HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Melatih Kelinci Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan dan Nurut

Cara melatih kelinci- tahukah anda kelinci merupakan hewan peliharaan favorit Setelah kucing dan anjing. Sama seperti kucing dan anjing, kelinci mampu berinteraksi secara baik dengan pemilik dan lingkungannya. Oleh sebab itu bukan tidak mungkin kalau kelinci bisa dilatih agar tidak buang kotoran sembarangan dan agar nurut.

Bukan hanya itu, kita juga bisa melatih kelinci yang galak menjadi jinak. Misalnya apabila kelinci anda suka mencakar, suka menggigit atau penakut. Maka kalian bisa menjinakkannya dengan mudah. Tapi tentunya tidak secara instan, melainkan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Semua tergantung pada karakter si kelinci.

Terkait cara menjinakkan kelinci sudah pernah di bahas di artikel, Cara Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat.

Selain itu kelinci bisa dijadikan teman bermain di manapun berada. Namun yang jadi kendala adalah kelinci selalu buang air sembarangan yang membuat kita harus repot repot membersihkannya. Maka dari itu kita perlu melatih nya agar dia mau pipis atau kotoran di tempat.

Di bawah ini hobinatang.com akan mengulas bagaimana cara melatih kelinci agar tidak buang kotoran sembarangan. Ditambah cara mengajari kelinci agar patuh saat dipanggil.

Cara Melatih Kelinci Buang Air Besar


Pertama kita akan mengetahui cara melatih kelinci buang kotoran. Tujuannya supaya ia tidak pup sembarangan. Berikut tutorialnya.

1. Siapkan Penampung Kotoran


cara melatih kelinci agar tidak buang kotoran sembarangan

Yang pertama sobat harus menyediakan tempat buang kotoran berupa kotak yang dangkal agar mudah dijangkau kelinci. Anda bisa menggunakan kotak terbuat dari besi atau kardus. Atau boleh juga dengan nampan ukuran sedang.

Setelah itu beri alas pada penampungan tersebut dengan menggunakan koran. Dan usahakan jangan menggunakan serbuk kayu. Karena serbuk kayu mengandung pinus yang bila termakan menyebabkan kerusakan hati pada kelinci. Menggunakan koran lebih efektif menyerap pipis dan lebih mudah dibuang jika terkena pup.

Setelah itu letakkan jerami/hay (makanan kelinci dari rumput kering) di dekat wadah kotoran. Hal itu untuk menarik perhatian kelinci agar mau buang air di sana. Karena kelinci lebih suka buang air sambil makan. Tingkah yang konyol bukan? begitulah kelinci hehehe.

2. Mencari Tempat Khusus


cara melatih kelinci agar tidak buang kotoran sembarangan

Langkah selanjutnya adalah mencari tempat khusus untuk buang kotorannya kelinci. Biasanya mereka lebih suka buang pup atau pee di pojokan. Dengan begitu lambat laun dia akan memahami di mana letak wadah buang kotorannya. Sebagaimana kita tahu di mana letak toilet rumah kita.

3. Letakkan Bekas Kotoran Kelinci


Proses melatih kelinci yang ketiga agar mau buang kotoran di tempat adalah rajin memindahkan bekas kotoran yang dikeluarkan sembarangan. Maksudnya, andai kelinci anda pup di sembarang tempat, kalian harus mengambil kotoran tersebut dengan sekop lalu buang di box kotoran yang telah disediakan.

Atau bila pipisnya tercecer ke mana mana, kalian harus menge-lap dengan tisu dan letakkan tisu tersebut di bawah alas koran. Hal itu bertujuan agar kelinci bisa mencium bau kotorannya ada di mana. Maka ia akan buang air di tempat tercium bau kotorannnya tersebut yakni di box penampung kotoran.

Perlu sobat ketahui, tidak semua kelinci akan segera paham akan hal ini. Karena ada kalanya mereka sangat lambat memahami dan ada juga yang langsung mengerti. Jadi anda harus sabar.

Selain itu, jangan membawa 2 kelinci dalam satu ruangan. Karena mereka bakal berebut tempat untuk buang air. Hingga akhirnya mereka berantem. Jadi, sediakan tempat sendiri sendiri. Contohnya satu kelinci satu wadah kotoran dan berbeda ruangan atau kandang.

Untuk kelinci yang berusia 4-8 bulan, mungkin akan sedikit nakal. Ia tidak lagi pipis atau pup di box. So, mungkin lebih sulit melatih kelinci di usia tersebut. Karena usia 4-8 bulan adalah masa masa kelinci sedang birahi atau puber.

Dan biasanya mereka akan menyemprotkan pipisnya sembarangan akibat rasa ingin kawin itu. Di samping itu baunya juga jauh lebih menyengat. Untuk itulah bawa ke dokter hewan agar di sterilkan untuk mengurangi kenakalannya itu.

Cara Melatih Kelinci Agar Nurut


cara melatih kelinci agar nurut

Setelah tau cara mengajari kelinci buang kotoran di tempat. Selanjutnya cara melatih agar mau nurut. Mempunyai kelinci penurut tentu sangat menyenangkan bukan? Maka dari itulah ada beberapa hal yang harus sobat lakukan tahapan demi tahapan untuk menaklukan dan melatih kelinci agar mau nurut dengan anda.

1. Memberi Nama Kelinci


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memberinya nama. Sebab dengan adanya nama, kelinci akan lebih mudah dilatih. Kita pun tidak pusing pusing memanggil atau menyebut namanya.

Sering seringlah memanggil namanya pada saat mau makan, mengajaknya main dan sebagainya supaya si kelinci mengetahui bahwa dirinya adalah pemilik nama tersebut. Untuk memberi nama, sobat bisa sesuaikan karakter dan jenis kelamin kelinci anda.

Gunakan nama yang pendek, singkat dan nama yang keras. Karena kelinci lebih mudah merespon nama yang tegas dan keras daripada nama yang lembut. Baca: 100 Daftar Nama Hewan Peliharaan yang Lucu

2. Bersikap Positif pada Kelinci


Saat memanggil kelinci harus dengan nada yang tenang namun tegas. Sebab kelinci tidak menyukai panggilan keras yang disertai amarah. Bersabarlah, karena pada proses awal biasanya kelinci akan lambat dalam merespon panggilan kita.

3. Membawa Makanan Kesukaan Kelinci


cara melatih kelinci agar nurut

Pada saat memanggil kelinci, bawalah makanan kesukaannya dan mendekatlah padanya. Lalu panggil namanya sambil menyodorkan makanan tersebut. Jika ia sudah mendekati anda maka menjauhlah sedikit kemudian panggil lagi hingga ia mendekat lagi. Nah berikanlah makanan itu padanya sambil dibelai dan diberi pujian. Kalau bisa dikasih makanan lewat tangan kita langsung atau handfeed.

4. Ciptakan Suasana yang Nyaman


Dalam melatih kelinci anda harus membuatnya nyaman dengan anda. Melatihnya dalam kesabaran, memberinya makanan kesukaan dan memberinya tempat yang nyaman serta terhindar dari gangguan predator.

5. Melatih Kelinci Secukupnya


Melatih kelinci jangan terlalu lama dalam satu waktu, namun cukup sebentar saja yang penting konsisten. Misal sehari 3 kali pada saat jam makan selama 5-10 menit. Lakukan hal itu terus menerus setiap hari sampai ia mengenali siapa dirinya.

6. Memberi Hadiah Kelinci


Jika kelinci sudah mulai terbiasa dengan panggilan yang sering anda ucapkan padanya maka lama kelamaan ia akan nurut hanya dengan satu kali panggilan. Bahkan belum dipanggil pun bila jam makan secara otomatis dia mendatangi anda.

Bila kelinci sudah seperti itu, sobat jangan lupa untuk memberinya hadiah berupa mainan atau makanan kesukaannya. Hal itu berguna agar ia menyukai anda dan nyaman dengan anda serta tidak keberatan untuk menurut dengan pemiliknya.

Begitulah tutorial melatih kelinci agar nurut dan buang air pada tempatnya. Lakukan hal itu setiap hari dengan durasi yang singkat namun sering. Semoga anda berhasil dan harap bersabar. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selamat mencoba.

0 Komentar Cara Melatih Kelinci Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan dan Nurut

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top