Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Mulut kucing berlendir dan bau- Halo cat lovers, merupakan problem yang sangat serius apabila melihat kucing kita mengidap gejala penyakit pada mulutnya. Misalnya mengeluarkan lendir yang berlebihan dan beraroma tidak sedap.

Banyak pencinta kucing di Indonesia yang mengalami hal ini, buktinya tidak jarang yang bertanya di forum-forum Facebook, "Kenapa ya, kok mulut kucing saya berlendir dan mengeluarkan bau tak sedap? Bagaimana cara mengobatinya?". Seperti itu kira-kira pertanyaan mereka yang pernah kami jumpai di sebuah grup Facebook.

Untuk itulah di sini hobinatang.com mencoba membantu memecahkan permasalahan anda. Kami akan menulis beberapa penyebab mulut kucing berlendir dan berbau kemudian disertai bagaimana cara mengobatinya.

Tulisan ini dikutip dari situs luar negeri yang ditulis oleh Drh. Kevin (baca sumber di bawah).

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau


Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Ada beberapa penyebab terhadap masalah mulut kucing. Ada yang tergolong wajar dan ada pula yang tergolong parah atau bahaya.

1. Kucing Mengeluarkan Lendir Akibat Muntah


Kadangkala kucing merasa mual dan memuntahkan makanan yang tidak cocok bagi pencernaannya. Gejala ini sangat umum dialami oleh kucing. Maka untuk mengatasinya diamkan dulu selama 30 menit, apabila sebelum 30 menit kucing sudah tidak mengeluarkan air liur, tandanya gejala ini hanya gejala biasa. Yaitu muntah dan mual.

Namun apabila sudah 30 menit si kucing masih mengeluarkan banyak air liur, ini sudah masuk ke dalam masalah yang serius.

2. Indikasi Cedera pada Mulut Kucing


Mengeluarkan air liur yang berlebihan pada kucing bisa juga akibat cedera mulut. Misalnya ada tulang yang bersarang di antara gusi giginya, atau ada sariawan yang menyerang di antara sela-sela mulutnya.

Sehingga yang paling penting harus kita lakukan adalah melihat langsung ke dalam mulut apakah ada sesuatu yang membuat dia kesakitan atau tidak. Segera obati bagian yang terluka pada mulut kucing.

3. Virus Calici


Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Inilah penyakit yang harus kalian waspadai dan juga kerap dialami oleh pencinta kucing. salah satu penyebab utama kucing meneteskan air liur yang baunya tidak sedap adalah virus calici.

Virus calici merupakan virus pernafasan yang biasanya menyerang hewan kucing. Virus ini juga mampu menular kepada kucing lainnya. Sedangkan tanda-tanda kucing yang terkena virus calici adalah:
  • Mengeluarkan air liur yang berlebihan dan bau tidak sedap.
  • Kucing mendadak lemas tidak bergairah alias lesu.
  • Sering bersin dan tidak responsif.
  • Jalan pincang.
Pertama yang harus kalian lakukan apabila mendapati gejala diatas adalah memisahkan kucing yang terkena virus calici dengan kucing lainnya supaya tidak menular kemana-mana.

Selanjutnya bawalah ke dokter hewan secepat mungkin agar mendapat penanganan yang profesional. Biasanya nanti akan diberi obat antibiotik berfungsi membunuh virus virus tersebut. Pertolongan pertama mungkin sobat bisa memberi air kelapa hijau yang dapat menetralisir virus calici. Tambahkan juga vitamin kucing.

Perlu kami tegaskan, masalah ini sangat serius dan butuh penanganan dokter hewan. Jadi kalau memang Anda sayang terhadap kucingnya, jangan ragu ragu bawa ke dokter hewan untuk mendiagnosa penyebabnya lebih lanjut.

4. Kanker Mulut


Mulut Kucing Berlendir dan Bau

Gejala kanker mulut ditandai dengan keluarnya cairan yang berbau busuk. Keluar darah dari mulut yang terkena kanker serta gigi kucing mudah lepas. Jika kucing sudah terkena kanker mulut maka dia akan sulit untuk makan dan bahkan berhenti tidak mau makan lagi, hal ini disebabkan karena sakit yang ia rasakan sungguh luar biasa. Selain itu anda akan mendapatinya lebih sering tidur dan bersuara seperti kesakitan.

Penyakit jenis ini memang terbilang prognosis yang buruk, sehingga anda harus membawanya segera ke dokter hewan untuk pemeriksaan secara biopsi pada bagian kulit atau tumor mulut si kucing. Bila anda terlambat dan kucing sudah terlalu lemah, maka untuk memeriksa biopsi pada tumor atau kankernya akan lebih sulit.
Itulah empat faktor yang dapat membuat mulut kucing berlendir dan bau. Agar terhindar dari itu semua sebaiknya kucing diberi vaksin dan makanan yang bergizi. Sehingga kekebalan tubuhnya semakin kuat. Sekian (bersumber dari tulisan Dr. Kevin di situs justanswer dan medhelp)

23 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kucing Berlendir dan Bau

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Salam . Kenapa anak kucing saya baru dilahirkan 6 hari . Tapi nggak mau minum susu ibunya . Mulutnya berair terus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah di cek mulutnya kak? Karna masih bayi kadang rentan cidera rahang/mulut kucing akibat terbentur atau lainnya.

      Delete
  3. Anonymous30 November

    Kucing saya hbs pergi 2 hari pulang2 mulutnya engeluarkan air liur, warna mulutnya kotor kyk item2, dia mau minum tp ga bisa, trs dia pupnya warna kuning cair itu knp ya? Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut sedih dengan apa yang menimpa kucing mabk/mas. Semoga lain kali tidak terjadi lagi.

      Selama 2 hari kucing nya mendapatkan asupan makanan yang kurang terjamin mbak. Baik dari segi gizi maupun lainnya.

      Kemungkinan besar kucing mbak kemasukan bakteri yang membuat mulut jadi berlendir dan buang kotoran yang tidak wajar.

      Coba mbak bari vitamin agar kekebalan tubuhnya kembali baik dan seimbang.

      Bawa ke vet untuk penanganan lebih baik.

      Delete
  4. Salam..selamat siang.. Mau tanya.. Kucing saya umur 2,5 bulan..Habis perjalanan kira2 1 jam.. Ketika sampai dirumah kucing mungkin masih bingung..dikasih makan masih belum mau makan..setelah 2 jm kemudian.. Habis pup setelah saya lihat ternyata mulutnya mengeluarkan lendir.. Ini bagaimana ya..terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang juga kak. Apakah hidungnya juga mengeluarkan lendir? Sebab pada musim dingin atau musim hujan kucing mudah terkena flu atau biasa disebut dengan cat flu. Terlebih lagi jika diajak perjalanan selama 1 jam. Udara dingin juga bisa memengaruhi.

      Gejala kucing terkena flu adalah nafsu makannya kurang, hudungnya berair dan terlihat malas.

      Nah, jika memang flu, berilah vitamin C kak.

      Delete
  5. Mau tanya.. Kucing saya mulutnya berlendir tp masih mau makan lemas sedikt tapi kalo di kasih makanan langsu g lari meongnya juga aga berkurang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bingung kak, ini pertanyaannya apa?

      Kalau memang seperti itu, ada indikasi kucing sedang sakit. Apalagi sampai ada perubahan sifat, perlu di priksa kak.

      Delete
  6. Mbak kucing saya itu mengeluarkan air liur terus menerus cair dan tidak berbau ,sebelumnya kekuncian di dapur tapi anget .dan kayak g ada tenaga dan kamu makan n minum .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ditanyakan apa kak? Mohon diperjelas pertanyaannya.

      Kemungkinan lendir biasa kak. Tapi mohon diperjelas :) Makasih kak sebelumnya

      Delete
  7. kucing saya mulutnya berlendir tapi gak banyak. waktu jilati tubuhnya jadi bau. bau lendirnya seperti bau bangkai. jadi lemas tidur terus. saya paham dia sakit. yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. apakah itu berbahaya bagi saya ? karena kucingnya sering masuk kamar saya dan tidur disampig saya

    2. apakah tidak apa apa dalam masa perawatan kucing dimandikan dengan air hangat? terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, kami menaruh prihatin atas apa yang menimpa kucing Anda.

      Terkait penyakit kucing yang menular pada manusia sudah kami bahas sebelumnya. Ada ringwrom (jamur) scabies, toksoplasmosis dan lain lain. Untuk lendir kuncing memang belum ada data menularm Tapi lendir yang bau itu diakibatkan adanya penyakit/bakteri. Mungkin untuk berhati hati Anda harus memberikan tempat khusus untuk perawatan kucing yang sakit.

      Adapun untuk pernyataan kedua, kucing yang sakit sebaiknya jangan dimandikan. Kasih air gula hangat atau tambah madu dan kasih kuning telur biar tambah tenaga dan vit. Makasih (Admin)

      Delete
  8. Kucing sya berlendir mulutnya dan berbau, sblom parah masih mau mkan pupnya jga ga mencret, tp lendirnya semakin parah, bdannya lemes, sekranf ga mau mkan, kira2 tindakannya apa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas pertanyaannya. Tetkait masalah kucing anda, sudah dipastikan terkena virus. Sehingga aroma lendir tidak sedap. Silahkan pisahkan dulu dengan kucing lainnya.

      Pertolongan pertama beri air kelapa hijau, yang bisa menetralisir racun. Tapi alangkah baiknya kucing anda segera di bawa ke doter hewan. Soalnya keadaan sudah semakin parah.

      Terimakasih, semoga kucingnya lekas sembuh Kak.

      Delete
  9. Bagaimana cara meminumkan air kelapa hijau sedang kucingnya ga mau mkn sm minum mulutnya mengeluarkan air liur terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa memakai pipet kak. Cara tersebut sudah umum sekali dipakai. Semoga cepat sembuh ya mpus.. :*

      Delete
  10. Halilah15 April

    Assalamualaikum, saya ingin bertanya kucing saya bukan sahaja mengeluarkan air liur yang berbau tetapi ia juga menyebabkan kucing saya gatal2 pada bahagian mulut sehingga luka2. Adakah ini tanda penyakit virus calaci atau pom disebabkan luka didalam mulut shja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Jika dilihat dari gejalanya (liur+bau) itu disebabkan karena virus kak. Kami sarankan agar segera ditangani oleh Drh. Supaya cepat mendapat perawatan.

      Delete
  11. saya mau bertanya dong, knp ya kucing saya mukutnya mengeluarkan liur darah trs & bau sekali, jd nya kucing saya tdk mau makan sudah 6 hari.
    tolong dibantu apa penyebabnya & bagaimana cara pengobagannya krn sya kshan kucing saya jd ga makan sudah 6 hr, badan jd kurus & mulut mengeluarkan liur darah trs... mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti terkena virus kak. Melihat tanda tanda yang mas sebutkan bisa jadi terkena virus calici atau virus panleukopenia. Gejalanya ya keluar liur banyak, bau, kadang hidungnya berdarah, Diare, lemas, tidak nafsu makan. Dulu ada 2 kucing yang terkena Calici, satunya sembuh satunya lagi mati.

      Makanya kalau urusan urgen gini sebaiknya langsung diperiksa. Kalau minta solusi ke kami, saya tidak bisa banyak membantu. Paling hanya menyarankan Air Kelapa. Tau gak mba, Air kelapa itu sangat bagus khasiatnya. Bisa menghilangkan racun dan virus pada kucing.

      Pokoknya air kelapa itu lah obatnya untuk pertolongan pertama. Lebih lanjutnya silahakan ke Vet kak.

      Delete
  12. Kenapa ya mas/mbak kucing saya dah di bawa ke petshop trus sembuh dan penyakitnya kambuh lg mengeliarkan air liur dan sariawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kucing sarian dan keluar liur memang wajar Onty..

      Belikan listeryn greentea di Indom*rt kayaknya. Kemudian dioles pake cutton bud tepat bagian bibirnya. Biasanya sedikit berbusa, tapi gak papa aman Insyaallah.

      Solusi lain bisa pake obat sariawan GOM. Kalau mau lebih cepat sembuh, pergi ke dokter hewan lagi nanti biasanya diberi obat racikan dokter.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top