HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah Beserta Penyebabnya

Cara agar kucing tidak kabur dari rumah- mendapati kucing kita yang sering kabur keluar rumah tentu membuat kita khawatir dan cemas. Khawatir jika nanti terjadi sesuatu padanya. Apalagi jika jenis kucing yang kita pelihara adalah kucing ras Persia atau Anggora.


Tetangga saya misalnya, dia kehilangan kucing persia yang sudah ia pelihara sejak kecil. Kronologinya, kucing sering keluar rumah lalu dicuri oleh orang. Lalu tetangga saya curhat, "Sebenarnya harga kucingnya tidak terlalu mahal, tapi perawatannya yang mahal. Apalagi saya merawatnya dari kecil dan saya sudah terlanjur sayang banget sama kucing gue"

Kejadian ingin menjadi pelajaran buat kita semua untuk menjaga kucing kita dengan baik. Tapi biasanya kucing yang sering kabur dialami oleh kucing yang baru beli atau yang belum jinak. Karena kucing sama seperti manusia, ia juga membutuhkan adaptasi saat pertama kali berada di lingkungan baru. Sehingga kucing akan lebih sering pergi dari rumah.

Baca: Cara Agar Kucing Nurut dan Jinak pada Kita

Baiklah setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Bagi teman-teman yang sering mengalami hal ini, jangan risau. Di sini hobinatang.com akan berbagi tips cara mengatasi kucing agar tidak kabur dari rumah. Tips ini cukup mudah anda praktekan, asalkan anda mau bersabar.

Penyebab Kucing Kabur dari Rumah


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah Beserta Penyebabnya

Ada sebab ada akibat begitulah istilah dari setiap permasalahan yang ada. Sebelum sobat mengetahui cara membuat kucing tidak kabur dari rumah, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya:

1. Kurang Perhatian dari Pemilik


Kucing binatang yang mempunyai perasaan mendalam seperti wanita. Dia suka sekali diperhatikan sama ownernya. Jika ia merasa kurang diperhatikan alias sering dicueki, tentu akan merasa sedih dan galau. Sehingga tidak salah lagi kalau si meong kabur dari rumah karena bosan dan mencari perhatian.

Selain itu, kucing merasa kurang perhatian apabila jarang dikasih makan dan minum. Maka sudah jelas ia akan jengkel, lapar dan stres. Meski kucing tidak bisa berbicara tapi ia punya perasaan sob. Terlebih lagi sikap yang seperti itu termasuk tidak bertanggung jawab dan dholim.

2. Kucing Terbiasa Hidup Liar 


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Kucing yang habitat aslinya di luar atau di hutan, saat pertama diadopsi tentu merasa gerah berada di tempat yang kecil. Makanya ia ingin kabur terus dari rumah. Hal ini sangat wajar, sebab si kucing merasa lebih nyaman tinggal di tempat sebelumnya. Maka dari itulah anda jangan emosi ya, maklumi tingkah laku mereka dan atasilah dengan kesabaran sampai ia beradaptasi.

3. Kucing Sedang Sakit


Inilah penyebab ketika mengapa kucing sering keluar dari rumah. Entah apa yang dipikirkannya sehingga saat sedang sakit atau sekarat malah inginnya pergi dari rumah. Mungkin hal yang aneh, tetapi perlu anda ketahui perilaku tersebut bisa jadi kucing sedang sakit atau sekarat namun tidak diperhatikan oleh sang pemilik. So, ia berusaha kabur untuk mencari seseorang yang menolongnya.

4. Kucing Tidak Memiliki Daerah Kekuasaan


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Buat pemilik kucing dalam jumlah yang banyak. Terlebih untuk kucing jantan, yang mana mereka suka sekali menandai sebuah tempat sebagai daerah miliknya. Nah, kalau kucingnya banyak dan rumah anda kecil kemungkinan ada beberapa kucing yang tidak mendapat tempat kekuasaan sehingga ia merasa terpojokkan oleh teman temannya. Maka bukan tidak mungkin, bila ia lebih pilih kabur dari rumah untuk mencari tempat lainnya yang aman dan nyaman.

5. Belum Terbiasa dan Masih Takut dengan Manusia


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Kucing liar yang biasanya hidup bebas biasanya akan kaget dan sedikit menghindar dari ownernya. Sebab ia tidak terbiasa dan masih takut dengan orang. Atau bahkan ia jadi merasa terancam dengan adanya manusia di sekitarnya. Sehingga si kucing akan berusaha kabur dan lari dari rumah untuk menghindari pemiliknya. Jenis ini umumnya berlaku untuk kucing hutan dan kucing liar.

Baca: Tips Melatih Kucing Hutan atau Liar Supaya Jinak

Itulah 5 penyebab kucing suka kabur dari rumah. Bila ada salah satu sebab di atas yang membuat kucing anda kabur maka segera cari solusinya seperti di bawah ini.

Cara Agar Kucing Tidak Kabur dari Rumah


Mengurung kucing dalam kandang bukan solusi utama agar kucing tidak keluar rumah. Sebab dalam jangka panjang bisa bisa si miaw stres dan mati. Maka gunakanlah cara lain yang lebih bijak dan benar, berikut caranya:

1. Perlakukan Kucing dengan Baik


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Saat pertama kali anda mengadopsi kucing dan membawanya ke rumah, perlakukan dia dengan sangat baik layaknya raja. Manjakan dia, mengelusnya penuh kasih sayang dan jangan membentak dia sedikitpun. Maka dengan cara ini, kucing akan merasa nyaman dan enggan untuk kabur dari rumah.

2. Menyediakan Kotak Pasir


Kucing kabur dari rumah bisa jadi karena dia ingin buang kotoran. Kucing biasanya akan menimbun kotorannya sendiri dengan pasir, kalau di dalam rumah tidak ada pasir otomatis si kucing bingung dan akhirnya pilih keluar rumah untuk cari tempat yang berpasir.

Maka saran kami sediakan pasir yang banyak di sekitar kucing agar dia bisa bunag kotoran di sana dan tidak lagi keluar rumah. Selain itu dengan adanya pasir, si kucing tidak akan pup sembarangan yang menyebabkan penyakit dan bau tak sedap.

3. Menyediakan Tempat yang Nyaman


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Tempat yang nyaman di sini bukan kandang tapi tempat seperti kardus atau box yang dikasih kain hangat lalu diletakkan di dalam kamar anda. Atau jika tidak, bawa si kucing ke kamar lalu biarkan dia bermain dan berjalan jalan sesuka hatinya tanpa khawatir kabur dari rumah.

4. Memperhatikan Porsi Makan Kucing


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Inilah yang paling penting. Adakalanya kucing kabur karena kelaparan. Atau makanan yang ada di rumah hanya itu itu saja sehingga dia akan bosan. Untuk itulah sobat harus menyediakan makanan yang bervariasi dan selalu ada. Jangan sampai kehabisan makanan. Anda bisa menyediakan pakan berupa cemilan sehat atau makanan instan yang basah maupun yang kering.

5. Mengajak Bermain


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Kucing yang sudah lama diadopsi namun tetap saja suka kabur dari rumah kemungkinan ia bosan karena tidak ada siapa siapa di rumah atau sang majikan tidak mengajaknya jalan jalan dan bermain. Maka dari itu si empus kabur untuk mencari teman.

So, anda harus aktif ngajak si kucing main dan ngobrol. Cobalah luangkan waktu sedikit untuk mengajaknya jalan jalan supaya tidak bosan dan stres di rumah terus. Karena kucing juga butuh bersosialisasi dan butuh teman di manapun berada.

6. Jangan Memelihara Binatang Predator


Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah

Kalau sobat sudah punya kucing di rumah, kami sarankan jangan memelihara hewan predator. Seperti ular. Kucing sangat takut dengan ular besar, karena si empus merasa nyawanya terancam.

Sehingga bukan tidak mungkin ia akan kabur dari rumah untuk mencari tempat yang aman. Atau jika tidak, pisahkan area khusus untuk kucing dan khusus untuk, ular, musang dan anjing. Pada intinya jangan sampai keduanya bertemu ya sob. (Kecuali mereka sudah akrab sejak kecil)

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia yang Baik bagi Pemula

Bagaimana sobat? mudah bukan? Sebenarnya semuanya akan lebih mudah jika dijalani dengan kesabaran. Jika tidak sabar, lebih baik hibahkan saja kucing anda pada orang lain yang penyayang dan sabar agar si kucing nyaman serta terawat dengan baik.

Baiklah itu saja artikel dari kami agar kucing tidak kabur keluar rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba dan jangan lupa dishare kepada sesama komunitas.

0 Komentar Cara Agar Kucing Tidak Kabur Dari Rumah Beserta Penyebabnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top