Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Kucing makan tikus- Kucing adalah hewan karnivora yang sumber makanan utamanya adalah daging-dagingan. Sehingga sangat wajar jika ia memakan makanan yang bernyawa. Namun kadang pemahaman ini disalah gunakan oleh sebagian orang, terutama yang gemar memelihara kucing kampung dengan niatan untuk berburu tikus di rumahnya.

Semestinya kita sebagai pencinta kucing harus bisa lebih perhatian dalam hal perawatan dan asumsi makanan yang diberikan pada kucing. Tentunya perhatian ini berlaku untuk semua jenis kucing. Entah itu kucing ras persia dan anggora atau kucing kampung yang biasa dipelihara oleh masyarakat. Maka kadang kami sedih kalau melihat ada orang yang suka memelihara kucing kampung namun dia malah malas merawatnya, sehingga si kucing pun terlantar di mana-mana dan memakan makanan yang tak jelas dari mana asalnya.

Padahal ada banyak sekali efek buruk yang bisa menimpa si kucing jika dibiarkan berkeliaran bebas di luar rumah atau kandang. Salah satu bahayanya adalah kucing makan tikus. Dan mungkin sebagian kita menganggap itu adalah hal biasa yang dilakukan kucing, namun kalian perlu tahu bahwa kucing yang memakan tikus bisa membahayakan kesehatan tubuh kita dan juga tubuh si kucing itu sendiri.

Lalu apa bahaya kucing makan tikus? Dan apa penyebabnya?

Bahaya Kucing Makan Tikus


Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Kucing yang makan tikus bisa mengakibatkan kemandulan bagi wanita. Loh, ko bisa? Asal kalian tahu sob, tikus merupakan binatang liar yang hidup di tempat-tempat jorok (kecuali tikus ternak). Sehingga sangat memungkinkan jika di dalam tubuhnya sudah dihinggapi parasit toxoplasma gondii. Sedangkan parasit toxoplasma adalah virus yang dapat menyebabkan kemandulan bagi si wanita. Ingat, kalau sudah mandul susah ngobatinnya loh. hi hi

Selain itu, tikus juga memiliki virus takson yang dapat membahayakan pada wanita hamil baik untuk bayinya maupun ibunya. Nah kalau tikus dimakan kucing maka otomatis virus tersebut akan masuk ke dalam tubuhnya dan menyebar melalui pernafasan, kotoran dan pupnya si kucing. Jadi buat para ibu hamil harus berhati-hati dengan kucing kampung liar. Jaga jarak dan jangan menyentuh kotoran dan menghirup nafasnya.

Intinya tidak boleh kucing makan tikus, apalagi tikus besar (got) karena nanti malah kucingnya yang dimakan olehnya :v. Mau bagaimana pun tikus tetap tikus, dia tinggal di empang, comberan dan tempat menjijikkan lainnya. Dan pastinya banyak bakteri dan virus yang berkeliaran di tubuhnya.

Adapun dampak bagi si kucing sendiri tergantung pada jenis kucingnya. Biasanya kalau kucing kampung lebih kuat dibandingkan kucing ras, namun banyak juga kucing kampung yang keracunan akibat makan tikus. Waw kucing kampung yang super kuat aja bisa keracunan apa lagi kucing ras kaya persia?? Pokoknya jangan coba-coba deh. hihi bisa-bisa mati di tempat.

Lalu apa saja sebab kucing makan tikus?

Penyebab Kucing Makan Tikus


Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

1. Kurang Perawatan dan Perhatian


Kurang perawatan dan perhatian merupakan alasan utama mengapa kucing makan tikus. Umumnya, kasus ini terjadi pada orang-orang yang sudah bosan dan malas memelihara kucing (penghobi musiman). Mereka membiarkan si empus berkeliaran di mana-mana tanpa adanya perhatian khusus. Atau malah kadang di buang ke pasar-pasar atau di tengah jalan.

Jadi berfikirlah sebelum memelihara kucing, kenali risikonya biar tidak menyesal. Dan jika di antara sobat ada yang bosan, sebaiknya diberikan atau diadopsikan kepada sesama cat lovers terpercaya. Karena lebih baik diadopsikan daripada ditelantarkan.

2. Kucing Kelaparan


Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Untuk bertahan hidup kucing membutuhkan makanan. Sebab makanan adalah sumber energi untuk beraktifitas, so cara mengatasinya adalah dengan tidak membiarkan kucing kelaparan. Biar dia tidak mencari makanan lainnya di luar rumah.

3. Kebiasaan Dari Kecil


Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Sebab terakhir kucing makan binatang mamalia tikus adalah karena kebiasaan dan memang sejak lahir (anakan) sudah ditanamkan untuk memburu tikus. Kejadian ini kerap kita temui di kampung-kampung. Mereka memelihara kucing memang berniat memberantas tikus-tikus yang ada di dapurnya tanpa memperhatikan bahayanya. Saya jadi punya ide, "Bagaimana kalau kantor DPR dan semisalnya dikasih kucing kampung? Biar memberantas para tikus-tikus berdasi. hihi".

Baca juga: Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk Bulunya Lebat

Yups itu saja sharing dari kami tentang bahaya dan penyebab kucing makan tikus, semoga dengan ini sobat bisa lebih perhatian lagi dalam masalah makanan dan pengawasan. Bebas copy paste tapi wajib menyertakan sumber. (DMCA protected)

0 Komentar Bahaya dan Penyebab Kucing Makan Tikus

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top