HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Umpan mancing ikan gurame- Hai sob bertemu lagi dengan kami yang selalu berbagi tips dan trik mengenai hobi seputar binatang. Kali ini saya akan menulis jenis-jenis umpan yang digunakan untuk memancing ikan gurame. Sebenarnya ikan gurame sama seperti ikan gabus, yaitu dia akan memakan apa saja saat dalam keadaan lapar. Ikan gurame juga termasuk ikan konsumsi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Nah buat kalian yang hobi memancing ikan gurame baik di kolam harian atau di alam liar sebaiknya perhatikan jenis-jenis umpan di bawah ini agar bisa mendapat hasil yang memuaskan. Sebab umpan mancing ikan gurame yang akan dibagikan ini sangat ampuh dan banyak pilihan. Jadi sobat tinggal memilih mana yang kira-kira cocok menurut kalian.

Umpan Jitu Ikan Gurame


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Kalau sobat ingin memancing ikan gurame, sobat bisa memilih dua opsi umpan ikan gurame. Pertama menggunakan umpan alami dan yang kedua menggunakan umpan racikan. Apa saja umpan alami ikan garame yang jitu?

1. Cacing


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Yups tentu saja umpan jitu umpan gurame yang pertama adalah cacing. Karena hampir semua ikan air tawar sangat menyukai cacing, termasuk ikan gurame. Maka dari itu gunakanlah cacing sebagai alternatif umpan yang jitu untuk memancing gurame anda. Cacing pun juga mengandung banyak protein hewani plus aroma amis yang kuat. Jadi  akan menarik perhatian ikan gurame.

Umpan cacing tergolong mudah dicari. Sobat bisa mencari sendiri di dalam tanah gembur dan lembab, tapi bagi teman-teman yang merasa jijik atau malas untuk mencari, kalian bisa juga membeli di penjual cacing tanah. Paling-paling harganya berkisar Rp10.000.

2. Jangkrik


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Jenis umpan alami ikan gurame selain cacing yaitu jangkrik. Serangga satu ini diyakini memiliki kandungan protein hewani sangat tinggi sehingga mampu menggantikan pakan yang biasa di konsumsi oleh ikan gurame dari habitat aslinya. Cara mengaitkannya adalah memasukkan mata pancing dari ekor ke kepala atau dari kepala ke ekor.

3. Kecoa Tanah


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Anda bisa menggunakan umpan jitu selanjutnya dengan mencari serangga yang memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Salah satunya ialah Kecoa tanah. Serangga ini disebut-sebut mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Oleh sebab itu jenis umpan ini sangat cocok untuk anda jadikan umpan ikan gurame alamiah.

4. Laron


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Pakan ikan gurame yang bisa anda jadikan sebagai umpan jitu lainnya ialah laron. Ikan gurame juga menyukai laron seperti pada ikan lainnya. Sehingga tidak ada salahnya jika anda menggunakan laron untuk umpan ikan gurame.

5. Kroto


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pakan satu ini banyak digunakan untuk memancing ikan air tawar. Ikan gurame juga suka dengan kroto. Jadi anda bisa menggunakan kroto sebagai umpan ikan gurame yang paling jitu. Tapi sobat harus mencampurkannya dengan pelet atau bahan yang lainnya supaya bisa dikaitkan dengan mata pancing.

Baca juga: umpan mancing ikan sederhana pakai pelet

Itulah beberapa jenis umpan jitu mancing ikan gurame secara alamiah. Lalu apa saja resep racikan mancing ikan gurame yang ampuh?

Resep racikan umpan gurami pertama


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

  • Siapkan ubi jalar ukuran sedang 
  • Rebus ubi jalar
  • Rebus 2 butir telur ambil kuningannya saja
  • Tambahkan madu 2 sendok makan
  • Pelet ikan koi 1/4 gelas

Campurkan semua bahan di atas seperti membuat adonan kue. Lumatkan semua bahan sampai lembut namun jangan terlalu lembek agar tidak hancur saat masuk ke kolam atau air, bisa juga ditambahi air secukupnya ke dalam adonan.

Racikan umpan gurame kedua


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

  • Rebus 1 butir telur dan ambil kuningnya saja
  • Madu 2 sendok teh
  • Pelet 781-2 SP 1/2 gelas
  • Air secukupnya

Campur semua bahan di atas, aduk hingga merata, adonan jangan terlalu lembek. Lalu bentuk bulat bulat sesuai ukuran mulut si ikan. Umpan ikan gurame siap dipakai.

Racikan umpan mancing ikan gurame ketiga


Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

  • Rebus 1 butir telur ambil kuningnya saja
  • Siapkan madu 2 sendok teh
  • Pelet PF-1000 1/2 gelas
  • Air secukupnya

Campur semua bahan seperti membuat adonan kue. Ingat jangan terlalu lembek agar tidak hancur ketika masuk ke dalam air kolam. Lalu bentuk bulatan kecil sesuai ukuran mulut si ikan.

Baiklah itu saja jenis jenis umpan jitu mancing ikan gurame. Jika anda memancing gurame carilah waktu yang tepat yakni pada pagi hari dan senja. Karena dua waktu tersebut masa masanya si gurame sedang lapar sehingga ia akan langsung menyantap pancing anda yang sudah dipasangi umpan kesukaan gurame. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian terimakasih.

0 Komentar Umpan Jitu Mancing Ikan Gurame Alami dan Racikan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top