Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Bagi Pemula

Cara Memotong Kuku Kucing- Sebenarnya kuku dan taring kucing merupakan senjata utama untuk mencari makanan. Bahkan si kucing sendiri sering merawat kukunya agar menjadi tajam. Dengan begitu ia tidak kesulitan saat mengejar mangsanya. Kuku bisa membuatnya memanjat pohon dan mencengkeram mangsa.

Akan tetapi kita sebagai pemelihara kucing terkadang merasa terganggu terhadap kuku kucing yang panjang dan tajam itu. Sebab kuku yang tajam dapat mencakar pemiliknya saat digendong atau diajak main. Hal itulah yang membuat orang-orang mencari tahu bagaimana cara memotong kuku kucing yang baik dan benar.

Namun yang jadi pertanyaan, Apakah boleh kita memotong kuku kucing? Sebagian orang berpendapat tidak boleh memotong kuku kucing dan sebagain lagi membolehkan. Tapi saya kira boleh-boleh saja asalkan kalian memperhatikan cara yang baik dan aman.

Oleh sebab itu, di sini hobinatang.com akan berbagi tips buat cat lovers di Indonesia tentang cara aman memotong kuku kucing di rumah kalian sendiri. Tutorial di bawah ini dapat sobat terapkan pada semua jenis kucing. Baik kucing ras seperti persia, anggora maupun kucing kampung yang galak.

Cara Memotong Kuku Kucing Sendiri Yang Aman dan Mudah


Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman dan Mudah

Memotong kuku kucing  bisa kalian terapkan sejak ia masih anakan atau pada saat ia beranjak dewasa. Karena di usia tersebut umumnya kuku kucing mulai tajam dan kuat. Berikut langkah langkah penting yang harus kalian perhatikan:

1. Siapkan Gunting atau Alat Khusus Pemotong Kuku Kucing


Cara Memotong Kuku Kucing

Yang pertama sudah pasti anda harus memiliki gunting kuku khusus kucing. Karena gunting tersebut lebih aman dibandingkan memakai gunting manusia. Gunting kuku kucing sendiri bisa anda beli di petshop terdekat. Tapi jika kalian sudah terbiasa dan ahli, bisa memotong kuku kucing dengan gunting biasa.

2. Rangkul Kunci Dengan Kasih Sayang


Setelah alat pemotong sudah disiapkan, selanjutnya kalian ambil kucing dari dalam kandang dengan cara perlahan-lahan. Bila perlu buat dia nyaman dengan anda. Maka dari itu rangkullah kucing dengan kasih sayang sambil dibelai-belai tubuhnya.

3. Tekan Kulit Telapak Kucing


Perlu kalian ketahui bahwa kuku kucing itu tersembunyi dan akan keluar saat kucing marah. Jadi untuk memotongnya anda tidak perlu membuatnya marah terlebih dahulu. Melainkan anda cukup melakukannya dengan cara menekan bagian telapak kucing maka kukunya nanti akan keluar dengan sendirinya. Dan itu juga untuk mempermudah anda memotongnya.

4. Potong Bagian Ujung Saja


Cara Memotong Kuku Kucing yang baik dan benar

Poin keempat ini merupakan poin paling penting ketika anda hendak memotong kuku kucing sendirian. Menurut kami kuku kucing sama seperti kuku-kuku milik binatang sugar glider anjing atau binatang berkuku lainnya.

Artinya sebenarnya kuku kucing itu sangat tipis, meskipun terlihat panjang akan tetapi sebagian besarnya adalah saraf dan daging. Jadi kalian tidak boleh sembarangan dalam menggunting kuku kucing.

Caranya adalah gunting kuku kucing hanya di bagian ujungnya saja seperti gambar di atas. Jangan sampai terlalu dalam saat memotong kuku karena dikhawatirkan akan mengenai daging  bagian dalam yang ditandai warna pink sehingga dapat melukai si kucing. Lebih bahaya lagi jika terkena saraf.

5. Lakukan Secara Bertahap


Setelah berhasil memotong kuku kucing dengan benar, maka lakukan pemotongan secara bertahap yakni sebulan sekali. Karena biasanya kuku kucing akan panjang dan lancip dalam waktu satu bulan.

Catatan Penting Dalam Menggunting Kuku Kucing


Memotong kuku kucing dengan gunting biasa

Sebelum kami akhiri ada beberapa catatan penting untuk kalian ketahui sebelum memotong kuku kucing:

  • Jika kalian baru pertama kali memotong kuku kucing, sebaiknya memberi jeda agar si kucing tidak kaget. Misalnya hari ini menggunting kuku satu bagian lalu besoknya satu bagian. Maka lama kelamaan dalam sehari anda bisa memotongnya langsung keseluruhan jika si kucing sudah terbiasa.
  • Kuku kucing mulai panjang dan runcing jika sudah lewat 2 minggu. Maka waktu yang tepat untuk memotong kuku kucing adalah 2 minggu sekali.
  • Biasakan memotong kukunya sejak si kucing masih anakan atau kecil. Supaya kelak ketika dewasa dia tidak berontak atau takut saat dipotong kukunya. 
  • Terakhir, bagi pemula disarankan untuk berhati-hati dan jangan tergesa gesa. Ingat di bagian kuku kucing terdapat saraf berbahaya apabila terpotong.

Itulah 5 cara memotong kuku kucing yang mudah dan benar. Baiklah itu saja dari kami semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Sekian, terimakasih.

0 Komentar Cara Memotong Kuku Kucing Paling Aman Bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top