HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Sehat dan Jinak

Cara memelihara kucing hutan- Saat ini kucing hutan banyak dipelihara dan mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun banyak dari mereka yang memperjualbelikan secara bebas. Padahal sebenarnya kucing hutan sendiri tidak boleh diperjualbelikan, sebab mamalia satu ini termasuk binatang langka (apendik) sehingga dilindungi oleh pemerintah.

Meski begitu, nampaknya peraturan ini diabaikan. Buktinya masih banyak orang orang yang memburunya. Entah dengan cara ditembak bius atau ditembak mati induknya agar bisa diambil anaknya. Bahkan tidak sedikit pemburu yang menangkap kucing hutan saat masih sangat bayi yang belum terbuka matanya. Akhirnya anak kucing hutan tersebut jadi terpisahkan dengan induknya. Sungguh ironis bukan?

Tapi perlu kalian ketahui sob, kami menulis artikel ini bukan bermaksud mendukung kalian untuk merawat kucing hutan secara ilegal. Justru sebaliknya, kami sangat menghimbau supaya kalian memelihara kucing hutan dengan jalur legal. Yaitu meminta izin pemerintah untuk melestarikannya. Ok?

Baiklah kembali lagi ke pembahasan. Untuk memelihara kucing hutan blacan, membutuhkan kesiapan mental. Karena selain sulit dijinakkan, kucing hutan juga rentan mati bila dipelihara di luar habitat aslinya (hutan). Jadi Anda harus pandai pandai merawatnya supaya resiko tingkat kematian tidak tinggi.

Maka dari itu di sini hobinatang.com akan menerangkan bagaimana cara memelihara kucing hutan agar jinak dan tetap sehat. Panduan ini ditujukan pada anda yang belum memiliki pengalaman dalam merawat kucing hutan.

Cara Memelihara Kucing Hutan


Merawat kucing hutan tidak seperti merawat kucing kampung biasa. Dari segi habitatnya saja berbeda. Kucing hutan tinggal di alam liar, dia mencari makan dengan cara berburu. Kucing hutan juga memiliki sifat alami yaitu galak, sedangkan kucing kampung tidak. Berikut langkah langkah tepat memelihara kucing hutan anakan dan dewasa.

1. Siapkan Kandang yang Luas


Cara Memelihara Kucing Hutan agar jinak

Sebagaimana yang telah sobat ketahui, kucing hutan tinggal di tempat yang bebas dan luas. Sehingga untuk membuat dia merasa nyaman, sebaiknya sobat harus menyediakan kandang yang layak. Buatlah kandang seluas mungkin. Jangan terlalu sempit atau kecil, sebab bisa mengakibatkan stres akhirnya mati.

2. Adaptasi Kucing Hutan


Sama halnya seperti manusia, kucing hutan membutuhkan adaptasi yang lama terhadap lingkungan barunya. Dia tidak bisa langsung diajak main, maka anda harus bersabar dan membiarkan dia beradaptasi. Caranya letakkan ia di kandang yang luas dan tempatkan kandangnya di ruangan yang jauh dari lalu lalang manusia.

Cara Memelihara Kucing Hutan

Biarkan ia sendiri di kandang selama 2-7 hari sambil anda memberinya makan. Supaya jinak, disarankan untuk meletakkan baju bekas anda di kandangnya. Dengan begitu si kucing akan mengenali aroma majikannya melalui bau tubuhnya.

3. Memberi Pakan yang Baik pada Kucing Hutan


Cara merawat Kucing Hutan

Banyak sekali perdebatan mengenai jenis makanan kucing hutan yang baik untuknya. Ada yang menganjurkan diberi daging yang sudah direbus, ada pula yang menyarankan agar diberi daging mentah saja. Karena protein dan nutrisinya tidak hilang. Yang pasti mereka memiliki alasan masing-masing.

Namun kami pribadi menyarankan supaya sobat mengkombinasikan antara daging mentah dan daging rebus. Misalnya hari ini diberi pakan daging ayam yang direbus. Maka besoknya bisa sedikit ditambahi daging mentah. Daging rebusan berfungsi supaya meredam sifat buasnya, sedangkan daging matang bermanfaat untuk keseimbangan tubuhnya. Cara ini sering dipraktikan oleh pemelihara KH.

Untuk pakan lele masih menjadi polemik, beberapa teman teman mengalami hal buruk setelah diberi lele. Kucingnya banyak yang mencret dan diare, namun sebenarnya tergantung kecocokan kucing itu sendiri, banyak juga kucing hutan yang cocok dan sehat diberi lele. Pilihlah lele yang segar saja.

Jangan pernah coba coba memberi makanan kucing kemasan. Catfood mengandung banyak bahan pengawet, tidak baik untuk tubuh kucing hutan. Adapun bagi anda yang merawat anak kucing hutan, sebaiknya diberi susu khusus kucing dengan menggunakan dot.

Atau bisa juga dititipkan ke induk kucing biasa yang sedang menyusui. Rutinlah memberinya pakan, paling tidak sehari 3 kali dengan porsi daging rebus yang dicacah dan nasi. Bila sobat memiliki pengalaman soal makanan kucing hutan, silahkan beri pn masukan di kolom komentar.

4. Menjaga Kandang Agar Tetap Bersih


Cara merawat anakan Kucing Hutan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kucing hutan rentan sakit. Jadi sobat harus rajin rajin merawat kandangnya agar tetap bersih dan nyaman serta terhindar dari hama maupun bakteri. Untuk kandang kucing hutan anakan usahakan suhunya selalu hangat. Hal ini supaya kitten tidak mati dan tetap nyaman.

5. Mandikan Kucing Hutan


Cara Memelihara Kucing Hutan

Memandikan kucing hutan hanya berlaku pada kucing yang berusia 3 bulan ke atas. Untuk anakan jangan dimandikan dulu karena daya tahan tubuhnya masih lemah. Kalaupun ingin dimandikan, cukup diolesi tisu basah.

Memandikan KH berfungsi untuk menghindari adanya parasit di bulunya seperti kutu dan menghilangkan baunya yang tidak sedap. Bagaimana cara memandikan kucing hutan?

Cara memandikannya, siapkan air hangat setinggi kaki kucing, campurkan shampo khusus kucing ke dalam air tersebut lalu masukkan kucing secara perlahan lahan agar tidak meronta. Basuhlah tubuhnya dengan air hangat tadi sampai bersih dan terakhir keringkan dengan handuk. Ingat sobat jangan memakai shampo manusia untuk kucing hutan. Karena menyebabkan bulunya jadi rontok.

6. Menjinakkan Kucing Hutan


Inilah poin yang ditunggu tunggu. Menjinakkan kucing hutan tidak semudah menjinakkan kucing kampung liar. Langkah langkah menjinakan kucing hutan pun sangat banyak. Kebetulan kami sudah menulis pembahasan sendiri terkait poin ini. Silahkan baca: Cara Menjinakkan Kucing Hutan Blacan yang Galak

Itulah cara memelihara kucing hutan yang benar agar jinak. Jika anda telaten dan sabar, Insyaallah tidak sulit. Hasilnya pun juga menyenangkan. Selamat mencoba dan bereksperimen!

23 Komentar Cara Memelihara Kucing Hutan Agar Sehat dan Jinak

  1. Gan,klo ngasih makan KH nya pke pakan kucing sperti wishkas itu bisa gak? Tp ngasihnya dr bayi biar terbiasa, apa itu akan mempengaruhi kesehatan nya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh wishkas itu banyak ampasnya. Makanya murah hehe. Pertanyaan ini pernah ditanyakan di artikel satunya. Intinya

      Saya saranin diberi full daging segar. Karena kucing hutan adalah karnivora sejati. Jelas beda sama kucing biasa atau domestik. Meski dia mau memakan makanan kucing biasa (kornet, domestik cat food dll) biasanya ada risikonya. Yaitu umurnya kurang panjang. Tapi ada juga pengalaman teman yang memberikan pakan seperti royal cainin dan masih sehat. Dengan catatan pemberiannya tidak banyak. Dominan diberi daging segar. Kalau cuma diberi pakan kucing, ya paling tidak lama lagi akan Innnalillahi.. Oh ya, meski doyan bukan berarti baik loh..

      Delete
  2. Muzammil azlan28 September

    Bagus apa gak lele idup di kasih ke KH
    Terus cara menjinakkan KH mulai 2,5bln sampei dewasa gimana caranya...supaya tidak salah memelihara
    Takutnya nanti kecilnya jinak,makin dewasa makin galak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pakan lele kurang bagus juga. Di grup banyak yang ngalamin kucing nya mencret, tapi cocok cocokan juga mas, banyak juga yang ngasih lele dan sehat sehat saja.

      Pilih yang lele segar saja. Jangan direbus. Saya pribadi lebih menghindari lele. :) meskipun dikasih itupun jarang

      Delete
  3. Gan,saya bru dpat kh skitaran umur dua bulan,msih tahap penjinakan,tpi udh bisa d pgang,mkan masih lancar,tpi kh nya minta kluar aja,bgus nya kaya mna ya,sring jrit2 gtu dia,tlong bagi sran nya ya🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajarlah Om, namanya juga baru dipelihara butuh adaptasi. Saran saya baca artikel kami tentang cara menjinakkan kucing hutam. :) sudah ditulis lengkap Kak

      Delete
  4. Gan. Saya baru dapet KH umur 6 bln lebih skrg masih tahap pendekatan. Cara menjinakkan nya aku lakukan seperti artikel yg anda tulis. Yg jadi pertanyaan saya KH 6 bln lebih apa masih bisa di jinakkan terlebih lg dia sangat galak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa dong Mas. Konsisten jinakkinnya. :) Semoga berhasil

      Delete
  5. Gan,sya punya kh umur 2blan stengah,kmren pagi mkan msih lancar,karna stok pkan nya sudah habis di tempt sya biasa bli makan si kh juga habisdan udh tutup,jdi saya ksi mkan tempe potong dadu,mau mkan sikit2 ,pas mlam dia kotoran nya agak mncret gtuu,dan subuh nya dia nguntah2 kluar lendir warna putih,pagi nya ,ksi mkan daging tpi nabsu mkan nya agak berkrang gtu,itu knpa yaaa ksi saran nya tolonggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sih kesalahan Mas. KH karnivora masa dikasih tempe. Dia mau memakan bukan doyan mas, tapi lapar.

      Kalau menurut tanda tandanya, kucing mas lagi pilek. Kasih obat Doxycat mas. KH ku kena pilek, rutin dijemur pagi 15 menit, sama dikasih obat tadi.

      Awalnya muntah-muntah seperti punya mas. Sekarang tidak lagi, tinggal pilek nya belum sembuh

      Delete
  6. Oooiya bang,tpi beli obat doxycat nya di mna bang,cara kasi nya gimna bang,ini mlah nabsu mkan nya berkrang,biasa sya kasi mkan lele,gimna ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lele kurang baik Mas. Bagus an daging kepala ayam. Kalau beli di toko online bisa

      Delete
  7. TriMakasi bang,daging kpla ayam nya di cacah atau di bagi blat2 dan ksi mentah aja bang,klu obat nya bang brapa hari skli bagi nya bang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicacah Mas. Kebetulan kucing mas masih 2 bulan, cacah saja. :)

      Saya pagi dan sore Mas. Nanti di obatnya sudah tertulis dosisinya Kok. Lihat saja di bungkus Kak, obat pilek kucing juga bukan cuman satu Mas, coba cari di pet mungkin ada

      Delete
  8. Gan.. saya punya 1 ekor KH seumur2 baru melihara ini.. bingung mau kasih mkn apa.. soalnya belum bisa makan.. tapi saya kasih susuh kaleng di campur air, KH nya mau minum.. next solusinya gimana gan agar KH Saya tetap hidup.. tolong gan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru pertama memelihara KH, saya harap Masnya banyak belajar bisa lewat situs situs atau Grup komunitas, sebab memelihara KH itu lebih rumit dan harus siap keluar biaya banyak.

      Yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemberian pakan yang rutin dan cocok. Ingat kucing hutan adalah karnivora. Jadi beilah daging ayam atau kepala ayam

      Silahkan untuk lebih lengkapnya mas baca baca terkait jenis jenis makanan kucing hutan di situs kami ini. Terimakasih

      Delete
    2. Oh ya, jangan ngasih susu sembarangan. :) kalau banyak laktosanya bisa diare atau mencret. Bahaya!

      Delete
  9. Ka saya melihara kh umurny 2 bln. Kemarin saya beri daging sapi mentah agak banyak dan ikan laut mentah. Malamny dia muntah2 kenapa ya ka? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muntah karena pola makannya yang salah Kak. Ngasi ikan kurang di rekomendasikan karena di alamnya kucing hutan hidup di atas pohon bukan di rawa rawa :). Apalagi ikan laut sangat tidak direkomendasikan. Masalah dia mau makan, bukan berarti doyan. Tapi lapar..

      Sebaiknya beri makanan yang bisa di dapatkannya di alam. Ayam, burung, puyuh, tikus (tapi jangan tikus rumahan banyak membawa virus karena makannya sampah).

      Kalau mau makanan pabrikan minimal royal cannin karena terbuat dari unggas bukan ikan dan tidak menggunakan pengawet.

      Delete
  10. Mass , saya punya anakan kucing hutan tapi susah banget mas ngak mau mkan mas , kasi apa mas buat anakan kucing hutan 1,5 bylan mas , saya kasi ayam rebus ngak mau mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam mentah saja Mas. Dicincang halus lalu kasihkan. Atau coba daging ayam tanpa kulit dan tulang, lalu dicincang secara halus, kemudian ditaruh sedikit di tangan dan didekatkan di mulutnya. Insyaallah KH nanti akan merespon dengan menjilat daging cincang tadi.

      Delete
  11. kak boleh minta no wa yg bisa dihubungi ? soalnya saya baru pelihara KH umur kurang lbih 1-2bln. minta bimbingannya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Kak, lewat fans page Facebook aja Kak.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top