Salah satu permasalahan serius namun kerap diabaikan oleh pencinta kucing adalah kondisi di mana kucing setelah melahirkan perutnya masih besar. Kemudian timbul pertanyaan besar, “Mengapa hal itu bisa terjadi?” “Apa penyebab perut kucing besar setelah melahirkan dan bagaimana cara mengatasinya?”

Baiklah. Di sini hobinatang.com akan membahas semua permasalahan itu di sini. Tapi sebelumnya kita perlu tahu sedikit tentang proses kelahiran kucing betina. [Baca juga: Cara Menangani Kucing Melahirkan Dengan Mudah]

Dalam kondisi normal, biasanya kucing akan mengandung anaknya yang ada di dalam perut selama 64-67 hari. Namun masa kehamilan kucing tersebut bisa saja lebih lama apabila terkendala oleh masalah serius. Seperti distokia. Distokia ialah seekor induk kucing yang mengalami kesulitan dalam melahirkan anaknya.

Umumnya penyebab utamanya dari distokia adalah karena pinggul kucing betina yang sempit, uterus yang berkontraksi sangat lemah, ukuran kepala anaknya yang terlalu besar atau karena kematian pada fetus (janin atau calon bayi) di dalam perut.

Maka dari itu walaupun sebenarnya kucing bisa melahirkan sendiri tanpa perlu bantuan manusia, akan tetapi bila keadaannya seperti di atas maka pemiliknya harus bertindak dengan cepat. Supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius pada induk kucing dan anaknya.

Lantas, mengapa kucing yang sudah melahirkan tapi perut masih besar?

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Setelah Melahirkan Perutnya Masih Besar

Kucing Setelah Melahirkan Perutnya Masih Besar

Sebagaimana yang sudah kami singgung di atas. Bahwa di antara ketidaknormalan proses kucing melahirkan adalah karena kematian fetus atau janin di dalam perut. Dan kondisi seperti ini sangat berbahaya. Bila dibiarkan janin yang sudah mati di dalam perut kucing akan membusuk dan meracuni saluran rahim/uterus induk kucing itu sendiri.

Terlebih lagi apabila terdapat luka pada rahim pasca melahirkan. Luka tersebut bisa terinfeksi dari fetus yang sudah membusuk di dalam perut. Akhirnya bisa menyebabkan kematian pada induk kucing. Inilah yang banyak dikhawatirkan oleh pecinta kucing jika mendapati perut kucing besar setelah melahirkan.

Karena banyak kasus terjadi induk kucing yang tidak kunjung melahirkan padahal sudah melewati batas waktunya. Setelah diperiksa Ternyata semua anak anaknya mati di dalam perut. Atau kasus lain, induk kucing melahirkan 2 atau 3 anak, tapi setelah lewat beberapa pekan perutnya masih besar.

Untuk mengetahui penyebabnya kalian harus benar-benar teliti. Bisa jadi perut besar setelah melahirkan, adalah hal yang normal. Layaknya manusia, setelah lahiran perut masih melar dan besar. Tapi juga jangan disepelekan. Kalian harus tetap mengeceknya lagi dengan detail. Misalnya meraba perut kucing apakah terdapat benjolan keras seperti kepala atau tidak.

Jika terdapat benjolan, kemungkinan besar masih ada anak di dalam perut dan sudah mati di dalam. Sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa secara intensif. Dan kalau tidak ada benjolan, sebaiknya tetap diperiksa. Sebab kadang yang tertinggal di dalam perut bukan hanya fetus/janin. Tapi ari ari juga bisa.

Adapun cara mengatasinya adalah bisa dengan melakukan operasi dengan dokter hewan. Biasanya akan diberi antibiotik dan obatnya. Supaya racun-racun yang tersisa di dalam perut bisa hilang. Biayanya memang cukup besar antara Rp700.000 sampai jutaan rupiah.

Oleh sebab itu terkadang orang orang memilih mengatasi sendiri di rumah dengan cara dikiret/atau dipijat pijat perutnya agar si janin yang mati bisa keluar. Tapi harus juga dikasih antibiotik.

Setelah semuanya sudah diobati. Sebaiknya perhatikan asupan makanan yang diberikan pada induk kucing. Hal ini demi kesehatan bayi yang sudah lahir dan si induk itu sendiri. Baca: 7 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Tanpa Induk

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai penyebab dan mengatasi masalah kucing setelah melahirkan perutnya masih besar. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang menghadapi masalah ini. Silahkan komentar jika ada pertanyaan. [Ditulis oleh tim ahli admin hobinatang.com]

16 responses to “Mengatasi Kucing Setelah Melahirkan Perutnya Masih Besar”

  1. Cho yatie Avatar
    Cho yatie

    Cara ngurut nya gimana yaa pak..kucing saya lagi mengalami seperti itu

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kiret seperti pada manusia kak, dari atas ke bawah pelan pelan. Maaf late balesnya, mau lebaran sibuk hehe

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Asalamualaikum ka kucing aku kan hamil nah terus dia jam 01 malam ngelahirin tapi anak nya cuma 1
      Tapi perutnya masih lumayan besar sama dia biasanya napas nya itu ter engah engah jadi aku bingung ka
      Terus dia sering minta elusin perutnya aku bingung ka
      Plisss jawab ka😢aku sayang banget sama kucing,aku takut kehilangan kucing aku
      Bales ya ka

    3. Unknown Avatar
      Unknown

      Nafasnya ka yang susah kucing aku juga ka tapi aku bawa ke dokter

  2. mutiarra Avatar
    mutiarra

    Kucing saya baru melahirkan ada 4 tp yg hidup hanya 2. Tp saya lihat dia masih sesekali ngeden dan perutnya masih besar. Apa itu masih ada yg blm keluar atau bagaimana ya pak? Mohon infonya, terima kasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Untuk mengetahui apakah di dalam perut induk masih ada bayi atau tidak Itu sangat mudah mba. Cobalah diraba perutnya agak menekan sedikit, Apakah ada yang menonjol atau tidak.

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya sudah hampir 1 blm melahirkan tapi setelah itu ko waktu saya membersihkan perut kucing masih ada bayi kucing di dalam perut nya bagaimana cara mengeluarkan bayi kucing sendiri apa masih bisa di urut-urut

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Dikiret aja kak kalau sudah mati.

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya baru saja melahirkan,tapi perutnya agak mengembung. Apa ini baik2 aja?

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Kucing saya baru saja melahirkan,tapi perutnya agak mengembung. Apa ini baik2 aja?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Baik baik saja Insyaallah… tunggu kelanjutannya Kak

  6. atet Avatar
    atet

    kucing saya pertama lahiran 1 ekor di USG ga ada lagi isinya,
    lahiran ke 2 satu ekor juga cuma h+2 lahiran ada darah di kelaminnya, apakah itu masih ada anaknya atau efek dari lahiran sebelumnya?

  7. Unknown Avatar
    Unknown

    Emm kucing saya baru melahirkan anaknya dua tapi perutnya masih besar. Setelah dipijat" saya rasa gak ada bagian keras seperti kepala atau janin yang tertinggal, kira" kenapa ya? Apa ini normal? ….

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Gimana sekarang kucingnya mba?

  8. DIPA WICAKSANA Avatar
    DIPA WICAKSANA

    Kucing saya 2 hari yg lalu melahirkan.. tpi jarak anak 1 dengan ke 2&3 selang sekitr 8 jam.. saya cek di google ternyata mash normal karena jeda maksimal 27 jam. Tpi setelah anak ke 3 perut mash besar tidak seperti setelah melahirkan sbelumnya. Saya raba2 dan agak tekan sepetinya sudah tidak ada benjolan. Tpi ttp ada rasa kjawator karena baru 2 hari pasca melahirkan. Kira2 apa saja gejala yg dialami induk ketika didalm rahim masih tertinggal janin yg mati. Selang berapa hari tanda2 itu bs terlihat? Karena sampai sekrng kucinh saya mash berperilaku normal.. nafsu makan jg mash ada.. mash bs bergerak kesana kemari dan mash menyusui jg. Tolong bantu jawab ya.. mungkn ada yg punya pengalam yg sama. Terimakasih

  9. elnda Avatar
    elnda

    halo kak, kucing saya baru ngelahirin dan baru jalan 2 minggu, tiba-tiba perut nya membesar. pas saya pencet kaya ada jendolan gitu kek pas dia hamil. ini anaknya ada yg belom keluar kah kak? trus ciri kalo anaknya udah mati didalem kandungnya apa ya kak? makasih

Leave a Comment