Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Bagi hobiis, keberadaan hewan peliharaan begitu berarti. Entah itu hamster, kucing atau sugar glider. Sehingga tidak bisa kalau mereka ditinggal begitu saja oleh pemiliknya saat bepergian jauh. Inilah tantangan berat bagi hobiis yang tinggal di perantauan.

Saat musim mudik lebaran atau natal, mau tidak mau kita harus pulang kampung untuk bertemu sanak family di rumah. Di sisi lain kita juga tidak bisa membiarkan binatang peliharaan sugar glider di rumah sendirian tanpa ada yang ngurus. Jika dijual sayang, mau dititipkan juga sayang. Inginnya pulang kampung bersama sama.

Yang jadi masalah, kita kebingungan bagaimana cara membawa sugar glider berpergian jauh, pulang kampung atau mudik. Apalagi membawa sugar glider ke pesawat terbang. Belum kebayang kan?

Nah untuk itulah di sini hobinatang.com akan memberikan tips buat kalian yang ingin membawa pulang sugar glider. Baik melalui jalur pesawat terbang atau alat transportasi lainnya.

Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung


Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Sugar glider itu binatang peliharaan yang memiliki tubuh kecil. Untuk membawanya ke perjalanan tergolong lebih mudah. Tidak seperti membawa hewan anjing, kucing atau kelinci. Berikut ini langkah langkah yang wajib kalian lakukan jika ingin membawa SG pulang kampung atau berpergian jauh:

1. Memakai Mobil Pribadi


Cara Membawa Sugar Glider Perjalanan Jauh atau Pulang Kampung

Kalau kalian memilih membawa pulang sugar glider memakai mobil. Pertama silahkan kemas-kemas barang-barang yang dibutuhkan SG. Baik saat perjalanan maupun saat di rumah. Apa saja yang harus dibawa:

  • Membawa kandang, tapi kalau tidak terlalu lama cukup membawa trevel cage.
  • Wadah makan dan minum sugar glider.
  • Trevel pouch.
  • Makanan sugar glider, kalau memakai kendaraan pribadi bisa dikasih makan saat dalam mobil.
  • Gliderade (jika SG kelihatan lesu kasih ini)
  • Pipet buat jaga jaga kalau harus memberi makan dengan pipet.

Bila semua alat tersedia, letakkan sugar glider ke dalam travel cage. Pastikan kalian sudah meletakkan kain/sleeping pouch. Taroh beberapa makanan di dalamnya. Apabila ingin dibawa keluar dari kandang bisa memakai pouch.

2. Membawa Sugar Glider Lewat Kereta dan Bis


Cara Membawa Sugar Glider Perjalanan Jauh dengan Kreta

Perlengkapan yang dibawa tidak beda jauh dengan di atas. Untuk kandang kalau bisa beli di kampung saja, tidak perlu dibawa. Repot nanti. Cukup pakai travel cage. Tapi harus hati-hati, kadang petugas suka ngecek bawaan kita.

Pengalaman saya taroh di bawah kursi, dikasih makan yang banyak biar bisa diam. Tapi umumnya kereta dan bus itu ber-AC. Jadi sangat dingin, mengatasinya silahkan kalian masukan ke dalam pouch sambil digenggam memakai tangan. Itulah keuntungan membawa hewan mungil. Tidak begitu repot.

Jangan khawatir dilihat orang-orang. Percaya diri saja, tidak mungkin dihina. Sebab hewan yang kita bawa lucu, malah kebanyakan memuji dan pingin memegang. (Pengalaman).

3. Cara Membawa Sugar Glider di Pesawat


Cara Membawa Sugar Glider berpergian Jauh dengan pesawat terbang

Inilah yang paling rumit. Pengamanan pada pesawat terbang lebih ketat dibandingkan kereta dan bis. Bagi rumahnya yang sangat jauh sampai menyebrang pulau, tentu mau tidak mau harus memakai pesawat biar cepet nyampe. Untuk pesawat sendiri biasanya menyediakan 2 tempat bagi pembawa binatang. Yaitu di bagasi dan cargo.

Namun mungkin ada sebagian Airlines yang melarang pengangkutan hewan sebagai bagasi. Intinya mau bagasi atau cargo pasti dikenakan biaya. Umumnya sih cargo lebih murah dibanding bagasi.

So saat ingin membawa sugar glider makai pesawat, pertama kalian harus menentukan dulu apakah mau diangkut pakai bagasi atau cargo. Soalnya ini berhubungan dengan biaya dan persyaratan pembawaan binatang peliharaan. Sedangkan waktu prosedur penerimaan cargo atau bagasi minimal 8-10 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Selanjutnya kalian harus mencari informasi perihal syarat dan ketentuan pengangkutan hewan hidup di masing-masing Airlines. Sebab setiap Airlines biasanya memberikan kebijakan dan biaya yang berbeda terkait hal ini. Jangan sampai kalian sudah membeli tiket sejak jauh-jauh hari agar bisa berlibur bersama binatang kesayangan anda, ternyata pihak pesawat melarang membawa hewan diangkut dibagasi/tidak diizinkan.

Jika sudah mendapat informasi, silahkan penuhi syarat-syaratnya. Umumnya hewan hidup yang diangkut dengan pesawat terbang harus memenuhi surat-surat sebagai berikut:

  • Melengkapi surat keterangan Dokter Hewan bahwa sugar glider Anda sehat dan tidak memiliki penyakit menular.
  • Memberikan surat izin membawa binatang peliharaan dari kantor karantina setempat.
  • Terakhir membawa surat pembebasan tanggung jawab.

Sebaiknya kalian melakukan pengurusan surat-surat di atas minimal 1 hari sebelum kalian pergi memakai pesawat terbang. Dalam mengurus surat surat di atas kalian akan mengeluarkan biaya yang lumayan. Kira-kira bisa habis sekitar Rp300.000. Tergantung kepada kebijakan masing-masing Airlines.

4. Tips Membawa Binatang Sugar Glider Perjalanan Jauh Biar Aman


Tips Membawa Binatang Sugar Glider Perjalanan Jauh Biar Aman

Setelah tahu bagaimana cara membawa SG pulang mudik, kami ingin memberi tips biar aman. Tanpa stres. Pastikan kalian membawa travel cage yang mirip tas, di dalamnya diberi kain atau pouch biar hangat. Usia suggy kalau bisa 5 bulan ke atas. Kasian kalau masih kecil. Terakhir letakkan di tempat yang aman dan nyaman.

Baca juga: Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres

Sayangnya kalau di pesawat kita tidak bisa memastikan petugas meletakkan di tempat yang aman. Banyak yang kecewa karena kandang beserta binatangnya di taroh bagasi barang. Duh kasian.

Demikianlah panduan lengkap membawa binatang peliharaan seperti sugar glider bepergian jauh atau pulang kampung. Yang terpenting adalah menyediakan perlengkapan untuk digunakan saat di rumah ataupun di perjalanan. Untuk menghindari stres, setelah sampai rumah mohon untuk tidak diganggu dulu supaya tenang sekaligus beradaptasi di lingkungan barunya.

0 Komentar Cara Membawa Sugar Glider Berpergian Jauh atau Pulang Kampung

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top