Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya atau Tanpa Induk

Cara merawat bayi kelinci yang tidak disusui induknya- Merawat anak kelinci memang tidak mudah. Apalagi anak kelinci yang usianya masih di bawah 2 tahun. Antibodinya masih sangat lemah dan imunnya belum kuat sehingga rentan terhadap penyakit dan mudah mati. Selain itu juga mudah terserang binatang predator.

Sedangkan anak kelinci sendiri merupakan hewan mamalia. Saat baru lahir, bayi kelinci harus menyusu pada induknya. Supaya si bayi tersebut bisa tumbuh dengan baik hingga menjadi dewasa. Namun yang jadi masalah, tidak semua induk kelinci mau menyusui anaknya. Ada juga induk kelinci yang tidak mau menyusui anaknya.

Hal itu disebabkan banyak faktor, misalnya bayi kelinci sudah bau tangan manusia sehingga si induk malas menyusuinya. Atau ditinggal mati induknya. Atau induk kelinci stres pasca melahirkan dan lain sebagainya. Tapi yang jelas, mau bagaimana pun keadaannya apabila induk kelinci sobat tidak mau menyusui bayinya, kalian harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Nah bagi sobat yang masih parno alias kebingungan menghadapi bayi kelinci yang baru saja lahir namun si induk tidak mau menyusuinya, silahkan simak panduan dari hobinatang.com mengenai perawatan bayi kelinci yang tidak disusui induknya.

Cara Merawat Bayi Kelinci yang Tidak Disusui Induknya


Normalnya setelah bayi kelinci lahir, sang induk akan langsung memberikan susunya pada sang anak. Namun karena ada sebagian kelinci yang malas menyusui maka anda sebagai owner harus siap merawatnya. Baiklah langsung saja berikut tutorialnya:

1. Membuatkan Kandang untuk Bayi Kelinci


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya atau Tanpa Induk

Langkah pertama teman teman harus menyediakan kandang khusus bayi kelinci. Bayi kelinci yang berusia 0-7 hari masih sangat rentan terhadap suhu rendah alias dingin. Karena mereka belum memiliki bulu yang melindungi kulitnya dari rasa panas maupun dingin. Sehingga untuk tempat tinggalnya, sobat harus menyediakan kotak atau box kecil yang telah dikasih alas jerami lembut.

Baca juga: Cara Memelihara Kelinci Khusus Pemula

Ada pula sebagian orang yang menggunakan kapas sebagai alasnya, tapi ide tersebut tidak kami sarankan. Sebab kotoran bayi kelinci yang jatuh ke kapas berpotensi adanya jamur. Kalaupun terpaksa menggunakan kapas, sebaiknya kalian harus rajin mengganti kapas setiap anak kelinci habis buang kotoran.

2. Memberi Susu pada Anak Kelinci


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya atau Tanpa Induk

Karena induk kelinci tidak ingin menyusui maka kalian sendirilah yang harus memberikan susu pada bayinya. Kalian dapat memberi susu bayi manusia yang khusus usia 0 - 6 bulan. Contohnya Bebelove dan SGM. Tapi perlu diingat bahwa bayi kelinci tidak bisa minum susu dalam jumlah yang banyak. So, berikan susu padanya sedikit demi sedikit menggunakan dot.

Berikanlah secara rutin sampai usia si kelinci 5 hari. Jika sudah 5-6 hari usianya maka anda boleh menambah porsi pemberian susunya. Karena di usia tersebut lambung kelinci sudah mampu menerima air susu yang relatif banyak.

3. Cara Memberi Susu yang Ditinggal Mati Induknya


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya

Saya mendapat tips dari salah satu teman di grup komunitas pencinta kelinci Indonesia. Mengenai cara memberi susu pada bayi kelinci yang ditinggal mati atau tidak disusui induknya. Yaitu menggunakan botol bekas kemudian diberi lobang sesuai jumlah anak kelinci, dan ujungnya diberi dot bayi. Silakan lihat gambar diatas. Baca: Susu Yang Cocok untuk Anak Kelinci

4. Waktu yang Baik Pemberian Susu Pada Bayi Kelinci


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya

Kalian baru bisa memberikan susu pada bayi kelinci ketika usianya sudah 2 hari. Karena selama dua hari dari kelahirannya, bayi masih kuat tanpa minum susu. Dia masih menyimpan cadangan makanan di tubuhnya sewaktu di dalam kandungan. Nah, jika sudah lewat 2 hari sobat bisa memberinya susu sebanyak 2 jam sekali. Setiap pemberian sesuaikan takaran yang ada di kemasan susu.

5. Memperhatikan Berat Badan Bayi Kelinci


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya

Selama pemberian susu, timbanglah badan bayi kelinci. Apabila berat badan tidak naik maka anda harus menambah porsi susunya. Rutinlah memberi susu setidaknya 5 kali sehari atau 2 jam sekali sampai usia kelinci mencapai 2 minggu. Jika sudah berusia 2 minggu, pemberian susu sudah boleh dihentikan. Anda bisa mengganti asupannya berupa rumput lembut seperti daun seledri.

6. Aturan Makan Bayi Kelinci tanpa Induknya


Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya

Untuk awal makan, kelinci jangan diberi rumput yang keras. Cukup daun seledri dahulu baru setelah usianya 3 minggu ke atas anda bisa membebaskan kelinci mencari makanan sendiri. Walaupun begitu bila usia kelinci masih dalam hitungan minggu maka imun tubuhnya masih rentan terhadap penyakit. Jadi tetap jaga asupan makanannya. Baca: 5 jenis makanan kelinci yang masih kecil

Terkait perawatan anak kelinci yang lebih lengkap, bisa kalian baca di artikel kami sebelumnya. Yaitu: Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir yang Baik dan Benar

Begitulah cara memelihara bayi kelinci yang baru lahir tanpa induk. Karena masih sangat kecil dan rentan sekali terkena penyakit, jadi teman teman harus extra hati hati. Apalagi saat menyentuhnya. Baiklah semoga sharing dari kami ini bermanfaat buat teman teman yang lagi merawat bayi kelinci tidak disusui induknya.

0 Komentar Cara Merawat Bayi Kelinci Yang Tidak Disusui Induknya atau Tanpa Induk

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top