Kenapa  kucing jantan makan anaknya– Hai min, mau tanya. Mengapa kucingku jantan memakan anaknya sendiri? Padahal sudah saya kasih makan. Anaknya ada 4, yang satu lahir prematur. Kemudian sisa 3 anak. Tapi malah sama induknya dimakan semua dan hanya tersisa bekas-bekasnya. Pokoknya induknya jahat banget!!!! (By: De Cila)

Selamat malam De Cila. Mimin turut prihatin dengan musibah yang menimpa sobat. :'( Ketika melihat kejadian ini, barangkali dalam benak kita terbesit sebuah pertanyaan mengapa kucing jantan memakan anaknya.

Apakah kucing tersebut memiliki sifat kanibal atau ada indikasi lain yang menyebabkan dia memakan anaknya sendiri (seperti kasus di atas). Untuk itu di sini hobinatang.com akan menjelaskan kepada kalian semua tentang alasan kenapa kucing jantan memakan anaknya. Tulisan ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan De Cila di atas.

Kenapa Kucing Jantan Makan Anaknya Sendiri?

Kenapa Kucing Jantan Makan Anaknya Sendiri

Ada banyak kemungkinan mengapa kucing jantan memakan anaknya sendiri. Tidak semua kucing yang memakan anaknya disebut sebagai kanibal. Karena hakikatnya kucing tidak tega untuk melakukan hal itu. So, apa yang dilakukan induk kucing jantan atau betina yang memakan anaknya?

1. Anak Kucing Sudah Mati

Alasan pertama kucing jantan memakan anaknya adalah karena si anak kucing sudah mati. Hal ini dilakukan demi kelangsungan hidup induk kucing dan anak anaknya yang lain.

Jika ada satu kucing yang mati namun tidak langsung dipindahkan maka dapat menimbulkan penyakit yang bisa membuat saudara saudaranya mati. Selain itu bisa juga mengancam keselamatan anak-anak lainnya akibat binatang predator yang mencium bangkai bayi kucing.

Makanya sebelum sang Induk memindahkannya sendiri, sebaiknya kita harus sigap saat mendapati salah satu anak kucing mati. Segera ambil dan kubur sebelum dimakan induknya.

2. Bau Tangan Manusia

Kenapa Induk Kucing Makan Anaknya Sendiri

Hati hati bagi pemilik kucing. Jangan sampai menyentuh bayi yang baru saja dilahirkan oleh sang induk. Biarkan saja induknya sendiri yang mengurusnya. Karena jika anda menyentuh bayi kucing, maka dipastikan bau tubuhnya berubah menjadi bau tangan anda.

Dengan begitu sang induk jadi tidak percaya atau ragu bahwa itu bayinya. Pada akhirnya si bayi kucing akan dimakan atau diusir karena ia merasa bahwa bayi tersebut bukanlah anaknya.

3. Induk Kucing Sedang Stres

Normalnya kucing dapat hamil dan melahirkan pada musim panas. Namun apabila ada kucing yang melahirkan pada musim dingin, biasanya menyebabkan stres. Karena ia merasa bahwa bayinya tidak akan bisa bertahan hidup di musim dingin.

Sebab itulah sang induk jadi stres. Stres karena tidak tega jika bayinya mati kedinginan. Sehingga jalan keluarnya ialah kucing jantan memakan bayinya sendiri. Akan tetapi kejadian seperti ini jarang kita temui di Indonesia. Biasa dialami oleh kucing liar yang ada di luar negeri.

4. Daya Tahan Tubuh Anak Kucing Lemah

Mengapa Kucing Jantan Makan Anaknya Sendiri

Induk kucing memiliki naluri yang kuat terhadap anaknya yang baru saja lahir. Apakah mampu bertahan hidup hingga dewasa atau tidak. Apabila ia mendapati bayinya lahir dalam keadaan sakit, daya tahan tubuh lemah serta tidak ada harapan hidup lebih lama, maka sang induk lebih memilih untuk membunuhnya saja.

Dengan harapan kelak akan melahirkan bayi kucing lain yang lebih sehat dan kuat. Hal itu mereka lakukan karena tidak ingin menyia nyiakan air susunya untuk kucing yang tidak ada harapan hidup lebih lama. Di sisi lain, dia juga tidak tega melihat anaknya menderita karena kondisi tubuhnya yang lemah dan sakit sakitan.

5. Anak Kucing Lahir Cacat

Saat induk kucing melihat bayi yang dilahirkan dalam keadaan cacat, tentu mereka merasa tidak tega atau sedih melihat anaknya mengalami seperti itu. Biasanya untuk mengakhiri penderitaan si anak, sang induk lebih memilih memakan anaknya agar anaknya tidak lagi menderita akibat kecacatan yang ada pada dirinya.

6. Induk Kucing Belum Dewasa

Kenapa Kucing Jantan Makan Anaknya Sendiri

Normalnya kucing sudah dapat hamil dan melahirkan pada usia 8-10 bulan. Nah bila kucing anda melahirkan di usia dini maka naluri keibuannya belum matang alias masih labil. Mungkin saat melahirkan ia merasa bingung.

Lalu suara bayi tersebut malah akan membangkitkan naluri berburunya muncul. Maka bukan tidak mungkin bayinya akan dimakan akibat ia belum tahu arti melindungi anak.

So sobat harus teliti saat mengawinkan kucing, lihatlah usia mereka terlebih dahulu agar tidak terjadi hal seperti itu atau jika sudah terlanjur hamil di usia dini maka saat melahirkan langsung pisahkan bayinya dari sang induk.

Baca: Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

7. Induk Kucing Kelaparan

Kucing yang baru saja melahirkan akan kehilangan tenaga dan nutrisi yang banyak. Sehingga induk kucing membutuhkan asupan makanan yang banyak. Nah, bila sobat tidak memberinya pakan, sang induk akan kelaparan dan tidak ada pilihan lain selain memakan bayinya sendiri.

8. Keselamatan Bayi Kucing

Pada dasarnya naluri seekor induk kucing jantan maupun betina melindungi anaknya. Namun jika keselamatan anaknya sudah terancam, misalnya banyak binatang predator di sekitarnya. Maka mereka lebih memilih memakan anaknya sendiri demi mengurangi jumlahnya.

Dengan demikian sang induk tidak kerepotan saat menjaga mereka dari predator. Contoh lainnya, induk kucing suka berpindah pindah tempat untuk berlindung. Jika dirasa sudah tidak ada tempat yang aman maka mereka akan mengurangi jumlah anak dengan memakan salah satu anaknya.

Baca juga: 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Itulah 8 alasan mengapa kucing jantan makan anaknya sendiri. Untuk membuktikannya sendiri silakan anda perhatikan induk kucing yang mempunyai bayi cacat atau sakit. Lalu cermati apakah bayinya akan dimakan atau tidak. Baiklah itu saja dari kami, semoga bermanfaat.

Tags:

9 responses to “8 Alasan Kenapa Kucing Jantan Makan Anaknya Sendiri”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    point nomer 2🤔 ga semua kucing ke gitu, kucing saya abis lahiran anaknya di pegang pegang gpp dan alhamdulillah sampe sekrang sehat semua 😊

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Iya Kak, saya setuju banget memang tidak semua seperti itu, termasuk kucing saya sendiri. Tapi banyak juga yang mengalami anak kucing dimakan infukind akibat sering dipegang.

      Intinya kembali ke karakter induk itu sendiri

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Iya sih ga selalu.. bayi kucing di rumah dilempar2 ke atas sama ibuku di depan induknya.. wkwkwk
      Tapi induknya santuy dan anaknya mati pas udah besar

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Pernah alami juga di makan induknya,dan sekarang tau jawabanya.

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Demi Allah..
    Aku baca artikel ini setelah kucing dewasa generasi pertama usia sekitar 3 tahun aku kunci di luar rumah krna aku liat induknya kayak manggil dia supaya makan bayinya.. dan pas lagi baca artikel ini dalem kamar, tau tau bunyi suara bayinya menjerit.. dan ternyata dia udah dibawa kucing jantan yg generasi pertama itu.. pas aku coba lepasin, ternyata darah segar mengucur dari leher anak kucingnya.. terlambat sudah.. kucoba buka rahangnya jg ga bisa, itu biasanya kalo aku sentil kupingnya makanan apapun langsung dia tinggal, tapi makanan yg satu ini dia tetap gigit walau udah aku tampol kepalanya krna ga tega liat dedeknya sendiri menjerit + darah ngalir

    Induk nya hanya diam tanpa penyesalan.. dan dari awal dia yang mancing anaknya buat makan bayinya yang baru lahir.. pas aku keluarin dari rumah, anaknya meong2 terus, dan induknya nungguin terus di balik pintu, bayinya malah ditinggal.

    Asli ini aku baru percaya setelah kejadiannya terjadi beberapa detik setelah baca artikel ini krna memang caritau apa kucing jantan makan dedek2nya yang lahir dari induknya.

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Dari sini aku makin yakin kalo artikel ini benar informasinya..

      1. Induk kucing ngasi isyarat ke anaknya yg jantan dan udah gede supaya masuk ke tempat bayinya lahir..
      2. Pas kucing jantannya mulai gigit, induknya cuma diem.
      3. Pas dipisahin, induk betina malah kayak ga terima gitu. Kucing jantannya juga maksa masuk tempat lahir bayinya.
      4. Di daerahku pas kejadian ini memang kondisinya hujan, bentar bentar gerimis, hujan lagi..
      5. Anaknya yang udah gede lainnya (beda tahun lahir) cuma ngeliatin tanpa bersuara, padahal biasanya kalo lagi dikasi makan bakal rebutan.

  4. Agus S Avatar
    Agus S

    Kemarin abis buang anak kucing 3 biji ke samping rumah deket sampah. Eh di cek keesokan udah gk ada.
    Curiga sama kucing jantan yg gede

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Setau aku kucing jantan cuma makan anaknya yg cowok…soalnya tar gede bakal jd rivalnya…

  6. Husnirinjani Avatar
    Husnirinjani

    Maaf
    Kurang ngerti dgn sejarah kuching jantan yang makan anak2 nya…
    Setelah membaca artikel ini saya baru tahu…
    Saya punya kucing betina yg melahirkan 2 bayi di musim hujan dan sebelum si jantan memakan nya satu per satu memang karna anak saya sgt suka dan prihatin dgn anak kucing hingga dari baru lahir anak saya suka mengelus elus hingga memandikan anak kucing itu ..
    Tidak lama kemudian sik jantan mulai memakan nya satu per satu..
    Melihat kejadian itu saya memukuli kucing yg jantan sampai kesakitan karna saking geram nya saya
    Sekarang saya sadar dan merasa bersalah setelah saya tau alasan SIK jantan yang makan anak2 nya…
    Terima kasih Atas penjelasannya 🙏🙏🙏

Leave a Comment