HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Bagaimana cara mengobati penyakit mata kucing tertutup selaput putih? Pertanyaan tersebut merupakan salah satu contoh yang sering dilontarkan oleh komunitas pecinta kucing di dunia. Yang mana sebagian mereka mengalami masalah pada kucingnya terutama di bagian mata.

Kondisi mata kucing yang tertutup selaput putih sendiri disebut juga sebagai tertia palpebra. Penyakit yang sering menyerang pada kucing secara umum. Dan sebenarnya penyakit ini tidak terlalu berbahaya, namun apabila tidak segera diatasi bisa berakibat fatal.

Jika dibiarkan, lama-kelamaan selaput putih tersebut akan melebar dan menutupi setengah dari mata kucing hingga bisa menutupi seluruh matanya. Malah ada yang sampai terjadi pembengkakan pada kornea matanya.

Namun bagi sobat yang sedang mengalami masalah ini, tidak perlu cemas dan khawatir. Hobinatang.com di sini mencoba menjelaskan penyebab mata kucing tertutup selaput putih beserta cara mengatasinya.

Penyebab Penyakit Mata Kucing Tertutup Selaput Putih


Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Kondisi selaput putih yang menutupi mata kucing bisa terjadi karena bermacam-macam sebab. Menurut dokter hewan yang kamu temui, munculnya selaput putih pada mata kucing diakibatkan karena adanya cacing.

Selain itu bisa juga  disebabkan karena virus dan bakteri penyakit yang hinggap pada matanya. Namun ada juga yang mengatakan gejala ini bukan berasal dari penyakit melainkan hanya kelainan.

Terlepas dari itu semua kita harus tetap sigap untuk mengatasinya. Karena kucing yang mengalami gejala ini tentu merasakan sangat tidak nyaman. Lantas adakah obat mata kucing tertutup selaput putih?

Cara Mengobati Mata Kucing Tertutup Selaput Putih


Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Sebelum mengobati mata kucing yang tertutup selaput putih, Anda harus mengetahui dahulu penyebabnya. Jika penyebabnya karena cacingan, maka dokter hewan akan menyarankan agar kucing Anda diberi obat cacing yang direkomendasikan di toko hewan terdekat.

Baca juga: 10 Jenis Penyakit Mata pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Namun apabila penyebabnya karena bakteri penyakit atau virus, maka untuk mengatasinya dengan obat antibiotik atau Anda harus membersihkan bakteri tersebut secara alami.

Umumnya orang-orang lebih memilih menggunakan obat mata kucing khusus. Obat tersebut bisa didapat di toko hewan. Tapi kadang kala orang-orang juga memakai antibiotik obat mata manusia contohnya insto.

Kami sendiri menyarankan agar memakai obat khusus untuk penyakit mata kucing. Sebab dosisnya sudah disesuaikan untuk hewan, bukan manusia. Kemudian agar cepat sembuh, sebaiknya kalian bersihkan bakteri dengan cara tradisional atau alami.

Yaitu dengan membersihkan mata kucing menggunakan kapas yang sudah direndam air hangat. Bisa pula dicampur salep cendo fenicol. Lakukan langkah tersebut setiap pagi dan sore. Dengan izin Tuhan tidak lama lagi kucing anda akan sembuh.

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Baik itulah cara tepat mengatasi mata kucing tertutup selaput putih beserta penyebab-penyebabnya. Apabila kondisinya sudah terlalu parah, sebaiknya dirujuk ke dokter hewan.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top