HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

13 Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir Beserta Gambarnya

Susu untuk anak kucing baru lahir- Apabila kucing kita melahirkan tentu sangat menggembirakan. Hari hari terasa spesial, karena kita akan mempunyai teman baru yang sangat lucu dan menggemaskan. Namun, di samping itu kita juga mulai berpikir untuk merawatnya dengan baik. Supaya bayi kucing yang baru lahir tersebut dapat tumbuh dengan sehat dan cepat besar.

Baca juga: 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Adapun langkah awal dalam merawat anak kucing yang baru lahir biasanya adalah memperhatikan jenis susu yang dia minum. Nah yang jadi pertanyaannya kira-kira susu apa yang sesuai untuk anak kucing baru lahir? atau Anak kucing baru lahir bagusnya minum susu apa?

Untuk itu di sini hobinatang.com akan sharing wawasan mengenai jenis susu untuk anak kucing baru lahir. Supaya bisa dijadikan bahan referensi oleh teman-teman dalam memelihara bayi kucing yang masih kecil atau baru lahir.

Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir


Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir

Pemberian susu untuk anak kucing baru lahir menjadi bahan pertimbangan banyak orang. Meskipun sudah banyak merek-merek susu khusus kucing yang dijual di pet shop maupun di toko online, namun tetap saja kalian harus cermat dalam mencari jenis susu yang sesuai dan cocok untuk pertumbuhan bayi kucing.

Di bawah ini kami urutkan jenis susu yang paling sesuai untuk bayi kucing yang baru lahir:

1. Susu dari Induk Kucing


Susu untuk Anak Kucing Baru Lahir

Susu paling bagus untuk anak kucing yang baru lahir adalah ASI atau air susu induk kucing. Karena di dalamnya terkandung nilai gizi yang sangat baik dan optimal bagi pertumbuhannya. Pada susu pertama yang diterima anak kucing (kolostrum) berperan untuk mentransfer antibodi.

Sehingga bagus buat kekebalan tubuh anak anak kucing. Begitu kolostrumnya sudah habis, masih ada protein dan lemak yang terkandung pada ASI kucing. Lemak berguna menopang tumbuh kembang sistem saraf bayi kucing. Dan protein berfungsi untuk mempercepat pertumbuhannya.

Dan umumnya induk kucing akan menyusui bayinya maksimal 6 bulan, dan minimal 3 bulan. Akan tetapi terkadang ada beberapa faktor yang membuat induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Misalnya karena ibunya sakit sehingga tidak keluar susunya, karena bayinya bau tangan manusia, atau karena ditinggal mati sang induk.

Kondisi seperti itu tidak boleh dibiarkan. Nanti bisa berdampak kematian karena si bayi kucing tidak mendapat asupan susu. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

Kalian bisa mencarikan induk kucing lainnya yang sedang memproduksi ASI. Tapi biasanya tidak semua induk kucing mau menyusui lantaran bukan anaknya sendiri. Sehingga teman teman harus mencari alternatif lain. Carikan jenis susu formula buatan manusia yang bagus untuk anak kucing. Silahkan simak poin poin di bawah terkait merek susu khusus anak kucing.

Baca: Cara Ampuh Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

2. Whiskas Milk For Cats


Susu untuk Anak Kucing Baru Lahir yang Sesuai

Merek dagang whiskas bukan hanya terkenal dengan produk makanan kucing. Namun juga dipakai sebagai merek susu kucing yang terbaik dan bisa dijadikan pengganti susu alami buat anak kucing. Whiskas mengandung gizi dan nutrisi yang sangat bagus untuk membantu pertumbuhan si kitten. Susu tersebut dibuat rendah laktosa, kaya protein, serat dan kalsium. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi akan khasiat dan kualitasnya.

3. Susu Bayi Kucing Growssy


Susu untuk Anak Kucing Baru Lahir yang cocok

Susu kucing formula merek growssy juga cukup terkenal sekali. Di dalamnya mengandung banyak kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan tulang anak kucing sehingga tidak mudah keropos kelak ketika sudah besar. Selain buat bayi kucing, Growssy juga boleh diberikan pada kucing dewasa.

4. KMR Powder Susu Kucing


Susu untuk Anak Kucing yang Baru Lahir

Berbeda dengan susu manusia yang banyak laktosa. Jenis susu kucing merek KMR Powder ini sama sekali tidak mengandung laktosa. Jadi sangat bagus buat kucing kecil baru lahir. Bahkan susu tersebut memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik. Cocok untuk semua jenis kucing entah kucing kampung maupun kucing ras seperti Persia, Anggora atau jenis lainnya.

5. Top Growth Kitten Milk


Susu Anak Kucing Baru Lahir

Brand susu top growth ini dibuat khusus untuk bayi kucing yang tidak disusui induknya. Di dalamnya terkandung nutrisi yang baik sebagai pengganti air susu induk kucing. Selain itu top growth juga terdapat formula khusus yang menghasilkan anti bodi supaya anak anak kucing tidak mudah sakit. So, anda bisa membeli di toko online atau petshop terdekat dengan harga yang terjangkau.

6. Susu Beaphar Lactol Kitty Milk


Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir

Susu ini berbentuk bubuk alias bukan cair. Jadi sebelum memberikan pada bayi kucing harus dilarutkan terlebih dahulu menggunakan air hangat. Beaphar Lactol direkomendasikan khusus untuk bayi kucing yang baru lahir sebagai pengganti asi.

Di dalamnya mengandung banyak nutrisi, vitamin dan protein yang dibutuhkan bayi kucing agar tumbuh sehat, kuat dan tetap bisa bertahan hidup.

7. Hartz Precision Nutrition Milk


Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir

Nama susu yang cukup sulit diucapkan ini ternyata mampu menjadi pengganti asi bagi anak kucing yang baru lahir. Jika susu sapi biasa tidak mengandung protein dan lemak yang cocok untuk kucing, maka untuk hartz precision nutrition sendiri memiliki kandungan protein dan lemak yang sesuai dengan kebutuhan kucing anakan.

Baca juga: Susu Buat Kucing Kampung yang Paling Bagus

Lalu terdapat pula kandungan kalsium yang mampu menguatkan tulang bayi kucing. Kandungan asam linoleic bermanfaat untuk kulit dan bulu kucing agar tetap sehat. Kandungan vitamin untuk pertumbuhan si kitten dengan sempurna.

8. Susu Dr. Clauder's Cat Milk Powder


Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir

Semua jenis dan semua usia kucing bisa meminum susu clauder's cat milk. Mulai dari bayi kucing, induk kucing yang sedang menyusui, kucing dewasa, tua maupun yang sedang sakit. Bahan dasar susu tersebut juga dibuat secara optimal sehingga mampu dicerna dengan baik oleh si kucing.

9. Cattyman Milk Low Fat Susu Bayi Kucing


Susu yang Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir

Susu kucing rendah lemak ini hanya cocok diberikan pada anak kucing usia 1 tahun ke atas. Sebaiknya jangan dikasihkan pada bayi kucing. Sama seperti merek merek di atas, juga mengandung gizi yang sudah disesuaikan untuk pertumbuhan anak kucing.

10. Nutri-Vet Replacement Powder For Kitten


Susu yang Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir

Susu yang sesuai buat anak kucing baru lahir selanjutnya adalah nutri-vet. Kandungan susu tersebut sama seperti yang ada pada susu Dr. Clauder's yakni berupa susu bubuk yang cocok untuk segala usia. Namun, susu ini lebih ditujukan untuk bayi kucing. Meski begitu anda juga boleh memberikannya pada induk kucing yang sedang menyusui supaya asinya memiliki suplemen yang baik untuk pertumbuhan bayinya.

11. Royal Canin Sangat Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir


Susu yang Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir

Bagi pecinta kucing pasti tidak asing lagi dengan merk susu yang satu ini, Royal canin dikemas khusus untuk bayi kucing. Tapi tidak masalah bila diberikan pada kucing dewasa maupun yang sudah tua. Iklan susu royal canin sendiri sudah tersebar luas di mana mana, khususnya sosial media. Jadi memudahkan teman teman dalam membelinya.

12. Perci-Lac Susu Bayi Kucing


Susu yang Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir

Produk susu dengan merek perci-lac ini memang agak sulit didapat di petshop. Sebab harganya tak semurah dibandingkan dengan harga susu lainnya. Biasanya yang menjual susu khusus bayi kucing merek Perci-Lac ini adalah para dokter hewan.

13. Susu Manusia untuk Kucing


Susu yang Cocok untuk Anak Kucing Baru Lahir

Poin terakhir ini cukup kontroversial. Banyak perdebatan mengenai apakah susu manusia bisa dijadikan susu pengganti anak kucing baru lahir. Karena sistem pencernaan yang ada pada kucing tidak sama seperti manusia. Laktosa pada susu manusia sangat tidak baik bagi sistem pencernaan kucing. Dapat menyebabkan diare menceret.

Tapi yang jadi masalah, tidak semua orang mampu membeli susu khusus untuk hewan kucing. Jadi mau tidak mau harus memakai susu manusia. Dan kebetulan saya sendiri sudah pernah membahas "Susu Manusia yang Cocok untuk Kucing" di situs hobinatang.com ini. Silahkan baca baca sampai puas.

Adapun cara pemberian susu untuk kucing baru lahir bisa memakai botol dot bayi. Sambil digendong lalu disodorkan ke mulutnya agar diminum.

Akhirnya usai sudah tema kita hari ini. Dari ke-13 merek susu di atas, sebenarnya masih banyak lagi merek merek yang lainnya, yang di dalamnya juga mengandung banyak protein, lemak dan kalsium yang sesuai untuk bayi kucing. Seperti Susu Gim Cat, Cleo, Bengy Yewmy, susu Just Born Highly Digestible Milk Replacer, susu Vitakraft, Green Dairy Goat's Milk, susu Min-Mon Milk, Vita Milk, Kitty's Milk, My Kitt, My Meoww dan susu Phussy.

Semua merek susu di atas bisa diberikan pada bayi kucing hingga kucing dewasa. Hanya ada beberapa merek susu yang memang dikhususkan untuk bayi kucing. Baiklah sekian saja dari kami tentang jenis susu yang sesuai untuk anak kucing baru lahir. Salam cat lovers Indonesia

12 Komentar 13 Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir Beserta Gambarnya

  1. aku punya kucing yg umurnya bru ngitung mingguan.
    trus aku kasih minum susu sgm anandan 0-6 bulan.
    trus ni kucingku pup wrnanya kecoklatan,kuvingku sehat ataw tidak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama tidak mencret, pup nya tidak cair banget. Tidak papa kak. Perhatikan karakter dan sifatnya, apakah lemas atau tidak.

      Delete
  2. Apakah susu min mon boleh untuk kucing baru lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget kak. Silahkan pakain min mon gak papa.

      Delete
  3. Mau nnya kak awalnya saya kasih susu kucing ga tau merek nya apa saya lupa saya bli di petshop saya nyari susu merek growsy tp ga ada jd saya bli yg ada trus skrg saya tau klo di dokter hewan menjual susu growsy saya mau gnti susu itu apakah boleh kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Kak asal kucingnya doyan dan cocok. Bahkan kalau efeknya tanbah bagus dilanjutkan saja. Misalnya bulunya tambah sehat, pupnya bagus dan lain sebagainya.

      Delete
  4. Miki,kucing yang sangat aku sayang.aku rindu dia. dia udah meninggal,meninggalnya di pangkuan ku,pas dia lagi sekarat dia liatin wajah ku sambil ngeong(suaranya uda serak banget) aku gendong,aku tinggikan kepalanya,aku bacain ayat kursi aku tiupin ke wajahnya,biar dia ga sakit pas sakaratul maut(wallahu a'lam) aku bacain nya sambil nangis terisak2,air mata ku jatuh kelantai,ingus ku sampai meler2,intinya aku sedihhhhhhh.
    tapi aku baca satu artikel,bahwa hewan yang suda meninggal akan memiliki kehidupannya sendiri yang lebih bahagia dan lebih menyenangkan, kalau Allah mengizinkan,di akhirat nanti kita akan di pertemukan dengan hewan yang selama hidup didunia bersama kita melakukan kebaikan (wallahu a'lam)
    AKU RINDU MIKI :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian Miki :'( jadi ikut sedih, tapi tenang Kak kalau sudah di surga semuanya bisa. Amiin

      Delete
  5. Makasih atas infonya gan

    Saya mau nanya, udah terlanjur ngasih susu Frisian flag nah gejala diarenya setelah berapa kali pemakaian??

    Saya baru dua kali kasih anak kucing saya susu Frisian flag untuk anak umur 1-3 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum terjadi/belum muncul effect sebaiknya segera dihentikan. Terimakasih Kak sudah mau nanya

      Delete
  6. Bagai mna kalau kucing di kasi minum susu kaleng biasa apa kah bolh?
    Jika baby kucing masih berumur 9 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan Kak, bahaya karena mengandung laktosa yang bisa mengakibatkan mencret dan diare. Tapi ada beberapa susu manusia yang cocok buat kucing bisa kalian baca di Artikel kami sebelumnya.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top