HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kucing tidak mau makanSalah satu jenis masalah yang sering ditanyakan oleh para pecinta kucing baik di grup-grup facebook maupun di tempat lain adalah tentang kondisi kucing yang lemas akibat tidak nafsu makan.

Sehingga mereka khawatir dan cemas terhadap kondisi kucingnya. Jika terus-terusan menolak makan, bisa bisa si kucing sakit dan lemas. Meskipun sebenarnya kita sendiri sudah memberikan makanan kesukaannya yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Namun, kenapa kucing masih tetap tidak mau makan dan minum? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya agar kucing mau makan?

Baiklah di sini hobinatang.com akan membantu mengatasi masalah anda tersebut dengan menuliskan beberapa penyebab kucing tidak mau makan. Disertai bagaimana cara menanganinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan


Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Memang sedikit rumit untuk mengetahui penyebab kucing tidak mau makan. Karena kucing sendiri adalah hewan yang tidak bisa berbicara layaknya manusia. Tapi, menurut penelitian, kucing yang tidak doyan makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor genetik, kesehatan dan pola makan.

Dan kita sebagai ownernya, tidak boleh menyepelekan masalah ini. Sebab apabila dibiarkan akan berujung pada kematian. Dia akan kekurangan energi, gizi dan nutrisi, pada akhirnya si kucing akan sakit dan meninggal dunia. Apalagi buat kucing ras Persia yang rentan sekali dengan sakit. Harus lebih waspada.

Berikut sebab sebab kucing tidak mau makan secara detail.

1. Akibat Faktor Makanan


Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab utama kucing tidak mau makan yang sering terjadi adalah faktor makanan yang tidak bervariasi. Sehingga membuat si kucing bosan dan nafsu makannya menurun. Jika nafsu makannya menurun maka nafsu minumnya juga menurun.

Maka solusinya adalah mengganti pakan si kucing dengan yang lain, usahakan makanannya dikombinasikan dengan berbagai jenis. Jangan hanya memberi makanan kering terus atau sebaliknya. Anda bisa membeli pakan kucing di petshop. Di sana banyak variasi makanan yang bisa anda pilih untuk kucing kesayangan.

Untuk gizinya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kucing. Bila kucingnya masih kecil maka sebaiknya membeli pakan kucing yang mengandung protein tinggi agar pertumbuhan anakan kucing bagus.

Karena biasanya pabrik-pabrik makanan hewan sudah menyesuaikan kandungan gizi berdasarkan kondisi kucing. Untuk kucing hamil ada sendiri, untuk kucing menyusui juga ada sendiri. Baca: Daftar Makanan dan Minuman Sehat Kucing Kampung

2. Karena Cuaca Sehingga Kucing Tidak Mau Makan


Kucing Tidak Mau Makan

Cuaca yang dingin membuat kucing lebih suka tidur dan mojok untuk mendapat kehangatan, sehingga malas untuk berdiri mendekati makanannya. Apalagi kucing juga aktif di siang hari.

Untuk mengatasinya kalian cukup menyediakan tempat yang nyaman bila hujan turun di siang hari. Supaya ia nyaman saat menyantap makanan tanpa takut kedinginan.

3. Gangguan Pencernaan


Kadang kucing yang tidak mau makan bisa disebabkan karena ia sedang mengalami gangguan pada penceranaannya. Indikasinya adalah kucing mengalami muntah dan terlihat lesu.

Apabila cairan yang dimuntahkan berwarna kuning maka pertanda ia terkena penyakit hati, jika cairan yang dikeluarkan berwarna merah darah pertanda terkena penyakit usus dan apabila berwarna hijau tua pertanda terkena penyakit pada pankreas.

Untuk masalah ini baiknya kalian merujuk ke dokter hewan.  Biar dokter hewan bisa langsung mengecek dan mengobatinya.

4. Penyakit Mulut


Kucing Tidak Mau Makan dan Minum

Sama seperti manusia saat mulutnya bermasalah seperti sariawan. Ketika kucing terkena penyakit mulut, nafsu makannya akan menurun. Cara mengatasinya bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan dan supaya si kucing kembali doyan makan.

Baca juga: Cara Mengobati Penyakit Mulut Kucing Berlendir dan Bau

5. Anemia


Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi pada semua makhluk hidup termasuk manusia. Anemia adalah kekurangan sel darah marah, biasanya kucing yang sedang menderita anemia ia cenderung suka tidur dan malas makan.

Nah, jika kucing sobat terserang penyakit ini, solusinya adalah memaksanya untuk makan. Dengan catatan pakan yang diberikan mengandung nutrisi penambah darah supaya anemianya sembuh. Kalau upaya tersebut sudah dilakukan namun si kucing tetap saja tidak mau makan dan malah semakin rajin tidur, sebaiknya bawa ke dokter.

6. Menelan Bulu


Seperti yang sering kita lihat, kucing sangat suka sekali menjilati tubuhnya. Dari situlah sering terjadi bulu rontok dan akhirnya tertelan. Bulu yang tertelan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada tenggorokan. Hal itu membuat kucing tidak nyaman menelan makanan, hingga akhirnya si kucing malas makan.

Cara mengatasinya adalah anda harus rajin memandikan dan menjaga bulu kucing agar tidak mudah rontok dengan menggunakan shampo khusus kucing.

7. Tidak Mau Makan Akibat Stres


Stres pada kucing disebabkan 2 faktor yaitu tekanan dan lingkungan. Apabila kucing tersebut baru saja anda adopsi biasanya sulit untuk makan. Sebab ia sedang dalam proses beradaptasi pada lingkungan barunya, jadi tunggulah sampai ia terbiasa.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Adapun faktor tekanan adalah kucing tidak pernah diajak bermain, jarang dibebaskan alias dikekang terus dalam kandang. Bila ingin kucing kesayangan anda nafsu makan sebaiknya beri ia waktu untuk bermain dan berjalan jalan di luar rumah agar tidak stres. Lebih lengkapnya baca: Cara Mudah Membuat Kucing Senang dan Bahagia

8. Kucing Anda Keracunan


Kucing keracunan sering terjadi pada kucing kampung. Mengapa bisa keracunan? Sebab utama ialah karena Anda menelantarkannya. Saat anda kurang memberi makan kucing, maka dia akan kelaparan dan akhirnya ia mencari cari pakan tambahan di alam bebas atau di tempat kotor seperti kandang.

Jadi apa saja bisa dimakan. Si kucing tidak mungkin tahu apakah itu makanan sehat atau tidak. Keracunan ditandai muntah muntah, lemas dan tidak mau makan. So, sobat harus menambah porsi makan si kucing agar ia tidak sembarangan makan.

9. Kucing Sedang Hamil


Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kucing yang sedang hamil muda akan sering muntah muntah, efek meningkatnya hormon estrogen alias asam lambung naik. Dalam kondisi ingin kucing tidak nyaman untuk menelan makanan. Sobat juga harus baik dalam merawat kucing hamil.

Namun berbeda dengan kucing yang sudah hamil tua. Biasanya dia malah nafsu makannya meningkat karena janin yang dikandungnya semakin besar, sehingga butuh asupan makan lebih banyak dari biasanya.

10. Sakit Demam


Demam bukan hanya menyerang manusia. Tapi juga pada kucing. Gejala demam biasanya nafsu makan berkurang, lesu kurang aktif dan sering tidur tiduran. Jika memang penyeba kucing tidak mau makan karena demam, sebaiknya diberi vitamin dan obat nafsu makan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kucing Sakit Tidak Mau Makan

11. Faktor Genetik


Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab yang terakhir adalah faktor genetik. Faktor genetik inilah yang paling sulit mendapat penanganan. Karena memang sudah bawaan dari induknya. Jadi sobat hanya perlu memperhatikan jadwal kapan dia nafsu makan.

Itulah penyebab penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya. Semoga bisa anda pelajari di rumah dengan memperhatikan keadaan kucing anda. Baiklah itu saja dari kami, semoga artikel ini cukup membantu mengatasi masalah anda. Sekian, terimakasih.

0 Komentar 11 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top