HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya AMPUH

Agar induk kucing mau menyusui anaknya- Umumnya dari mulai proses melahirkan sampai merawat anak anaknya, induk kucing tidak membutuhkan bantuan dari manusia. Kecuali hanya memberi makan yang bergizi dan tempat yang layak pada induk kucing. Sisanya biarkan induk yang bertanggung jawab dalam merawat anak anaknya yang baru lahir sampai tumbuh dewasa dengan sehat. Salah satu perawatannya adalah menyusui anaknya 2-3 bulan.

Akan tetapi kadang kebiasaan di atas tidak berjalan sesuai fitrahnya. Sering terjadi kasus induk kucing tidak mau menyusui anaknya yang masih kecil, padahal belum saatnya disapih. Dan yang semacam ini bukan hanya terjadi satu sampai dua kali saja. Melainkan sudah banyak hobiis yang mengalaminya. Malah ada yang sampai anaknya mati gara gara tidak mendapat penanganan yang baik setelah si induk menolak menyusuinya.

Apabila hal itu sampai terjadi, maka amat disayangkan. Sebab sebenarnya kita masih bisa mencari solusi agar induk kucing mau menyusui anaknya kembali. Atau minimal jika memang induk kucing tidak mau menyusui anaknya, teman teman masih bisa memberikan susu alternatif atau pengganti bagi ASI kucing.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini hobinatang.com akan membagikan informasi penting mengenai cara mengatasi induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya. Disertai penyebab-penyebab mengapa induk kucing menolak menyusui bayinya yang baru lahir. Ok, simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya dan Cara Agar Kucing Mau Menyusui Anaknya


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Agar induk kucing mau menyusui anaknya, kita harus mengenali dahulu sebab-sebabnya. Karena setiap penyebab terdapat penanganan yang berbeda. Berdasarkan riset yang sudah kami amati dari berbagai sumber, ada dua faktor penyebab mengapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Pertama karena anaknya yang bermasalah atau induknya sendiri yang bermasalah.

1. Anak Kucing Bau Tangan


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Inilah penyebab yang sering terjadi pada teman-teman pecinta kucing. Banyak yang belum tau kalau menyentuh bayi kucing bisa menimbulkan masalah besar. Yakni tidak disusui oleh induknya.

Ketahuilah bahwa anak kucing yang baru lahir dan sering dipegang oleh tangan manusia bisa membuat induknya lupa terhadap anaknya. Alias tidak mengenali anaknya sendiri. Sebab kucing akan mengenali sejenisnya dengan menandai baunya, jadi apabila induk kucing mencium bau yang berbeda dari anak tersebut, otomatis dia akan menolak menyusuinya.

Tapi sebenarnya bukan karena dipegang saja, ada faktor lain yang membuat bau anak kucing berbeda. Contohnya seperti kucing tercemplung atau masuk ke dalam comberan. Kucing tersemprot minyak wangi atau hal-hal lainnya yang bisa membuat bau anak kucing itu berubah.

Solusinya teman-teman harus mencari cara bagaimana supaya anak kucing kembali dikenali oleh induknya. Yang biasa dilakukan oleh teman-teman komunitas adalah mengambil kain basah lalu diusapkan pada bagian belakang induk kucing (area pant*t kucing, pent). Setelah itu otomatis kain tersebut akan tercium bau tidak enak yang berasal dari induk kucing. Nah kemudian teman-teman oleskan kain bekas tadi ke anak kucing.

Banyak yang sudah mencoba cara ini dan alhamdulillah berhasil. Namun apabila tidak berhasil, silakan coba dengan cara yang lebih ekstrem. Yaitu mengoleskan bau air kencing induk kucing kepada anaknya. Atau menidurkan anak kucing di tempat tidur induknya. Silahkan anda eksperimen sendiri dan silahkan amati mana yang lebih efektif.

2. Anak Kucing Sakit dan Induknya Takut Menular ke Anak Lainnya


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Faktor lain bisa disebabkan karena anak kucing sedang sakit. Insting makhluk hidup itu sangat kuat. Begitu juga dengan kucing, terkadang kita menjumpai kasus di mana sang Induk menolak menyusui anaknya yang satu, namun mau menyusui anak anaknya yang lain. Itulah yang disebut dengan insting.

Sang induk dapat mengetahui dengan baik kondisi masing-masing anaknya. Saat anaknya sedang sakit, dia pun memilih menolak menyusui demi kabaikan anak anaknya yang lain. Agar penyakitnya tidak menular pada yang lain. Kalau keadaannya seperti ini maka cara mengatasinya harus segera dibawa ke dokter hewan. Jika tidak mau kalian harus memberikan susu pengganti buat anak kucing yang sedang sakit.

Baca: 13 Susu yang Sesuai untuk Anak Kucing Baru Lahir Beserta Gambarnya

3. Anak Kucing Mengidap Masalah Genetik


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Pada poin ketiga ini yang bermasalah Masih pada anaknya. Saat induk kucing berharap anaknya lahir dengan normal dan sehat, tapi yang terjadi malah lahir dalam keadaan kelainan genetik. Maka sang induk bisa meninggalkannya dan membiarkannya mati. Walau begitu saya rasa kasus ini jarang terjadi.

4. Anak Kucing Mengalami Masalah Penciuman dan Penglihatan


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Penciuman dan penglihatan yang tidak normal akan mengganggu proses menyusui. Secara dzahir ia akan kesulitan mencari dan menemukan puting susu induknya. Oleh sebab itu sang induk akan langsung meninggalkannya tanpa mempedulikannya. Cara mengatasinya hanya satu yaitu memberikan susu pengganti.

5. Induk Kucing Sakit Menderita Mastitis


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Untuk poin ini yang bermasalah adalah induknya. Yaitu induk kucing menderita penyakit mastitis. Mastitis adalah salah penyakit yang menyerang kelenjar susu dan mengakibatkan puting bengkak, keras dan sakit bila disentuh.

Sehingga induk kucing tidak mau lagi menyusui anak-anaknya karena rasa sakit bila disedot susunya. Agar induk kucing mau menyusui lagi, silahkan ambil air hangat dan kain. Lalu kompres bagian putingnya agar kembali normal.

Banyak faktor mengapa induk terkena mastitis. Salah satunya karena tercakar bayinya hingga terluka dibagian tertentu di area puting. Kalau sudah bengkak biasanya induk kucing sering menjilati area payudaranya yang bengkak.

6. Induk Kucing Melahirkan Banyak Anak


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Anak yang terlalu banyak tanpa diimbangi produksi susu yang banyak pula. Akan berdampak pada psikologi induk kucing. Dia akan menolak menyusui sebagian anak-anaknya. Mungkin Sang Induk juga memikirkan kesehatan dirinya sendiri. Makanya dia enggan menyusui anaknya. Cara mengatasinya kalian harus mengambil beberapa anak lalu disusui dengan susu pengganti.

7. Induk Kucing Masih Sangat Muda


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Apabila induk kucing melahirkan anaknya pada usia yang belum matang akan mengganggu mental kucing. Idealnya mengawinkan kucing betina itu jika sudah mencapai 1 tahunan. Namun apabila di bawah usia tersebut sudah dikawinkan, dampaknya akan terlihat ketika setelah melahirkan. Sang Induk akan meninggalkan anak-anaknya dengan alasan belum siap.

Perlu kalian ketahui, melahirkan dan menyusui bukanlah perkara yang mudah. Untuk hewan seperti kucing dia akan merasakan tekanan yang sangat besar. Apalagi kalau mentalnya belum siap, dia bisa trauma dan menolak menyusui anak-anak. Silahkan carikan induk lainnya untuk menyusui bayinya yang ditolak ibunya.

8. Induk Kucing Tidak Mendapat Gizi yang Bagus


Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Induk kucing yang sedang menyusui anaknya membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang bagus dan cukup. Apabila sang induk kelaparan, otomatis dia tidak akan siap menyusui anak-anaknya sampai nutrisinya terpenuhi. Oleh sebab itu perhatikan asupan makanan pada induk kucing yang menyusui.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

Demikianlah penjelasan lengkap terkait penyebab-penyebab kucing tidak mau menyusui anaknya disertai cara agar induk kucing mau menyusui anaknya kembali. Semoga tulisan yang panjang lebar ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang mengalami masalah pada kucingnya di rumah. Artikel ini berlaku untuk semua jenis kucing baik kucing kampung kucing dia maupun kucing ras seperti Persia atau Anggora.

0 Komentar Cara Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya AMPUH

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top