Fakta iguana ganti kulit– Hai iguana lovers tahukah kalian apa itu sheeding pada iguana? Ya sheeding adalah proses terjadinya ganti kulit yang lama ke kulit yang baru pada binatang reptil seperti iguana atau ular. Nah kesempatan kali ini kami akan mengulas fakta fakta menarik tentang sheeding atau ganti kulit pada iguana.

Fakta Sheeding pada Iguana yang Harus Kalian Ketahui

Fakta Ganti Kulit atau Sheeding Pada Iguana yang Harus Kalian Ketahui

Fakta Ganti Kulit atau Sheeding Pada Iguana yang Harus Kalian Ketahui

Di bawah ini pembahasan tentang sheeding iguana yang wajib diketahui oleh reptil lovers, khususnya buat para pemula:

  1. Iguana yang mendapat perawatan baik, biasanya dia akan mengalami sheeding yang rutin dan sempurna.
  2. Sheeding yang sempurna atau yang normal untuk baby iguana adalah setiap 5 sampai 6 minggu. Adapun untuk iguana dewasa hanya satu kali dalam setahun. Itupun kadang hanya sebagian tubuh saja.
  3. Rajin merendam dan memandikan iguana akan membantu proses ganti kulit.
  4. Semakin cepat pertumbuhan iguana maka akan semakin cepat pula proses sheedingnya.
  5. Sebaiknya di kandang iguana diberi kayu panjatan supaya membantu iguana dalam proses ganti kulit.
  6. Iguana akan mengganti kulitnya pada seluruh tubuhnya. Namun ada bagian tubuh yang sulit untuk sheeding dan harus dibantu oleh ownernya. Bagian tersebut adalah ekor, kuku, mulut dan spike.
  7. Apabila iguana mengalami gagal shedding atau gagal ganti kulit akan mengakibatkan dampak yang berbahaya. Jika yang gagal adalah bagian spike maka spike tersebut akan kering dan kemudian mengalami iritasi serta tumbuh jamur sehingga lama-kelamaan spike-nya akan putus.
  8. Bila iguana sedang sheeding di bagian mulut maka kita harus membantunya, jika tidak iguana akan menggosok-gosokkan mulutnya ke kandang yang itu dapat mengakibatkan sariawan atau rubbing terhadap iguana.
  9. Semakin iguana sering mengganti kulit kira-kira sampai 5 kali dapat menghilangkan bekas luka atau jamur pada iguana.
Fakta Ganti Kulit atau Sheeding Pada Iguana yang Harus Kalian Ketahui

Fakta Ganti Kulit atau Sheeding Pada Iguana yang Harus Kalian Ketahui

Itulah sob pengertian sheeding dan fakta-fakta terhadap ganti kulit pada iguana. Yang jelas kita harus bisa merawat iguana dengan baik saat terjadi proses ganti kulit. Semoga sedikit dari kami ini bermanfaat buat teman-teman khususnya pecinta iguana di Indonesia. Baca juga: Tips Sebelum Membeli Iguana

Leave a Comment