Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya

Mengapa induk kambing tidak mau menyusui anaknya? Itulah pertanyaan yang sering muncul pada forum-forum grup komunitas peternak kambing atau domba. Baik di facebook maupun grup media sosial lainnya. Hal itu membuat salah satu admin di sini jadi gatal ingin menulis secara panjang lebar mengenai penyebab dan cara mengatasi induk kambing yang menolak menyusui anaknya.

Tentunya tulisan ini kredibel, sebab ditulis berdasarkan riset dari pengalaman para peternak kambing yang berada di forum forum Facebook khusus komunitas peternak kambing di Indonesia. Dan admin sendiri termasuk dari komunitas mereka yang ada di grup.

Baik, menyoal masalah induk kambing yang tidak mau menyusui anaknya memang agak mengkhawatirkan. Apalagi buat para pemula yang baru beternak kambing di rumah, tentu sangat bingung dan cemas ketika melihat anaknya disingkirkan ibunya saat mau menyusu.

Lantas apa sih penyebab kambing tidak mau menyusui anaknya? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya


Berikut penyebab penyebab induk kambing enggan menyusui anak anaknya, disertai cara menanganinya berdasarkan para ahli.

1. Karena Kelahiran Pertama


Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Umumnya induk kambing tidak mau menyusui anaknya hanya terjadi pada kelahiran pertama. Akan tetapi jika dibiarkan pola itu akan terus berlanjut sampai kelahiran berikutnya. Hingga akhirnya si pemilik kambing menyerah dan terpaksa memberi susu bubuk pada anak kambing.

Padahal apabila penyebabnya karena soal kelahiran pertama mengatasinya cukup mudah, yaitu kalian cukup memaksa agar induknya menyusui anaknya. Caranya bisa meminta tolong pada teman untuk memegangin induk kambing, lalu perah puting kambing supaya keluar susunya. Kemudian sodorkan anak kambing biar mau nyusu.

Tapi perlu diingat biasanya induk kambing akan memberontak, jadi usahakan kalian harus kuat. Jikalau kalian memang tidak ingin meminta bantuan teman kalian juga bisa mengikat kaki induknya. Lalu mengajari untuk menyusui anaknya sampai beberapa hari. Tapi usahakan putingnya olesi getah pepaya dulu supaya si induk merasa gatal sehingga mau menyusui anaknya. Ini adalah tips yang umum dipraktikan teman teman di grup.

Kalau tidak, kalian bisa mengobati induk kambing tidak mau menyusui anaknya dengan tumbuhan klateng (lihat gambar di bawah). Pertama, cari tumbuhan tersebut di sekeliling rumah anda. Lalu usapkan daunnya tepat pada puting susunya. Setelah itu puting kambing akan merasa gatal. Karena kambing merasa gatal maka otomatis dia mau menyusui anaknya.

Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Tumbuhan Klateng

Jadi intinya adalah perlu dipaksa dan teman-teman harus tega jangan bawa perasaan sebab ini demi anaknya. Takutnya kalau nggak dipaksa induknya akan terus-menerus menolak menyusui sampai kelahiran anak berikutnya.

2. Jalan Susu pada Putingnya Tersumbat


Selain karena kelahiran pertama, terkadang penyebab lainnya adalah karena Jalan susunya masih tersumbat. Jika memang demikian cara mengatasinya mudah. Minta bantuan teman untuk memegangi induknya, lalu kalian peras susunya sampai keluar. Seperti di atas bisa ditambahkan dengan getah pepaya.

3. Tips Dari Teman Teman Komunitas


Induk Kambing yang Tidak Mau Menyusui Anaknya

Berikut kami salin komentar dari teman-teman mengenai solusi induk kambing tidak mau menyusui anaknya. Agar agan agan di sini bisa menyimpulkan sendiri.

Dari nama FB Diona, "Jika induk kambing tidak mau menyusui anaknya tetap dipaksa saja. Lama-lama juga terbiasa. Sebab kalau tidak dipaksa kolostrum pada susu kambing sangat penting buat cempe"

Dari facebook Wildan Ali, "Harus dipaksa kalau induk tidak mau menyusui anaknya. Minta bantuan teman supaya memegangi lalu pegang puting dan peras susunya. Apabila memberontak itu karena merasa geli, coba peras dulu"

Dari facebook Maryoto, "Menurut pengalamanku induk harus dipegangi, kemudian biarkan anaknya ngedot sendiri. Pasti sehari dua hari pasti si induk mau menyusui"

Dari Abi Alpi, "Puting susunya diberi air hangat gan! lalu dipaksa"

Dari Zaid, "Waah,induk kambing tidak mau menyusui bisa karena gejala mastitis. Usahakan faktor makanan diperbaiki kalau mau bikin fermentasi daun singkong"

Baca juga: Cara Beternak Kelinci yang Baik dan Benar untuk Pemula

Nah itulah panduan lengkap bagaimana mengatasi induk kambing yang tidak mau menyusui anaknya. Kalau teman-teman memang tidak mau berusaha seperti di atas, silakan perahin susu induknya atau beli susu serbuk. Sekian saja dari kami silahkan dibagikan ke teman-teman yang lagi mendapati masalah yang sama.

2 Komentar Cara Mengatasi Induk Kambing Tidak Mau Menyusui Anaknya Beserta Penyebabnya

  1. Terima kasih atas masukannya, kita coba semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Om, dicoba saja mas dengan beberapa eksperimen. Kalau cara satu kurang efektif ganti dengan cara lain seperti yang sudah kami tulis di atas.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top