Harga burung hantu dan jenisnya– Sebagian orang awam mungkin tidak mengira kalau burung hantu bisa dipelihara. Alasannya dia memiliki ciri ciri dan karakter yang menakutkan. Ditambah lagi adanya mitos yang beredar di masyarakat yaitu kalau ada burung hantu pertanda ada yang meninggal.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Burung hantu merupakan jenis burung yang unik. Dia sama seperti burung lainnya, hanya saja burung hantu aktif di malam hari dan bermata bulat sehingga terkesan menyeramkan.

Di Indonesia sendiri burung hantu banyak dipelihara dan diperjualbelikan di mana mana. Menurut catatan sejarah, burung hantu memiliki 222 spesies di seluruh penjuru dunia. Dan hanya ada beberapa jenis burung hantu yang kerap dipelihara oleh hobiis.

Nah maka dari itu di sini hobinatang.com akan menjelaskan secara lengkap tentang harga burung hantu terbaru 2020 berdasarkan jenis-jenisnya. Semoga tulisan ini bisa dijadikan referensi buat sobat yang tertarik merawat burung hantu. Baiklah, apa saja jenis burung hantu yang paling banyak dipelihara dan populer di kalangan pencinta burung?

Jenis dan Harga Burung Hantu

Jenis dan Harga Burung Hantu

Harga burung hantu di bawah ini kami rangkum dari sumber forum-forum Facebook yang membahas jual beli burung hantu. Jadi nominal harga disini hanyalah harga pasaran atau kisaran saja, bukan patokan tetap. Sebab untuk masalah harga tergantung pada penjualnya. Bila kualitasnya bagus, bukan tidak mungkin kalau harganya bisa naik dan semakin mahal.

1. Burung Hantu Tyto Alba

Jenis pertama adalah burung hantu tyto alba (barn owl). Spesies ini termasuk yang banyak dicari. Dia memiliki tubuh sebesar 25-50 cm dan lebar sayapnya berkisar 70-110 cm. Tyto alba mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki owl lainnya. Yaitu dari segi berburu mangsa.

Jenis dan Harga Burung Hantu tyto Alba

Ketika menangkap mangsa dia terbang dengan kecepatan yang dahsyat ditambah penglihatan yang tajam. Hebatnya lagi tyto alba bisa merendam suara dari sayapnya. Sehingga korban tidak mengetahui pergerakannya.

Jenis dan Harga Burung Hantu Terbaru 2017

Biasanya burung tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk menjaga sawahnya dari serangan hama tikus. Harga di tahun 2020 tidak jauh beda sama sebelumnya, sekitar Rp300.000 ke-atas, cuma kadang ada yang menjual lebih murah tergantung kualitas dan penjualnya.

2. Jenis Burung Hantu Celepuk dan Harganya

Jenis dan Harga Burung Hantu celepuk

Burung hantu celepuk merupakan jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia terutama di pulau Jawa. Sebab burung celepuk habitat aslinya memang di Indonesia. Ciri cirinya adalah tubuhnya berwarna kecokelatan, memiliki jumbai di bagian atas kepala dan telinganya berwarna agak kemerahan.

Ukurannya sangat mini atau kecil dibandingkan jenis burung hantu lainnya. Paling besar saja hanya 19-25 cm dan sayap maksimal 40 cm. Disamping itu burung celepuk mudah dipelihara oleh pemula serta harganya sangat murah berkisar Rp. 50.000-Rp. 150.000. Untuk harga anakan celepuk bisa lebih murah dari 50.000.

3. Jenis Burung Hantu Putih

Jenis dan Harga Burung Hantu

Burung hantu putih memiliki bentuk fisik yang sangat elegan. Dengan warna putihnya membuat dia terlihat menawan. Dan banyak pula pencinta burung hantu yang menggemarinya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 35 cm lebar sayapnya berkisar 70 cm.

Untuk masalah harga mungkin sesuai dengan penampilannya. Burung hantu yang indah ini dibandrol Rp. 300.000 untuk ukuran dewasa. Bisa lebih dan bisa kurang semua tergantung kepada kualitas si burung hantu itu sendiri.

4. Burung Hantu Salju

Jenis dan Harga Burung Hantu

Burung hantu salju atau nama latinnya adalah Snowy owl/Bubo scandiacus. Merupakan spesies yang sering dijumpai di pepohonan benua Eropa, Amerika dan Asia. Dia memiliki penampilan fisik yang tidak kalah bagus dengan burung hantu putih. Tubuhnya nyaris berwarna putih salju seluruhnya, untuk yang betina umumnya terdapat corak hitam di sisi dada, punggung dan sayapnya. Sedangkan besar badannya mencapai 30 cm.

Bentuk muka tidak beda jauh dengan spesies burung hantu lainnya. Wajahnya seperti bentuk love sehingga terlihat memakai topeng. Adapun harganya juga relatif mahal sekitar Rp. 400.000.

5. Burung Hantu Bubo Sumatranus/Hingkik

Jenis dan Harga Burung Hantu

Jenis kelima adalah Bubo sumatranus atau dalam bahasa inggrisnya (Breed Eagle-owl/Barred Eagle-Owl). Burung hantu Bubo bisa kalian temui di daerah Malaysia, Indonesia, Thailand dan Brunei Darussalam.

Apabila ke-4 jenis burung hantu di atas memiliki harga yang masih terbilang ratusan. Maka untuk jenis yang satu ini bisa dikatakan tergolong salah satu harga paling mahal di antara jenis-jenis lainnya. Yaitu sekitar 1 jutaan ke atas. Hal itu disebabkan karena burung hantu bubo sumatranus agak susah didapatkan. Selain itu dia juga memiliki perawakan tubuh yang besar sampai 50 cm.

6. Jenis Burung Hantu Buffy Fish Owl atau Bubo Ketupu

Jenis dan Harga Burung Hantu

Sama seperti Bubo sumatranus, burung hantu buffy fish owl juga memiliki perawakan tubuh yang besar. Dia memiliki jumbai telinga yang sangat jelas dan warna tubuhnya didominasi oleh coklat cream disertai corak hitam vertikal. Harganya tidak jauh beda dengan bubo sumatranus yakni Rp. 500.000 – Rp. 800.000.

Itulah jenis jenis burung hantu yang banyak diminati masyarakat. Sebenarnya masih banyak lagi jenis burung hantu lainnya (sekitar 222 spesies di dunia). Tapi kami di sini hanya menyebutkan jenis-jenis yang banyak dipelihara dan populer di kalangan masyarakat.

NB: agar lebih ringkas dan memudahkan kalian, di bawah ini kami rangkum berdasarkan nama burung hantu dan harganya.

  • Burung hantu celepuk Rp. 50.000-150.00
  • Burung hantu oriental bay dengan harga Rp. 200.000-Rp. 300.000 atau lebih.
  • Burung hantu Javan Owlet dengan harga Rp. 200.000 – Rp. 375.000
  • Burung hantu Barn Owl dihargai Rp. 350.000
  • Burung Hantu Buffy Fish dengan harga Rp. 500.000-Rp. 750.000
  • Burung hantu brown hawk owl dibandrol sekitar Rp. 650.000 (bisa lebih, bisa kurang)
  • Burung hantu strix seleputo yang berharga sekitar Rp. 550.000
  • Burung Bubo sumatranus Rp. 750.000 – Rp. 1.000.000

Makanan Burung Hantu


Burung hantu adalah binatang karnivora. Dia memakan daging dagingan. Dan untuk makanan burung hantu yang baik dan menyehatkan sudah pernah dibahas di dalam artikel yang berjudul daftar makanan burung hantu sesuai jenisnya.
Ok sob sekian saja dari kami informasi tentang harga burung hantu terbaru dan jenis-jenisnya secara lengkap dan jelas.

10 responses to “Jenis dan Harga Burung Hantu Terbaru Saat Ini 2020”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Kira kira beli dimana ya gan burung hantu salju nya??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Jelas ada gan, tapi jarang. Kemarin di grup facebook ada yang jual. Coba agan agan nyari info lewat grup grup facebook.

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Kira kira beli dimana ya gan burung hantu salju nya??

  3. Annahalim Avatar
    Annahalim

    Baru dapat jenis burung hantu celepuk anakannya. Belajar terbang. Terbang ke rmh. Ada yg minat? Silakan add saya. D5771957

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Kira kira beli dimana ya yang jenis Snowy sama burrun hantu putih??

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Kira kira beli dimana ya yang jenis Snowy sama burung hantu putih??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Gabung komunitas kami kak,ada di fac6

  6. idblog_lil Avatar
    idblog_lil

    ada yg jual gak, burhan putih atau Salju?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Di grup coba Om

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Ada ne burung hantu putih

Leave a Comment