HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Makanan kelinci yang sehat- Jika sobat berencana untuk memelihara kelinci baik sekedar hobi ataupun untuk bisnis, sebaiknya sobat harus banyak belajar seputar perawatan kelinci. Dan salah satu yang paling penting untuk dipelajari adalah mengetahui jenis makanan kesukaan kelinci yang menyehatkan. Sebab jika kita salah dalam pemberian pakan, bukan tidak mungkin kelinci bisa sakit atau malah mati.

Selain itu pemberian pakan juga akan mempengaruhi perkembangan, stabilitas, dan kualitas kelinci. Jadi sobat harus benar-benar memperhatikan masalah ini, karena jujur saja hari ini banyak sekali pemula-pemula yang salah kaprah dalam memahami makanan untuk kelinci. Mereka beranggapan sayur adalah makanan utama, selain sayur hanya sampingan dan jika sudah makan sayur tidak butuh minum. Keadaan ini diperparah dengan adanya situs-situs yang membenarkan pemahaman sesat ini.

Emmt padahal di alam liar sendiri dia jarang menemukan sayur-sayuran, paling hay, rumput atau jerami. Nah oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan sharing informasi terkait makanan kesukaan kelinci yang sehat dan cocok untuk semua jenis, entah kelinci pedaging atau hias seperti rex dan anggora. Apa saja makanan kelinci?

Makanan Kelinci yang Sehat


Daftar makanan kelinci berikut ini kami urutkan mulai dari yang paling pokok dan yang paling banyak mengandung nutrisi serta gizi tinggi. Yang pasti sangat cocok diberikan pada kelinci Anda. Bagi yang memiliki kelinci masih umur di bawah 2 bulan silahkan baca: 5 jenis makanan kelinci yang masih kecil.

1. Pakan Rumput dan Hay


makanan kelinci yang sehat

Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Makanan pokok kelinci yang pertama adalah rumput dan hay. Apa itu hay? Hay adalah sejenis jerami kering atau rumput yang dikeringkan sehingga tidak ada kadar airnya. Hay bisa dari rumput alfafa atau timothy. Yang jelas di Eropa sendiri hay banyak dipakai untuk pakan sapi karena memang sangat bagus untuk hewan pemakan tumbuhan (herbivora).

Banyak orang yang beranggapan rumput dan hay (jerami) kurang sehat buat kelinci, padahal hampir 80 % kelinci membutuhkan jenis pakan yang satu ini apalagi untuk kelinci betina yang sedang hamil atau menyusui. Rumput hijau banyak mengandung serat yang sangat baik bagi kelinci. Terutama rumput jenis alfafa dan timothy.

Namun menurut sebagian sumber, rumput alfafa tidak cocok diberikan kelinci dewasa dan bagusnya diberikan kepada kelinci masih kecil. Bagi kami sih opini ini belum terbukti dan masih sekedar pendapat jadi diberi saja tidak mengapa asal tidak keseringan dan jangan sampai memberi hay atau rumput yang mengandung pestisida. Baca artikel ini juga: 8 Jenis Rumput Pakan Kelinci yang Bagus Beserta Gambarnya

2. Makanan Kelinci Sayuran Hijau atau Wortel


Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Pakan kelinci yang satu ini juga baik untuk pertumbuhan kelinci, namun kalau dibandingkan rumput dan hay masih bagusan rumput. Sayuran juga bermacam-macam ada yang hijau dan ada yang tidak, seperti wortel. Nah selain wortel masih ada sayuran lainnya yang baik dan sehat di antaranya:

  • Sayuran hijau kangkung
  • Sayuran sawi
  • Wortel dan daunnya (30 mg)
  • Sayuran kubis (94 mg)
  • Sayur lobak (105 mg)
  • Sayur selada air (40 mg)
  • Sayur daun turi
  • Sayur lamtaro
  • Kacang panjang
  • Daun ubi jalar
  • Dll yang penting tidak mengandung pestisida

Apa manfaat sayuran bagi kelinci? Manfaatnya ada banyak salah satunya dapat mencegah diare, dehidrasi dan penyakit lainnya. Sebagaimana yang sudah dibahas dalam artikel, jenis penyakit kelinci dan pengobatannya.

3. Makanan Buatan Pelet


Jenis makanan kelinci yang ketiga ini bukanlah makanan alami alias langsung dari alam. Namun makanan buatan manusia dengan berbagai bahan racikan yang sudah disesuaikan gizi, nutrisi, protein dan seratnya. Meski demikian disarankan agar pemberian pakan pelet jika memang terpaksa atau dibatasi hanya 20%.

Sebab kadang tekstur dari pelet sangat tidak sesuai dengan kondisi sistem pencernaan kelinci. Terlebih lagi beberapa pakan yang dijual di pasar merupakan pakan buatan rumahan yang kualitasnya tidak terjamin. Jadi kalau memang terpaksa carilah pelet dengan merek terkenal dengan komposisi yang pas buat kelinci hias maupun pedaging.

Pemberian pelet paling banyak terdapat di kota-kota besar, mungkin karena kekurangan rumput atau malas menggunakan rumput. So hindari penggunaan pelet secara berlebih. Jika kelebihan pelet umumnya kelinci akan sering mencret, dehidrasi dan akhirnya mati.

4. Buah-Buahan untuk Kelinci


Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

Pada hakikatnya kelinci tidak makan buah-buahan, meskipun berada di alam liar. Mengapa? karena buah-buahan mengandung gula yang berlebih, sehingga tidak cocok dijadikan makanan pokok untuk si kelinci. Tapi bolehlah jika diberikan sesekali sebagai cemilan, namun pilihlah buah yang kadar gulanya rendah, seperti pisang, nanas, apel, pepaya dan kesemek. Itupun cukup sebagai cemilan saja, bukan sebagai makanan pokok.

Minuman Sehat untuk Kelinci


Jika berbicara minuman, hampir semua makhluk bernyawa butuh minum untuk bertahan hidup. Nah begitu juga dengan kelinci, walaupun dia sudah memakan sayuran yang banyak mengandung air, dia tetap butuh minum supaya tidak dehidrasi. Lalu apa minuman yang bagus buat kelinci?

Minuman kelinci hanya air putih saja, tapi lebih baik lagi kalau ditambah vitamin khusus yang bisa anda beli di pet shop. Perhatikan cara memberinya, jangan diletakkan di mangkuk sebab biasanya mudah dimasuki debu dan kotoran.

Waw akhirnya selesai juga pembahasan makanan kesukaan kelinci yang menyehatkan. Yang penting sobat perhatikan benar poin-poin di atas. Jangan sampai ternak kelinci kalian gagal gara-gara pemberian pakan yang tidak tepat. Untuk panduan ternak, baca: cara beternak kelinci yang baik dan benar.

2 Komentar Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

  1. BEBERAPA LAMA INI SAYA BARU AJA PELIHARA KELINCI KIRA KIRA BERAPA TAKARAN SEMUA MAKANAN DAN MINUMANNYA TERSEBUT YA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang mas, kelinci itu suka nyemil. Dia hanya makan dikit dikit tapi terus. Jadi sedian saja makanan pur atau hay di dalam kandang. Kalau sudah habis ditambah lagi. Adapun untuk takaran minuman bisa anda baca di tulisan kami sebelumnya, Ukuran Memberi Minum pada Kelinci Setiap Hari

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top