HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Tanda Tanda Kucing Hamil Yang Paling Menonjol

Tanda kucing hamil- kehamilan pada kucing merupakan momen yang paling ditunggu tunggu dan didambakan oleh setiap pencinta kucing. Apalagi jika jenis kucing yang ia pelihara adalah jenis kucing ras Persia, Anggora atau lainnya. Mungkin jika sudah hamil, rasanya tak sabar menunggu kelahiran bayi bayi yang mungil dan lucu. hehe

Namun sebaliknya kalian jangan memikirkan kelahiran bayi kucing dulu, sebelum kalian memastikan kalau kucing anda sudah hamil. Bagaimana cara mengetahui tanda tanda kucing yang sedang hamil?

Mengetahui ciri-ciri kucing hamil sebenarnya sangatlah mudah. Untuk mendeteksi kucing hamil, kalian tidak harus membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan USG. Anda cukup mendeteksinya sendiri secara manual di rumah dengan memperhatikan aktifitas, emosional dan perubahan fisik pada kucing.

Untuk itu disini hobinatang.com akan menerangkan secara detil terkait tanda-tanda kucing hamil. Supaya kalian bisa langsung mempersiapkan segala sesuatu yang perlu dipersiapkan dalam merawat kucing hamil. Misalnya, menjaga asupan makanannya agar induk dan bayinya tetap sehat.

Baca: Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

Tanda Tanda Kucing Hamil



Di mana mana yang namanya kehamilan identik dengan perut yang membesar. Namun buat kucing sendiri perut besar tidak melulu menandakan dia sedang hamil. Mengapa? Karena perut yang membesar pada kucing juga bisa terjadi karena adanya penyakit. Jadi, sobat  harus jeli dan pandai pandai mendeteksi apakah si induk kucing hamil atau tidak. Baiklah biar tidak bingung, simak tanda kucing hamil berikut ini:

1. Kucing Sering Muntah


Ciri-ciri kucing hamil yang pertama adalah mengalami muntah muntah pada fase awal kehamilan. Namun hal itu tidak terjadi pada semua kucing. Ada baiknya anda periksakan ke dokter apabila kucing anda muntah muntah, agar diketahui sejak dini apakah ia sakit atau hamil.

Sebab banyak juga penyakit penyakit pada kucing yang gejala awalnya adalah muntah-muntah. Jadi sobat juga perlu waspada akan hal ini.

2. Bulu Kucing Rontok


Kucing yang sedang hamil akan mengalami peningkatan hormon kulit yang menyebabkan kulit berminyak sehingga bulu mereka akan mudah rontok dan akan menipis seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi anda jangan khawatir karena kerontokan bulu pada kucing yang sedang hamil tidak akan lama, mungkin sekitar 1-2 minggu saja. Jadi sobat hanya perlu menjaga saja dengan memberikan shampo khusus untuk menjaga kerontokan bulu yang berlebih.

3. Siklus Birahi Menurun



Tanda kehamilan pada kucing yang berikutnya adalah siklus birahi menurun. Birahi (rasa ingin kawin) pada kucing terjadi kurang lebih 2-3 bulan sekali. Dan hanya berlangsung selama 3-7 hari saja.

Apabila sudah masuk waktu birahi, namun mereka tidak birahi juga alias tidak ingin kawin, maka waspadalah. Kemungkinan kucing anda sedang hamil. Sehingga mood untuk kawin tidak ada, sebab adanya janin di dalam perut si kucing.

4. Perut Membesar 



Poin keempat ini merupakan tanda yang paling menonjol dari kucing hamil. Biasanya perut yang sudah membesar pertanda si kucing sudah hamil tua dan mendekati kelahiran. Jadi, sobat harus segera menyiapkan segala kebutuhan si kucing dan tetap menjaganya untuk menghindari kematian dini pada bayi kucing.

5. Manja dan Lembut



Kucing yang sedang hamil akan mengalami perubahan tingkah laku atau karakter. Ia akan mencari perhatian lebih dari majikannya. Sikapnya jadi kalem, manja dan lembut. Bila fase kehamilan sudah tua atau mendekati lahiran, biasanya si kucing akan menjadi gelisah dan suka menyendiri di tempat yang tertutup dan hangat. Karena mempersiapkan diri untuk melahirkan.

6. Kucing Sering Tidur



Apabila karakter asli kucing anda suka bermain, sangat dan sering jalan jalan, namun tiba tiba saja ia banyak tidurnya dan itu di luar kebiasaan sehari hari. Maka kemungkinan si kucing hamil. Tapi bisa juga karena sakit. Jadi biar lebih mantap, sobat harus memeriksanya lebih lanjut ke dokter hewan untuk memastikan kucing anda hamil atau sakit.

7. Kucing yang Hamil Lebih Sensitif


Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa tanda kucing hamil cenderung mencari perhatian dan mendekati majikannya setiap saat. Sehingga ia tidak mau bermain dengan kucing lainnya, alias sangat sensitif.

Ia hanya menginginkan majikannya saja yang mendekati. Hal itu seolah olah induk kucing sedang melindungi bayi yang dikandungnya.

8. Perubahan Pada Puting Susu



Perubahan fisik yang terjadi pada kucing betina juga menjadi salah satu tanda kehamilan kucing. Yaitu membesarnya puting susu si kucing, hal itu terjadi ketika usia janin sudah mendekati kelahiran. Dan si induk siap menyusui, maka dari itu puting susunya membesar dan warnanya berubah menjadi pink kemerahan.

9. Keluar Air Susu


Tanda kucing hamil selanjutnya adalah keluarnya air susu. Tanda ini merupakan akhir dari fase kehamilan. Kucing yang 2-3 minggu lagi akan melahirkan, bisanya air susunya sudah mulai keluar dan siap diberikan untuk bayinya. Cara mengetahui sudah ada air susu apa belum, anda cukup menekan putingnya dengan lembut.

10. Bentuk Punggung


Bentuk punggung yang melengkung ke atas bisa menjadi pertanda sedang hamil. Bahkan perubahan bentuk punggung tersebut terjadi saat si kucing sudah hamil tua. Mengapa bisa melengkung? Karena perutnya semakin membesar, sehingga menekan punggungnya ke atas.

11. Perubahan Tingkah Laku Kucing


Kucing yang tidak hamil biasanya bersikap aktif, suka bermain dan mengeong ngeong pertanda ingin kawin. Tapi, jika kucing anda tiba tiba jarang mengeong ngeong, berdiam diri, tidur terus maka bisa dipastikan ia sedang hamil.

12. Nafsu Makan Kucing Meningkat Saat Hamil Agak Tua



Tanda kucing hamil yang terakhir adalah perubahan nafsu makan. Meskipun poin ini tidak sepenuhnya benar, karena sejatinya masalah nafsu makan tergantung pada karakter kucing masing-masing. Ada yang hamil muda nafsu makannya berkurang namun saat hamil tua nafsu makannya meningkat.

Ada pula yang saat hamil muda nafsu makannya meningkat namun ketika hamil tua nafsu makannya menurun. Yang pasti hukumnya sama dengan manusia. Yaitu saat hamil membutuhkan energi dan nutrisi yang banyak untuk perkembangan bayinya.

Begitu juga dengan kucing yang sedang hamil, ia akan mengalami nafsu makan yang semakin meningkat untuk dirinya sendiri dan bayi yang dikandungnya. Sebab itulah, sobat harus memberikan porsi makan yang bernutrisi dan bergizi tinggi untuk induk kucing.

Baca juga: Tanda Tanda Kucing Mau Melahirkan Anaknya

Baiklah setidaknya ada 12 tanda tanda kucing hamil yang dapat kami catat di sini. Silakan anda praktekan di rumah untuk melihat dan memastikan kucing kesayangan anda sedang hamil atau tidak pasca perkawinan.

0 Komentar Tanda Tanda Kucing Hamil Yang Paling Menonjol

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top