HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

3 Cara Mudah Membuat Kandang Gecko yang Layak

Membuat kandang gecko- Hai reptil lovers, gecko merupakan hewan reptil yang cukup populer. Dia masih satu keluarga dengan cicak, tokek dan kadal. Namun uniknya gecko memiliki jenis yang beragam dan setiap jenisnya terdapat corak cantik khas masing masing. Untuk mengetahuinya bisa baca: 7 jenis tokek hias gecko paling terkenal di dunia

Cara Membuat Kandang Gecko

Berdasarkan habitat aslinya gecko tinggal di daerah panas yaitu pinggiran gurun pasir. Jadi hewan ini termasuk hewan yang bersih. Karena di gurun itu berdebu dan bakteri tidak akan hidup di sana. So, untuk membuat kandang tokek gecko kita pun harus bisa menyesuaikan dengan kondisi keadaan di sana. Artinya, kita buat sedemikian rupa agar menyerupai gurun.

Lalu apa saja yang musti kita lakukan untuk membuat kandang gecko yang baik? Cara membuat kandang gecko yang benar untuk pemula akan dibahas di artikel Hobinatang.com satu ini. Berikut langkah langkah membuat tempat tinggal gecko.

1. Dekorasi Kandang Gecko


Cara Membuat Kandang Gecko

Langkah pertama membuat kandang gecko adalah merancang dekorasi agar sesuai dengan habitat aslinya. Ketahuilah meskipun di tengah gurun tidak ada dekorasi melainkan hanyalah pasir yang luas, berdebu dan panas. Namun di pinggir-pinggir gurun pasir terdapat dekorasi seperti bebatuan besar, sedikit tumbuhan dan juga ada sungai kering yang nantinya kalau turun hujan akan ada air.

Jadi karena gecko hidup di area pinggiran gurun, kita pun harus menyesuaikan dekorasinya agar sama dengan keadaan di sana. Yang perlu kalian perhatikan dalam mendekorasi kandang gecko adalah dua tempat yakni tempat persembunyian dan tempat berburu ketika malam hari atau tempat memanjat.

Cara Membuat Kandang Gecko

Untuk tempat persembunyian sobat bisa menggunakan kayu atau batu. Tapi jangan terlalu banyak memberi batu karena akan membahayakan kandang dan juga hewannya. Lebih baik lagi jika menggunakan kayu yang bertekstur lembut karena mudah dibersihkan.

Dalam mendekorasi kandang gecko sebaiknya jangan diberi tanaman. Mungkin sebagian juga ingin menggunakan tanaman plastik tapi tetap saja itu tidak disarankan karena tidak ada gunanya dan hanya bernilai ornamental yang kecil.

2. Mengatur Kelembaban Kandang Gecko


Cara Membuat Kandang Gecko

Meski saat di siang hari keadaan gurun sangat panas. Namun mayoritas hewan gurun menyukai tempat yang lembab dan dataran rendah saat malam hari. Jadi untuk mengatur suhu kelembaban kandang gecko kalian bisa meletakkan kandang gurun di ruang tamu dan diberi lampu pemanas saat siang hari. sehingga jika sudah malam, maka kelembaban akan jauh lebih maksimal.

3. Menyediakan Air Di Kandang Gecko


Cara Membuat Kandang Gecko

Cara terakhir dalam membuat kandang gecko iyalah menyediakan air untuk kelangsungan hidupnya. Karena setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air, tapi reptil gurun tidak terlalu butuh banyak air untuk diminum maupun berendam. Mereka tidak akan berendam sebelum ganti kulit.

Gecko atau reptil gurun yang masih kecil menyukai tetesan air hanya sekali dalam seminggu saja. Sedangkan yang sudah besar hanya butuh air semangkuk kecil sekali dalam sebulan. Adapun untuk betina yang akan bertelur maka sediakan kotak yang tertutup serta lembab dan diberi lubang untuk keluar masuk si gecko.

Baiklah itu saja hal hal yang perlu anda lakukan saat membuat kandang gurun untuk gecko. Jangan satukan gecko jantan dengan jantan yang usianya masih belum mencapai 1 tahun, sebab mereka akan berkelahi dan akhirnya mati. Jika sudah satu tahun tidak mengapa mereka disatukan dalam satu kandang. Tetap lebih baiknya lagi jika satu kandang untuk satu leopard gecko. Terus jika kalian tidak ingin repot bisa membelinya pada penjual penjual kandang gecko.

Sekian dari kami ulasan cara membuat kandang gecko yang baik dan benar untuk pemula. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih. Baca juga:

0 Komentar 3 Cara Mudah Membuat Kandang Gecko yang Layak

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top