HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Tanda Kelinci Hamil No 2 Paling Menonjol

Tanda kelinci hamil- Kelinci merupakan hewan peliharaan yang mendatangkan banyak manfaat. Baik dari segi finansial maupun hobi. Karena hewan kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya lalu dijual dan bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan yang eksotis bagi penghobi kelinci hias. Atas dasar itulah penggemar kelinci di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tidak sedikit yang sukses karena peternak kelinci.

Baca juga: Cara Beternak Kelinci Bagi Pemula

Nah buat sobat yang sedang beternak kelinci harus bisa mengetahui ciri-ciri kelinci hamil. Wajib mendeteksi dengan cepat mana kelinci yang sedang hamil dan mana kelinci yang tidak hamil. Supaya kita bisa memisahkannya dengan induk lainnya, karena kelinci yang sedang hamil sangat agresif dan sensitif terhadap kelinci lainnya. Jadi kalau tidak dipisah bisa berantem.

Bagaimana tanda-tanda kelinci hamil? Apa saja ciri-ciri fisik kelinci hamil?

Tanda Tanda Kelinci Hamil


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil

Buat yang sudah berpengalaman tentu sangat mudah mengetahui ciri-ciri kelinci yang hamil, baik secara fisik maupun karakter. Namun itu semua tidak buat para pemula. Mendeteksi kehamilan kelinci dibutuhkan perhatian dan kejelian khusus. Umumnya tanda kelinci hamil baru bisa diketahui setelah 7 hari dari proses perkawinan. Dan paling lambat 14 hari harus bisa mengetahuinya. Kemudian di hari ke-20 an harus sudah dipindah.

Di bawah ini hobinatang.com merangkum 7 tanda kelinci hamil baik dari segi sifat karakter atau fisik tubuhnya.

1. Mulut Kelinci Berubah Warna Menjadi Kemerahan


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil

Tanda pertama adalah fisik tubuh bagian mulut berubah warna menjadi kemerah-merahan. Biasanya ciri seperti ini bisa diketahui setelah 14 hari ke atas dari perkawinan. Dan bila kalian mendapatinya maka jangan langsung memutuskan bahwa dia sedang hamil sebelum melihat tanda-tanda berikutnya.

2. Perut Induk Kelinci Membesar


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil

Inilah tanda yang sangat pasti. Sama halnya manusia atau binatang lainnya, saat hamil perut akan membesar dan terlihat buncit. Namun hal ini bisa terdeteksi jika sudah mencapai kurang lebih 17 hari. Dan di hari ke-22 sampai ke-29 akan semakin jelas buncitnya.

3. Kelinci Menggali Lubang


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil
gambar by grup facebook 

sudah menjadi naluri bagi kelinci yang hamil atau mengandung janin. mereka akan mengorek-ngorek dan menggali tanah untuk tempat persembunyiannya. Jika sudah mengetahui tanda-tanda seperti ini sebaiknya langsung dipindahkan kedalam kandang khusus. Kalau tidak dia bisa merusak kandang seperti gambar di atas.

4. Kelinci Menjadi Agresif dan Galak


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil

Apabila point 1 sampai poin 3 menggambarkan tanda-tanda kehamilan secara fisik, maka di poin 4 ini perubahan secara karakter. Kelinci hamil dia lebih agresif dan galak, yang jelas dia sangat sensitif jika diganggu oleh siapa saja. Baik temannya sendiri ataupun yang lainnya. So jangan biarkan kelinci anda berantam, segera pisahkan dengan yang lain.

5. Kelinci Mudah Lapar


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil
Facebook

Induk kelinci betina yang sedang hamil sering merasa lapar, nafsu makannya meningkat. Jadi disarankan agar sobat menyediakan makan yang cukup dan diimbangi dengan gizi serta nutrisi yang tinggi. Hal itu demi kesehatan induk dan anak yang ada di dalam perutnya. Dan sebaliknya, jangan sampai kalian membiarkan si induk kelaparan, karena bisa jadi induk kelinci menjadi kanibal alias memakan anaknya sendiri.

6. Bulu Rontok


Tanda Kelinci Hamil dan ciri ciri kelinci hamil
Facebook

Mendekati kelahiran (antara hari ke-30 sampai 34 setelah kawin) biasanya bulu-bulu kelinci mengalami kerontokan. Sehingga teman-teman tidak perlu khawatir karena ini adalah kejadian yang wajar.

Nah itulah tanda kelinci hamil yang paling menonjol. Yang terpenting sobat harus memperhatikan kondisi dan kebutuhannya. Seperti makanan dan nutrisi buat kelinci hamil. Bila ternyata kelinci sobat tidak mengalami tanda-tanda di atas bisa jadi itu hanya hamil palsu. Baiklah Sekian dari kami semoga sharing ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang beternak kelinci. Baca juga artikel: cara merawat anak kelinci baru lahir yang baik dan benar

0 Komentar 6 Tanda Kelinci Hamil No 2 Paling Menonjol

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top