik dan Benar


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Setidaknya ada beberapa tips yang harus kalian lakukan untuk melatih anjing shih tzu:

1. Melatih Anjing Shih Tzu Saat Buang Air Kecil Atau Besar


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Cara pertama ialah membiasakan shih tzu sedari kecil bayi untuk membuang air kecil atau besar di tempatnya. Proses mendisiplinkan anjing shih tzu agar bisa buang air kecil di tempatnya ialah dengan selalu mengajak ketempat yang sama untuk buang air. Namun kalian harus mengetahui kapan biasanya dia buang kotoran. Tapi umumnya shih tzu buang air kecil atau besar setelah makan.

Atau kadang shih tzu memberi isyarat jika ingin buang air. Misalnya dengan sebuah gerakan, dia melakukan gerakan berputar-putar dalam satu tempat sembari mengendus pada tempat yang dituju. Nah bila sobat sudah tahu tanda tanda kapan dia buang kotoran maka sobat hanya perlu mengajaknya ke tempat yang sudah sobat siapkan untuk buang air kecil dan besar. Lakukan sesering mungkin sampai dia hafal.

Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Kalau kalian ingin melatih shih tzu membuang kotoran di luar rumah seperti halaman, kalian cukup mengajak anjing keluar rumah saat sesudah makan atau saat memberi isyarat. Anda bisa menunggu waktu hingga 30 menit. Ingat! Tempat buang kotorannya harus menetap dan jangan dipindah-pindah, karena bau kotoran anjing mampu dikenali anjing agar diingat kegiatan rutinnya ada pada titik tersebut.

Oh iya, saat buang air kecil atau besar sebaiknya sobat berdiri saja dengan tenang. Jangan jongkok atau duduk, sebab si shih tzu nanti malah loncat ke arah sobat. Akhirnya gagal.

2. Melatih Shih Tzu Mengenalkan Namanya


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Memberi nama pada hewan peliharaan sangat diharuskan demi kelancaraan saat melatihnya. Nah jika anjing anda sudah memiliki nama maka panggillah ia sampai dia melihat anda, jika sudah melihat langsung berikan makanan kecil. Lakukan hal tersebut setiap hari sampai dia paham bahwa yang anda sebut adalah namanya.

3. Melatih Duduk Anjing Shih Tzu


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Duduk adalah aktivitas yang paling mudah dilakukan oleh anjing. Karena mayoritas anjing bisa melakukannya. Caranya adalah dengan mengajarkan tindakan menempatkan bagian tubuhnya yang bawah atau pantat di lantai sambil mengatakan "duduk" secara tegas, jelas namun tetap bersahabat. Nah, jika si anjing sudah berhasil duduk maka berilah makanan ringan untuknya. Latihlah sesering mungkin dan usahakan secara perlahan lahan tidak memberikan makanan kecil setiap si anjing berhasil duduk. Agar nantinya dia jadi terbiasa duduk saat disuruh tanpa imbalan.

4. Ajarkan Shih Tzu untuk Diam


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Latihan anjing shih tzu selanjutnya adalah mengajarkannya untuk diam. Latihan ini sedikit sulit namun jika dilakukan dengan sabar pasti bisa. Caranya sama seperti melatihnya duduk.

Sebelum latihan mulailah dengan menyuruhnya duduk lalu katakan "diam" dengan isyarat tangan menandakan stop. Jika dia berhasil diam selama 10 detik, menjauhlah dari anjing. Namun ketika anjing bergerak mengikuti anda kembali katakan "duduk" lalu "diam" .Setiap si anjing berhasil diam maka berilah makanan ringan untuknya serta pujian. Lakukan hal tersebut sesering mungkin dengan menggunakan kata "diam" serta isyarat tangan. Lambat laun dia akan paham walau hanya dengan isyarat tangan tanpa harus mengatakan "diam".

5. Ajarkan untuk Menghampiri Anda


Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Latihan yang keempat adalah mengajarkan anjing shih tzu agar mau menghampiri anda dengan cara memanggil namanya lalu katakan "ke sini" sambil melambaikan tangan. Mintalah bantuan teman dan duduk di seberang sambil membawa anjing kemudian dari tempat lain yang sedikit jauh dari teman dan anjing berada lalu panggillah anjing anda dan katakan "ke sini" secara jelas. Jika dia berlari menghampiri anda maka berilah makanan ringan dan pujian untuknya. Lakukan latihan tersebut sesering mungkin dalam keadaan atau situasi yang berbeda beda, agar nanti ketika dia dalam keadaan terancam anda dengan mudah memanggilnya hanya dengan kalimat 'ke sini'.

Berikan Pujian untuk Kehebatan Anjing Shih Tzu


Itulah kelima latihan dasar untuk anjing shitzu. Setelah anjing anda berhasil buang air, duduk, diam dan lain lain, maka jangan lupa untuk memberinya ucapan selamat berupa mengelus kepalanya. Anda juga bisa memberinya hadiah misalnya mengajaknya bermain-main di tempat lain yang lebih menyenangkan. Namun sebaliknya, jika anjing kecil masih belum berhasil melakukan hal tersebut, anda harus memaklumi. Karena anjing kecil membutuhkan waktu untuk mempelajari semua yang diajarkan oleh pemiliknya.

Akhirnya usai sudah pembahasan cara melatih anjing shih tzu yang baik dan benar. Semoga latihan latihan dasar yang kami bahas tadi bisa langsung dipraktekkan dan berhasil. Khususnya buat para pemula. Sekian terimakasih

0 Komentar Cara Melatih Anjing Shih Tzu Yang Baik dan Benar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top