HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Tanda Tanda Kucing Mau Melahirkan Anaknya

Tanda tanda kucing melahirkan- Seperti yang sudah kita ketahui kucing merupakan hewan mamalia yang sangat lucu dan menggemaskan. Bagi setiap pecinta kucing tentu sangat mendambakan apabila kucing kesayangannya hamil. Sehingga tidak lama lagi akan memiliki bayi bayi kucing baru yang mungil di rumahnya.

Namun, untuk memiliki anak kucing yang lucu. Kalian harus melewati masa-masa spesial. Seperti masa perkawinan, kehamilan dan kelahiran. Setelah masa perkawinan usai, kalian tinggal menunggu masa kehamilan. Sedangkan masa kehamilan kucing sendiri berdurasi 2 bulan.

Baca: Tanda-Tanda Kucing Hamil yang Paling Menonjol

Kemudian apabila masa hamil sudah berada di penghujung, maka tinggal memasuki fase melahirkan. Dan pada dasarnya setiap kucing yang akan melahirkan pasti memiliki ciri ciri khusus yang dapat ditebak oleh kita.

Tapi meskipun kalian bisa mengetahui tanda-tanda kucing ingin melahirkan, sebaiknya tidak mengganggu proses kelahirannya. Karena umumnya kucing melahirkan tidak membutuhkan bantuan siapapun, malah justru kehadiran manusia akan mengganggu proses kelahiran.

Kecuali ada sebagian kucing yang memang memerlukan bantuan manusia saat proses kelahirannya. Biasanya keadaan ini terjadi akibat beberapa kendala. Lebih jelasnya baca, Cara Menangani Kucing Akan Melahirkan.

Lalu apa saja tanda-tanda kucing mau melahirkan?

Tanda Tanda Kucing Akan Melahirkan


Tanda Tanda Kucing Mau Melahirkan

Mengetahui tanda kucing melahirkan sangatlah penting. Supaya sebelum kucing melahirkan kita dapat mempersiapkan segala keperluannya. Berikut ini 10 ciri-ciri kucing yang ingin melahirkan:

1. Kucing Betina Sering Tidur


Inilah ciri-ciri pertama anak kucing mau lahir. Kucing yang sedang hamil tua akan tidur sepanjang hari hingga 20 jam lebih. Hal ini ia lakukan karena sedang mempersiapkan stamina dan energi fisiknya untuk melahirkan. Anda tidak perlu khawatir menghadapi situasi tersebut.

2. Kucing Ingin Melahirkan Selalu Mengeong


Tanda Tanda Kucing Akan Melahirkan

Tanda yang kedua adalah kucing selalu mengeong terus dengan keras sampai terdengar sangat berisik. Jikalau mendapati situasi ini biarkan saja. Hal itu sangat wajar dialami oleh kucing akan melahirkan. Dan sobat jangan mendekatkan si kucing betina dengan pasangannya. Sebab kucing jantan sering sekali memakan anaknya sendiri setelah dilahirkan.

3. Nafsu Makan Kucing Hamil Tua Berkurang


Sebenarnya ciri-ciri yang ketiga ini tidaklah pasti. Tidak semua jenis kucing yang akan melahirkan nafsu makannya selalu berkurang. Malah ada juga yang nafsu makannya bertambah apabila hamil nya sudah tua.

Semua tergantung karakter kucing anda. Kadang nafsu makan yang menurun pertanda kucing anda sudah mendekati waktu untuk melahirkan bayinya. Jika memang karakternya seperti itu anda jangan memaksanya dengan memakan apapun. Kucing yang mau melahirkan sudah mulai lemas dan malas bergerak sehingga untuk makan pun menjadi tidak mood.

4. Keluar Air Susu


Tanda Kucing Melahirkan

Inilah tanda yang paling menonjol. Air susu yang pertama keluar dari kelenjar susu si kucing disebut sebagai cairan kolostrum. Biasanya cairan ini berwarna kekuningan.

Nah bila cairan kolostrum ini sudah keluar, maka seminggu yang akan datang kucing anda segera melahirkan. Jadi, anda harus bersiap siap membawanya ke tempat yang aman dan nyaman di sisi rumah anda.

5. Pecahnya Air Ketuban


Sama halnya manusia yang hamil dan melahiran pasti memiliki kandungan ketuban. Begitu juga dengan kucing yang termasuk mamalia, ia hamil dan juga melahirkan.

Sebelum melahirkan ketuban si kucing akan pecah dan keluar melalui jalan lahirnya. Untuk membedakan apakah yang keluar itu cairan ketuban atau air kencing maka sobat harus jeli memperhatikannya. Air ketuban berwarna bening keruh sedangkan air kencing berwarna sedikit kekuningan.

6. Kucing yang Mau Melahirkan Biasanya Mencari Tempat Aman


Tanda Tanda Kucing Ingin Melahirkan

Apabila anda mendapati kucing betina yang sedang hamil besar dan selalu berjalan ke sana kemari menelusuri seisi rumah, maka dipastikan ia sedang mencari tempat yang aman untuk melahirkan. Umumnya si induk kucing mencari tempat yang gelap, hangat dan aman dari gangguan predator seperti anjing atau lainnya. 

Jadi sebagai pemilik yang peka, dia harus mencarikan tempat yang nyaman sesuai keinginannya. Apalagi jenis kucing yang akan melahirkan adalah jenis kucing ras seperti Persia atau Anggora.

7. Kucing Sulitan Bergerak


Tanda Tanda Kucing Mau Melahirkan

Sudah menjadi hal biasa kucing dengan perut yang besar mulai sulit menggerakkan tubuhnya. Terlebih lagi kemungkinan ia juga merasakan sedikit sakit pada perutnya sehingga untuk bergerak pun sudah tidak kuat. Walau terkadang kita melihatnya berjalan jalan, hal itu sangat dipaksakan semata mata ingin mencari tempat aman untuk melahirkan.

8. Denyut Jantung Berdetak Cepat


Pertanda kucing anda sedang kontraksi dan mau melahirkan ialah denyut jantung terlihat berdetak sangat kencang. Nafasnya pun tersenggal senggal seperti habis berantem dan berlarian jarak jauh. Untuk mengeceknya kalian cukup meletakkan tangan pada bagian denyutnya. Rasakan getarannya.

9. Gelisah


Tanda Tanda Kucing Melahirkan

Kucing yang siap atau akan melahirkan terlihat gelisah, hal itu bisa dilihat dengan caranya ia suka berpindah pindah tempat alias mencari tempat yang nyaman untuk persiapan kelahiran bayinya. Biasanya tempat yang ia cari adalah yang sempit dan gelap. Hal itu dilakukan supaya bayi dan dirinya terhindar dari ancaman luar.

10. Sering Menjilati Tubuhnya Sendiri


Poin terakhir dari tanda kucing akan melahirkan adalah menjilati tubuhnya. Untuk mempermudah kelahiran bayi kucing, biasanya sang induk akan merangsang hormon tubuhnya dengan cara menjilati tubuhnya sendiri. Dan hal itu ia lakukan saat saat mendekati akan melahirkan.

Yang jelas jika kalian mendapati beberapa tanda diatas, sebaiknya bersiap-siap untuk menyambut anakan kucing yang imut dan lucu. Dan jika kucingmu adalah kucing Persia, sebaiknya bagi ke mimin satu pasang. hehe

Baca juga: Cara Merawat Kucing Hamil Sampai Melahirkan

Itulah 10 tanda tanda kucing mau melahirkan. Silahkan bisa anda pelajari di rumah sambil mengamati proses berjalannya masa kehamilan kucing anda. Semoga artikel ini cukup membantu dan bermanfaat. Sekian dari kami, terimakasih.

0 Komentar Tanda Tanda Kucing Mau Melahirkan Anaknya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top