HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Makanan Kelinci Kecil yang Sehat Supaya Cepat Besar

Makanan kelinci kecil- Hai teman-teman selamat pagi, tepat pada bulan Maret kami membelikan anak saya seekor kelinci yang masih kecil kira-kira berumur 1.5 bulan. Jenis yang dibeli adalah jenis semi anggora, rex dan lop. Setelah berjalan satu bulan, saya merasakan perbedaan signifikan antara memelihara kelinci bayi dan kelinci dewasa.

Misalnya dalam hal pemberian pakan. Ternyata untuk kelinci kecil harus lebih berhati-hati, tidak boleh sembarangan memberi makanan seperti yang dimakan kelinci dewasa. Meskipun sebenarnya kelinci yang sudah disapih (usia 40-60 hari) bisa memakan makanan kelinci dewasa, namun bukan berarti semua jenis pakan kelinci dewasa baik untuk bayi kelinci.

Sama halnya dengan manusia, tidak mungkin seorang bayi memakan makanan pedas seperti yang dimakan orang dewasa. Karena bisa mengakibatkan pencernaannya terganggu. Lalu apa makanan kelinci kecil yang baik dan sehat?

Umumnya kelinci kecil diberi makanan yang lunak-lunak dahulu. Jangan yang keras atau mengandung banyak getah. Nah berikut daftar makanan sehat untuk anak kelinci usia 1,5 bulan, 2 bulan atau 3 bulan.

Makanan Kelinci yang Masih Kecil Supaya Cepat Besar


Makanan kelinci kecil

Berhubung organ pencernaan dan kekebalan tubuh kelinci kecil dan dewasa berbeda. Jadi jangan samakan pakan kelinci yang masih kecil dengan yang sudah besar. Jenis pakannya boleh sama, tapi penyajiannya harus beda.

1. Rumput untuk Kelinci Kecil


Makanan kelinci kecil rumput

Sebagaimana yang sudah anda ketahui bahwa kelinci merupakan hewan herbivora. Di  habitat aslinya kelinci memakan rumput-rumputan, baik yang sudah dewasa maupun yang masih kecil. Sebab di dalam rumput terdapat kandungan serat yang baik untuk pertumbuhannya. Akan tetapi anda perlu memfilter terlebih dahulu jenis rumput yang akan diberikan pada anak kelinci.

Jenis rumput yang cocok untuk anak kelinci adalah rumput sintrong, rumput legetan atau rumput bandotan. Ketiga jenis rumput tersebut sering kami pakai untuk makanan kelinci. Bahkan bisa dikatakan kalau ketiganya merupakan makanan kesukaan anak kelinci. Untuk mengetahui seperti apa rumputnya silakan baca tulisan saya kemarin, 8 jenis rumput pakan kelinci yang bagus beserta gambarnya.

2. Rumput Kering atau Hay


Makanan kelinci kecil rumput kering

Rumput kering atau yang biasa disebut dengan hay merupakan makanan pokok kelinci. Kebalikan dari rumput basah, rumput kering tidak mengandung banyak kadar air sehingga anda wajib menyediakan air yang cukup di wadah minum hamster.

Hay/rumput kering memiliki khasiat yang banyak berupa serat dan vitamin yang cukup bagus untuk anak kelinci. Sehingga bisa mempercepat pertumbuhan dan menyehatkan kelinci kecil. Saat ini rumput kering banyak diperjualbelikan di pet shop. Ada yang impor ada pula yang lokal.

3. Pakan Pelet untuk Anak Kelinci


Makanan kelinci kecil pelet

Bagi teman-teman yang tinggal di kota umumnya mereka kesulitan mencari rumput. Sebab di kota identik dengan gedung-gedung tinggi dan hampir tidak ditemukan perkebunan yang luas. Oleh sebab itu anda bisa memakai pelet sebagai alternatif makanan kelinci kecil selaian rumput.

Hari ini sudah banyak pabrik-pabrik yang menyediakan pelet khusus anak kelinci. Ukurannya lebih kecil dan tidak keras. Untuk mencarinya kalian bisa pergi ke petshop terdekat. Namun perlu kalian ketahui tidak semua kelinci menyukai pelet (seperti punya saya dulu), andaikan tidak suka cobalah merek lain.

4. Wortel


Makanan kelinci kecil wortel

Siapa bilang kelinci kecil tidak boleh makan wortel? Memang wortel identik untuk kelinci dewasa, karena teksturnya yang keras dan besar. Namun anda bisa mengatur mengiris menjadi kecil-kecil dan diberikan pada kelinci kecil. Dengan demikian wortel dapat dikunyah oleh kelinci usia 2 bulan atau 1 setengah bulan.

5. Sayur Kangkung


Selain wortel, ada sayuran lain yang cocok untuk anak kelinci. Yaitu kangkung. Kangkung mengandung kadar air yang sangat tinggi. Jika diberikan terlalu banyak dapat membahayakan anak kelinci. Jadi saya tidak menyarankan anda menjadikan kangkung sebagai makanan pokok. Cukup dijadikan makanan tambahan karena apabila anak kelinci kebanyakan makan kangkung bisa mengakibatkan diare mencret dan akhirnya mati.

Nah itulah jenis-jenis makanan kelinci yang masih kecil. Dari kelima jenis di atas Anda harus bisa membedakan mana yang pokok dan mana yang tambahan. Makanan pokok wajib diberikan secara teratur supaya kelincinya bisa cepat besar. Sedangkan makanan tambahan hanya diberikan suwaktu-waktu agar tidak bosan.

Selain makanan anda juga perlu memperhatikan faktor kebersihan kandang dan kebersihan makanan. Cucilah rumput sebelum diberikan kelinci. Supaya tidak cepat mati silahkan baca artikel: 9 Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir yang Benar Untuk Pemula

0 Komentar 5 Makanan Kelinci Kecil yang Sehat Supaya Cepat Besar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top