HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Daftar Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

Makanan kucing kampung- Selamat sore cat lovers, apakah kalian sedang memelihara kucing kampung? Ya, kita tahu bahwa sejak dulu sampai sekarang kucing kampung menjadi jenis kucing yang paling banyak dipelihara dan populer di Indonesia. Hal itu disebabkan karena untuk merawatnya tidak terlalu rumit sebagaimana memelihara kucing ras persia atau ras lainnya.

Untuk mencarikan makanan kucing kampung pun tergolong mudah. Malah sebenarnya dia bisa memakan apa saja yang menjadi menu makan kita di rumah, asalkan bukan yang pedas dan pahit. Tapi, jangan mentang-mentang dia doyan terus kalian memberikannya nanti justru akan membuatnya sakit. Ingat bahwa setiap jenis makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda. Jadi carilah makanan kucing sesuai kebutuhan tubuhnya. Lalu seperti apa contoh makanan untuk kucing kampung yang sehat dan agar cepat besar?

Baiklah, berikut daftar pakan kucing kampung pilihan yang bergizi tinggi dan menyehatkan:

Makanan Kucing Kampung


Ada puluhan atau bahkan ratusan jenis makanan kucing lokal yang cocok untuknya, namun kami hanya akan menyebutkan makanan-makanan yang direkomendasikan dan paling sering dipakai oleh masyarakat:

1. Daging atau Ikan Asin untuk Kucing Kampung


Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

Sejatinya kucing termasuk binatang karnivora (pemakan daging) walaupun kerap juga dipanggil omnivora (pemakan segalanya) namun hal itu tidak dibenarkan. So makanan kucing kampung yang paling cocok adalah daging, baik daging putih seperti ikan atau daging merah. Selain itu daging juga memiliki kandungan nutrisi dan protein serta lemak yang tinggi dan baik bagi pertumbuhan maupun kestabilan tubuhnya.

Bila sobat ingin kucingnya cepat besar dan gemuk, maka daging adalah solusinya. Sebagaimana yang pernah dibahas pada artikel, cara merawat kucing kampung agar cepat besar dan bulunya lebat. Langkah pertama sebelum memberikan daging ke kucing adalah diolah dulu, jangan masih mentah langsung diberikan. Karena bisa jadi ada bakteri berbahaya di dalamnya.

Kemudian setelah direbus bisa langsung dikasihkan atau boleh diracik terlebih dahulu sampai lembut. Supaya cocok untuk anak kucing baru lahir atau untuk dicampur dengan makanan lainnya.

2. Campuran Nasi, Ikan Asin atau Tempe


Makanan kucing kampung yang kedua yaitu kombinasi antara nasi, tempe (lauk) dan ikan asin. Kadang orang-orang masih banyak yang menyarankan nasi sebagai makanannya, padahal tidak semua kucing doyan nasi tanpa ada campurannya, selain itu kebanyakan nasi juga tidak bagus. Mengapa? Sebab nasi memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Sehingga dapat mengakibatkan obesitas (kegemukan).

Nah jadi sebaiknya dikombinasikan antara nasi dengan ikan atau nasi dengan tempe. Biasakan pola makan seperti ini sejak bayi. Karena kalau tidak, bisa-bisa si kucing gak doyan tempe.  

3. Makanan Khusus Kucing


Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

Jika Anda tidak ingin repot-repot meracik makanan, silahkan beli pakan khusus kucing di toko hewan terdekat. Tapi cara ini sedikit menguras kantung Anda. Mungkin bagi orang di pedesaan beranggapan, "buat apa beli pakan mahal-mahal hanya untuk kucing kampung dan bukan ras" haha kalau itu sih terserah sobat ya?! Kalau saya pribadi lebih memilih beli daripada repot-repot ngracik.

Toh di dalamnya sudah ada komposisi yang pas buat perkembangan si kucing. Jadi Insyaallah sehat-sehat saja. hihi

Minuman Kucing Kampung


Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

Minuman yang baik untuk kucing kampung ya hanya dua: air meneral dan susu. Mau bagaimana pun semua makhluk hidup pasti membutuhkan air putih agar ginjalnya tetap sehat dan fresh. So jangan sampai kucing kalian tidak diberi air putih.

Air susu juga bagus, karena kaya akan protein dan kalsium. Kedua gizi tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuhnya. Tapi sobat jangan memberinya susu sapi. Sebab susu sapi tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing kampung. Jadi kalau kamu ingin memberikan minuman untuk kucing kampung berupa susu, belilah susu khusus kucing dan direkomendasikan dari PetShop.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Nah demikianlah daftar makanan dan minuman kucing kampung. Oh ya, kalian juga bisa membuat pakannya sendiri, malah bisa mengatur gizinya dan sangat ekonomis. he he

0 Komentar Daftar Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top