HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Cara merawat anjing shih tzu- Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis anjing ras yang satu ini? Shihtzu merupakan salah satu jenis anjing yang paling lucu dan sangat terkenal di Indonesia. Pertama kali ditemukan di negara Cina atau lebih tepatnya di Tiongkok. Memelihara anjing shih tzu menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Karena biaya perawatan untuk jenis shih tzu tergolong mahal.

Disamping itu, merawat shih tzu juga membutuhkan komitmen dan ketekunan yang kuat. Apalagi yang masih anakan atau bayi umur 2 bulanan. Biasanya yang harus diperhatikan di bagian merawat rambut dan menjaga kesehatannya. Sehingga sangat disayangkan apabila kita menjumpai beberapa anjing shih-tzu yang kondisi rambutnya berantakan, kusut dan kotor. Badannya terlihat kurus serta kurang ceria.

Padahal seharusnya anjing shitzu itu ceria, ramah, bersahabat dan cantik. Kemudian bulu/rambutnya lurus, bersih dan terlihat menggemaskan. Lantas apa yang membuat hal itu terjadi? Tentu saja karena kurang perhatian pemilik terhadap perawatan anjing shih-tzu. Nah bagi sobat yang masih pemula atau baru membeli shih tzu, harus tahu bagaimana cara merawat shih tzu yang baik dan benar agar dia tetap sehat dan bahagia.

Cara Merawat Anjing Shih Tzu yang Baik dan Benar Untuk Pemula


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Berikut ini 7 cara merawat anjing shih tzu, termasuk untuk anakan (puppy) dan dewasa:

1. Menyediakan Kandang yang Layak


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Salah satu karakter anjing shih tzu adalah tidak ingin kesepian dan harus ditemani oleh ownernya dimana pun dia berada. Entah saat tidur di kasur atau di mana saja. Namun meski demikian kalian tetap harus menyediakan kandang. Malah justru sejak kecil kalian harus melatih shih tzu untuk tinggal sendiri di dalam kandang apabila kalian sedang sibuk bekerja di siang hari.

Karena kebanyakan pencinta shih tzu curhat terkait anjingnya yang tidak mau ditinggal bekerja dan tidak mau tidur di kandang, walaupun di kandangnya sudah disediakan mainan, kasur dan selimut tetap saja dia tidak mau sendirian.

Hal semacam itu tentu sangat merepotkan. Jadi buatkanlah kandang sejak masih bayi atau baru beli. Usahakan kandangnya layak, tidak terlalu sempit, jauh dari kebisingan, jauh dari binatang buas atau pengganggu dan juga lengkap dengan mainan serta aksesoris aksesoris lainnya.

2. Memberi Makan Shih Tzu


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Cara merawat anjing shitzu yang kedua ini sangat penting untuk diperhatikan. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, shih tzu juga membutuhkan asupan makanan untuk mendorong pertumbuhannya. Apalagi untuk puppies shih tzu yang masih berusia dibawah 1 tahun. Usia puppy adalah usia pertumbuhan, yang mana membutuhkan asupan gizi dan nutrisi tinggi.

Takaran makanan untuk anakan shih tzu berbeda dengan takaran dewasa. Umumnya untuk anakan 3 kali sehari sedangkan dewasa hanya 2 kali pagi dan sore. Selebihnya bisa dikasih snack/cemilan anjing. Tapi itu bukan patokan, Anda juga bisa memberi shih tzu dewasa 3 kali dalam sehari.

Dianjurkan memilih makanan anjing (dogfood) sesuai kebutuhan gizinya. Bisa berupa makanan kering atau makanan basah. Dan bisa juga ditambahkan minyak ikan sebagai penambah nafsu makan. Makanan yang biasa digunakan dan terkenal kualitasnya adalah royal canin.

3. Memandikan Anjing Shih Tzu


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Memandikan shi tzu merupakan bagian terpenting dalam perawatan bulu kulit dan rambut. Mandikan minimal sekali dalam 3 pekan, namun semua tergantung pada kondisi anjingnya. Jika memang sudah kotor habis olahraga misalnya. Maka mandikanlah.

Sobat harus berhati-hati dalam memilih produk-produk mandi. Pilihlah sampo yang sudah terbukti kualitasnya serta conditioner yang aman baginya. Jangan lupa untuk disisir setelah anjing dikeringkan, supaya rambutnya tidak kusut dan menggumpal.

4. Menyisir Rambut Anjing Shih Tzu


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Membiasakan menata rambut sejak kecil sangatlah penting. Minimal kalian menyisir rambut 3 sampai 5 menit dalam sehari. Dan seringkali anak anjing tidak mau saat disisir, tapi bukan berarti kalian harus lepas dan membiarkan rambutnya kusut. Jadi latihlah sejak kecil supaya saat besar rambutnya tumbuh rapi dan indah.

5. Melatih Anjing Shih Tzu


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Sesering mungkin sobat melatih anjing shih-tzu untuk melakukan beberapa keterampilan dasar. Mulai dari melatih kepatuhan terhadap pemiliknya dan melatih supaya ia bisa menjaga kebersihan terhadap dirinya sendiri yaitu dengan cara membuang kotoran di tempat yang disediakan.

Memang saat melatih anjing shih-tzu ini tidaklah mudah dan tergolong sulit. Jadi membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Lebih lengkapnya baca: cara melatih shih tzu agar nurut dan bersihan

6. Memenuhi Kebutuhannya Sehari Hari


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Kebutuhan pokok sehari-hari tidak harus makanan anjing. Tapi bisa juga berupa mainan, air minum yang matang, susu khusus anjing, vitamin dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan kepada dokter hewan terdekat atau pet shop yang khusus menangani binatang anjing.

7. Mengajak Shih Tzu Bermain


Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Cara terakhir dalam merawat anjing shih-tzu  yaitu meluangkan waktu untuk bermain bersamanya. Seperti yang sudah kita tahu itu adalah anjing yang aktif dan gemar jalan-jalan bersama pemiliknya. Jadi luangkanlah waktu sekalian 1/2 jam setiap hari bersamanya. Susah itu disuruh maupun di pagi hari saat weekend.

Baiklah itulah tips merawat anjing shih tzu yang baik dan benar. Sehingga anjing menjadi sehat terawat dan bersih. Sekian dari kami terima kasih. Oh ya, jangan lupa bagikan kepada teman-teman lainnya.

0 Komentar Cara Merawat Anjing Shih Tzu Yang Baik Agar Tetap Imut dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top