Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Umpan ikan gabus - Hai guys apa kabar? Selepas lebaran, kami akan mengulas tentang jenis umpan mancing ikan gabus yang paling ampuh dan jitu. Yups gabus merupakan salah satu ikan air tawar paling banyak ditemukan di alam liar seperti sungai, danau, rawa, dan juga parit. Selain itu ikan gabus juga tergolong ikan predator yang makanannya berupa binatang kecil ataupun serangga kecil.

Dalam dunia pemancingan biasanya sangat sulit untuk memperoleh ikan gabus, apalagi jenis gabus liar. Permasalahan terbesar yang mereka alami adalah pemilihan pakannya, sembari berpikir di dalam hati "Umpan ikan gabus Apa saja sih yang ampuh?". Nah untuk itu kalian jangan khawatir karena di sini hobinatang.com akan memberi tips cara jitu mendapat ikan gabus yang besar secara mudah dengan umpan ikan gabus alami dan racikan.

Walaupun begitu, jangan lupa untuk memperhatikan waktu dan tempat yang sesuai terlebih dahulu sebelum pemancingan dilakukan. Waktu yang bagus untuk memancing gabus ialah malam hari saat bulan tidak terlalu terang. Kemudian carilah tempat yang dekat dengan semak-semak sebab ikan gabus menyukai tempat tersebut. Namun itu semua tergantung pada diri kalian masing-masing, ada juga yang memancing di waktu sore tapi dia mendapat hasil melimpah dan ada pula yang memancing di malam hari namun hanya mendapat sedikit ikan gabus.

Baiklah langsung saja berikut resep umpan ikan gabus yang paling ampuh untuk Anda gunakan.

Umpan Ikan Gabus Paling Ampuh


Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Pertama saya akan menuliskan jenis umpan mancing ikan gabus yang alami dan biasa digunakan oleh pemancing.

1. Menggunakan Cacing Tanah


Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Cacing tergolong makanan kesukaan ikan gabus dan sangat cocok untuk Anda gunakan, sebab cacing tanah memiliki keamisan sangat luar biasa. Hal itulah yang membuat  para pemancing kerap memakainya. Di samping itu cacing juga mudah dicari. Umumnya habitat cacing berada di dalam tanah yang gembur. Namun jika sobat tidak mau repot, bisa membelinya di pasar pakan ikan.

2. Ikan Kecil Wader, Sepat dan Anak Emas


Sebagaimana yang sudah kami tulis di atas, bahwa ikan gabus adalah ikan predator yang doyan memakan ikan kecil atau bahkan sesama jenisnya (kanibal). Sehingga Anda bisa menggunakan umpan ikan kecil seperti ikan wader, sepat, atau ikan emas sebagai umpan gabus liar. Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu mengaitkan mata kail pada pancing anda dengan ikan kecil ini dibagian punggungnya.

3. Katak Kecil


Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Katak memang binatang yang menjijikan, tapi anda perlu mencobanya. Karena banyak yang mengatakan kalau katak kecil sangat bagus dijadikan umpan ikan gabus. Caranya kaitkan punggung katak kecil ini pada mata kail. Usahakan katak dalam kondisi hidup, sebab pergerakannya di dalam air dapat menarik perhatian ikan.

4. Belalang Kayu dan Jangkrik


Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Ikan gabus juga suka dengan serangga. Jadi anda bisa menggunakan belalang kayu ataupun belalang daun sebagai umpan. Selain belalang ada juga jangkrik. Cara mengaitkannya hampir sama dengan cara mengaitkan pada belalang. Kaitkan jangkrik pada mata pancing di bagian ekornya.

5. Gendon


Umpan Ikan Gabus Gendon

Jenis kelima adalah gendon atau biasa disebut babonnya rayap. Memang Gendon jarang dijumpai sehingga sulit ditemukan. Namun sebenarnya pakan ini sangat disukai oleh ikan gabus. Jadi andai sobat menemukan pakan ini, sobat bisa menggunakannya untuk umpan ikan gabus ketika memancing.

6. Kroto


Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Anda juga bisa menggunakan umpan berupa kroto ataupun sarang semut. Caranya dengan mengeringkan kroto terlebih dahulu, kemudian campurkan bahan lain seperti pelet, telur, bubur, daging ayam dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan supaya mudah dikaitkan pada mata pancing anda.

Umpan Racikan Untuk Mancing Ikan Gabus


Selain keenam umpan diatas sobat bisa memakai umpan hasil racikan dari bahan-bahan di bawah ini:

Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

  • Air putih/susu putih
  • Daging ayam atau ikan
  • Tepung udang
  • Pelet
  • Telor ayam/bebek
  • Kalau ada essen lebih bagus
  • Terakhir mangkuk

Proses pengolahannya:

Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

  • Campuran air putih atau susu dengan bahan bahan seperti pelet, tepung dan telur ayam ke dalam mangkok.
  • Aduk sampai merata kemudian masukkan daging ayam yang sudah dilembutkan.
  • Lalu masukkan ke dalam mangkok dan aduk bersama adonan-adonan yang tadi sampai lembut.
  • Terakhir masukan 5 tetes essence agar kental dan mudah dikaitkan dengan mata pancing.

Nah itulah sob cara-cara membuat umpan ikan gabus yang jitu.

Demikian dari kami pembahasan tentang umpan ikan gabus alamiah dan racikan yang paling ampuh. Sobat juga bisa memakai umpan tiruan/palsu untuk memancing gabus. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel kami yang berjudul, jenis-jenis umpan tiruan untuk ikan gabus.

0 Komentar Umpan Ikan Gabus Alami dan Racikan Paling Ampuh

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top