Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut Kepada Kita

Cara membuat kucing jinak- kucing adalah hewan yang terkenal lucu dan imut. Bulunya yang lembut membuat anda betah bermain dengannya. Apalagi jika kucingnya sudah jinak dan nurut, maka merawatnya pun menjadi hal yang menyenangkan.

Bagi kalian yang baru saja membeli atau mengadopsi kucing kampung liar, namun dia belum jinak maka anda harus segera menjinakkannya supaya lebih nyaman diajak bermain. Jangan biarkan terus menerus memiliki sifat galak. Karena nanti Anda sendiri yang akan kerepotan.

Walaupun segalak galaknya kucing masih bisa dijinakkan, tapi tetap saja tingkat kesulitan dalam menjinakkan berbeda beda. Ada yang mudah dijinakkan ada pula yang sulit. Semakin besar umur kucing akan semakin sulit pula dalam menjinakkannya. Makanya jangan biarkan si kucing memiliki sifat liar kayak kucing hutan.

Waktu yang Tepat untuk Menjinakkan Kucing


Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut Kepada Kita

Sebelum membahas bagaimana cara membuat kucing menjadi jinak, terlebih dahulu kalian harus tau kapan waktu yang baik untuk menjinakkannya.

Waktu yang baik ialah saat si kucing masih anakan. Karena kucing yang masih kecil atau kitten, lebih mudah diatur dan dijinakkan. Dia belum berpengalaman serta masih cenderung mengikuti atasannya (pemiliknya).

Adapun kucing dewasa yang mungkin sudah sering bergonti ganti majikan maka lebih sulit untuk dijinakkan. Jadi bila Anda hendak membeli kucing anggora atau kucing persia, akan lebih baik mengadopsi kucing kecil saja, namun jika tidak memungkinkan, mengadopsi kucing dewasa juga tak masalah.

Selain itu carilah waktu yang prima, di mana kondisi kucing saat itu sedang senang. Tidak lesu dan tidak pula ngantuk.

Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut


Cara Membuat Kucing Anggora Jinak

Baik kita telah sampai di pembahasan inti. Dalam menjinakkan kucing setiap orang berbeda beda caranya. Dan hobinatang.com di sini akan berbagi cara yang mudah dan simpel tapi hasilnya cepat. hehe simak tutorial kami berikut ini:

1. Siapkan Kandang Khusus


Cara membuat kucing agar jinak dan nurut yang pertama adalah membuatkan kandang. Bagi Anda yang baru membeli kucing dan ternyata galak, jangan bingung atau panik. Karena hal itu sangat wajar. Mereka belum terbiasa dengan anda dan juga lingkungan barunya.

Apabila anda mempunyai kucing di rumah maka pisahkan kandangnya dengan kucing yang baru saja anda beli. Supaya tidak berantem. Letakkan kucing yang galak dan belum jinak pada kandang sendirian sambil diperhatikan makan dan minumnya.

Cara seperti ini supaya kucing Anda dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jangan langsung disentuh karena bisa jadi mereka menggigit anda.

2. Memberi Makan Kucing


Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut

Tahukah anda kucing liar biasanya akan sering ke rumah anda apabila anda sering memberinya pakan. Begitu juga dengan kucing yang baru saja anda adopsi, sering sering lah memberi makanan kesukaan untuknya. Maka lambat laun dia akan terbiasa dan menyukai anda serta tempat barunya.

Bagi kami pribadi, cara kedua ini cukup ampuh dan bisa cepat menjinakkan kucing galak. Yang penting kalian perhatikan kapan dia mulai lapar. Di saat itu, Anda harus memberinya makan.

3. Sering Memberi Perhatian Kepada Kucing


Cara Membuat Kucing Jadi Jinak dan Nurut

Kucing juga hewan yang mempunyai perasaan. Dia suka dimanja. Meski terkadang banyak yang beranggapan bahwa hewan tidak merespon apa apa saat kita memberinya perhatian. Hal itu salah besar.

Maka dari itu berikan perhatian yang besar pada kucing kesayangan anda. Misalnya dengan mengajaknya ngobrol, lalu perlahan lahan dielus bulunya, jika sudah terlihat tenang maka sesekali gendonglah ia. Lakukan hal itu setiap hari supaya si kucing merasa dicintai sehingga dia menjadi manja dan akhirnya jinak dengan anda.

Selain itu, sebagai bentuk perhatian kita terhadap kucing, sesekali ajak ia bermain di tempat tidur serta memandikannya agar kucing terlihat bersih dan lembut.

4. Beri Nama dan Sering Dipanggil


Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut

Cara berikutnya supaya kucing cepat jinak ialah dengan memberikan nama dan sering memanggilnya. Lambat laun si empus akan paham dan mengenali namanya sendiri. Baca: 100 Daftar Nama Hewan Peliharaan yang Lucu

Panggillah saat Anda hendak memberikan makan. Panggillah saat anda hendak mengajaknya bermain. Dan panggillah saat Anda hendak melakukan aktivitas-aktivitas bersama kucing.

5. Biarkan Kucing Bebas dan Jangan Terus Terusan Dikurung


Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut
Kucing Kampung

Yang pada awalnya kucing tersebut sendirian di kandang, kini saatnya anda menyatukannya dengan kucing jinak lainnya. Hal ini dilakukan agar si kucing tidak stres sendirian. Biarkan dia bermain di salah satu ruangan rumah anda.

Bila perlu tambahkan mainan kucing. Biar mereka asyik bermain sendiri di ruangan yang luas.

Nah itulah beberapa cara membuat kucing jinak kepada kita yang simple dan mudah. Bagi pemula maka cara cara di atas sangatlah cocok untuk dipraktekan. Sehingga kucing liar anda jadi jinak dan manja hehe. Baiklah itu saja dari kami, selamat mencoba. 

0 Komentar Cara Membuat Kucing Jinak dan Nurut Kepada Kita

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top