7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Cara merawat anak kucing tanpa induk- Kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer dan terkenal akan kelucuannya. Biasanya orang-orang lebih memilih memelihara kucing yang masih bayi kecil dibandingkan yang sudah dewasa. Hal itu disebabkan karena kucing yang masih kecil lebih imut dan lucu daripada kucing yang sudah dewasa.

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Namun dibalik itu semua ternyata merawat bayi kucing yang baru lahir itu tidak semudah memelihara kucing dewasa, ditambah lagi jika si kitten (kucing kecil) tersebut tidak memiliki ibunya alias tanpa induk. Entah itu ditinggal mati, dicuri orang atau sebab-sebab lainnya yang membuat anaknya terlantar. Nah, oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengulas panjang lebar tentang cara merawat anak kucing baru lahir tanpa induknya.

So, buat sobat yang sedang kebingungan karena memiliki bayi kucing yang masih kecil namun tidak ada induknya, kalian bisa belajar dari artikel kami ini. Emt baiklah langsung saja berikut langkah-langkah merawat bayi kucing baru lahir yang baik dan benar:

Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk


Yang terpenting apabila kalian memiliki anak kucing yang baru lahir namun tidak ada induknya adalah dengan memberikan perhatian khusus padanya. Jangan sampai kalian mengabaikan dan membiarkan begitu saja tanpa ada yang mengurus. Setidaknya ada 7 hal yang harus kalian perhatikan dengan baik, apa saja?

1. Menempatkan Bayi Kucing di Tempat yang Nyaman


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Bila anak kucing ditinggal oleh induknya maka otomatis dia kehilangan pelukan dari sang ibu. Sehingga sobat harus mengganti peran ibu tersebut dengan cara memberikan kandang yang nyaman. Usahakan kandang tersebut terletak di ruangan yang hangat dan suhunya tidak terlalu panas atau dingin. Selain itu kalian juga bisa memberinya selimut dari kain yang tidak terpakai di rumah, entah itu bekas selimut atau bekas pakaian bayi yang halus dan tebal.

2. Menyediakan Box Berisi Pasir untuk Kucing


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Saat kalian sudah memilih kandang yang tepat untuknya, maka cara merawat anak kucing selanjutnya adalah dengan menyediakan box pasir yang berfungsi sebagai pembuangan kotorannya. Sobat bisa membeli pasir wangi atau jenis pasir lainnya di toko hewan terdekat atau bisa juga menggunakan pasir bangunan, namun disarankan tetap membeli pasir di petshop karena lebih terjamin kebersihannya.

Memang biaya untuk pasir kucing lumayan banyak, namun teman teman bisa menghematnya dengan rajin mencuci pasir kucing setelah digunakan. Baca: Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau Mudah dan Simpel

Oh ya, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kandang anak kucing. Hal itu supaya bakteri-bakteri penyakit tidak dapat berkembang biak di dalam kandang. Yang jelas jaga selalu kucing anda jangan sampai sakit, terkhusus buat kucing persia yang mudah terserang penyakit.

3. Membersihkan Kotoran Mata Kucing


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Karena induknya tidak ada, maka setelah si anak kucing bangun tidur sobat harus membiasakan untuk membersihkan kotoran di area matanya agar kebersihannya terjaga. Pertama kalian harus menyediakan kapas dan air hangat, setelah itu celupkan kapas tersebut ke dalam air lalu usapkan pada mata kucing secara perlahan-lahan.

4. Memberi Minum Susu Khusus Anak Kucing


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Poin yang ke-4 ini merupakan poin terpenting dalam perawatan anak kucing baru lahir. Sebab bermanfaat untuk pertumbuhannya dan berfungsi sebagai pengganti air susu dari induknya.

Tapi pemberian minuman susu ini tidak boleh sembarangan, kalian harus memberikan susu yang khusus untuk hewan kucing. Jangan sampai kalian coba-coba memberi susu manusia karena susu formula untuk manusia mengandung laktosa yang dapat merusak pencernaan kucing.

Baca: Daftar Susu yang Baik untuk Kucing Kampung atau Baca: 13 Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir Beserta Gambarnya

Untuk langkah-langkahnya, pertama sediakan wadah khusus untuk minum kucing seperti botol atau yang lainnya. Kemudian larutkan susu kucing dengan air hangat dan aduk sampai larut dengan air nya. Baru setelah itu berikan susu tersebut kepada anak kucing tanpa induk.

5. Memberi Makan Kucing


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Tips merawat anak kucing tanpa induk yang kelima ini juga tidak kalah penting. Agar anak kucing cepat besar sobat harus rajin memberinya pakan kucing yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Untuk mengetahui jenis makanan kucing kampung atau kucing ras yang menyehatkan, silakan baca: daftar makanan dan minuman kucing yang sehat

6. Memahami Kebiasaan Bayi Kucing


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Pahami kebiasaan-kebiasaan kucing kalian di rumah, pahami saat si kucing mulai lapar, pahami saat si kucing ingin buang kotoran dan pahami saat si kucing sedang bosan atau ingin bermain bersama kalian. Biasanya jika terdengar suara lantang dan keras berarti dia sedang lapar dan kalau si kucing membenturkan kepalanya ke kalian berarti anak kucing tersebut ingin mengajak kalian bermain.

7. Memijat Perut Anak Kucing Baru Lahir


Cara terakhir dalam merawat anak kucing adalah dengan memijat perut kucing di bagian genital agar merangsang organ tubuhnya. Hal ini dilakukan karena induknya yang biasa menjilati tubuhnya sudah tidak ada, oleh sebab itu untuk kelangsungan hidup anak kucing yang baru lahir sobat harus menggantikan peran induknya dengan memijat-mijat secara pelan-pelan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Baca juga: 15 jenis kucing ras yang paling lucu

Nah itulah ketujuh cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induknya. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat buat sesama pecinta kucing di Indonesia khususnya buat kalian yang sedang memelihara bayi kucing di rumah. Sekian terima kasih by: pencinta anggora [DMCA protected, jika ingin copy paste sertakan sumber link artikelnya]

0 Komentar 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top