Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

Penyebab dan cara mengatasi sugar glider stres- Dahulu waktu pertama kali membeli sugar glider, saya mengira binatang imut dan lucu ini  kuat dan tidak mudah terkena gangguan apapun. Namun ternyata tidak demikian. Saat itu saya kaget, sebab setelah sugar glider yang kami beli berpindah tangan tiba tiba dia crabbing atau mengeluarkan suara khasnya secara terus menerus. Anda bisa membaca arti crabbing pada artikel: Mengenal Suara Sugar Glider dan Artinya

Hampir berapa hari SG kami ini tidak nafsu makan, diberi berbagai jenis makanan tidak doyan. Pokoknya yang ada di dalam hati saya hanyalah khawatir, cemas dan panik. Hingga akhirnya saya beranikan diri bertanya kepada teman-teman komunitas Sugar Glider Indonesia di Facebook. Semoga saja mereka yang lebih berpengalaman memberi solusi mengenai perilaku aneh dari SG saya.

Saya pun mendapat banyak jawaban dari teman-teman. Tidak lama kemudian saya bisa menyimpulkan penyebab sugar glider yang baru kubeli sering crabbing dan tidak doyan makan. Penyebabnya yaitu adalah karena stres. Nah mungkin salah satu pembaca di sini ada yang mengalami nasib sama seperti saya dulu.

Makanya hobinatang.com di sini  akan berbagi tips dan trik mengenai bagaimana cara mengatasi sugar glider stress dilengkapi dengan ciri-ciri serta penyebabnya. Tentunya selain diambil dari salah satu pengalaman admin hobinatang, tulisan ini juga berdasarkan sharing dari para master yang sudah berpengalaman. Jadi tidak ada yang diragukan.

Ciri Ciri Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres


Ciri Ciri Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres
Flickr.com

Baik langsung saja berikut ulasan lengkap tentang suka kita sukses. Mulai dari ciri-ciri/tanda tanda, penyebab dan cara mengatasinya.

1. Tanda Tanda atau Ciri Ciri Sugar Glider Stres


Ciri Ciri Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres

Poin pertama kita akan mengetahui ciri-ciri sugar glider yang sedang stres. Apabila teman-teman di sini mendapati SG nya berperilaku seperti ciri-ciri di bawah ini, kemungkinan besar mereka sedang depresi dan stres. Apa saja ciri cirinya?

a). Nafsu makan sugar glider menurun atau mogok makan


Ciri-ciri penyakit stres yang pertama inilah yang pernah saya alami, sebagaimana yang sudah saya ceritakan di atas. Memang jika sugar glider sedang stress nafsu makannya berubah mendadak, tiba-tiba saja dia tidak mau memakan apa saja yang kita beri. Meskipun itu makanan favoritnya. Terkait masalah ini mimin juga sudah membahasnya di artikel khusus silahkan baca, cara mengatasi sugar glider tidak mau makan

b). Berubah sifat menjadi galak


Ini juga pernah kami alami, sebelum saya membeli sugar glider dari salah satu teman. Pemilik sebelumnya ini mengatakan bahwa SG miliknya sudah jinak dan tidak menggigit saat dipegang. Namun setelah berpindah tangan ternyata berubah menjadi galak dan agresif. Maka ciri-ciri seperti ini bisa dikatakan sedang stres karena berada di lingkungan baru.

c). Memakan dan meminum kotoran sendiri


Tanda sugar glider stres yang selanjutnya ialah memakan kotoran sendiri dan minum air kencing nya. Hal itu terjadi di saat ia sedang stres karena makanan yang diberikan tidak diganti alias membosankan. Selain itu, sugar glider juga stres karena jarang dikasih makan sehingga tak ada yang bisa dikonsumsi selain kotorannya sendiri.

d). Memakan dirinya sendiri


Tanda tanda seperti ini jarang terjadi, tapi bisa terjadi. Manakala sugar glider anda sudah stres berat dia akan bereaksi dengan memakan tubuhnya sendiri atau bahkan anaknya sendiri. Perlakuan seperti itu biasa kami sebut dengan self mutation.

e). Memakan anaknya sendiri


Ciri-ciri yang terakhir ini merupakan tingkatan stres pada sugar glider yang paling parah. Sampai-sampai  mau memakan anaknya sendiri (kanibal). Biasanya kasus ini kerap terjadi pada induk sugar glider yang dikawinkan di usia sangat muda alias terlalu dini, sehingga saat melahirkan mentalnya belum siap hingga menjadi stres dan memakan anaknya sendiri. Baca: cara mengawinkan sugar glider yang baik dan benar

Itulah 5 ciri ciri sugar glider setres. Selanjutnya adalah penyebab dan cara menanganinya.

2. Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres


Ciri Ciri Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres

Di sini saya akan langsung membahas penyebab penyebab dan cara mengatasi sugar glider yang stres. Setidaknya ada 7 penyebab SG kalian stres.

a). Kesulitan tinggal di lingkungan yang baru


Setiap hewan yang berada di lingkungan baru membutuhkan yang namanya adaptasi. Proses adaptasi jika tidak berjalan dengan lancar dapat mengakibatkan hewan tersebut stres. Begitu pula yang terjadi pada sugar glider. Mereka bisa stress berat bila memang tidak cocok dengan lingkungan barunya. Mungkin karena suasana terlalu ramai, bising, berisik atau mendapat perlakuan yang buruk dari penghuni rumah barunya.

Adapun cara mengatasinya kalian harus memindahkan kandang sugar glider ke ruangan yang lebih tenang tidak bising dan jauh dari jangkauan anak-anak. Karena ditakutkan anak-anak yang sudah agak dewasa memperlakukan hal yang buruk pada binatang anda, kecuali anda sudah mengarahkan mereka.

b). Stres karena habis perjalanan jauh


Perjalanan jauh juga menjadi salah satu sebab mengapa sugar glider kita stres. Tapi bagi kami bukan hanya soal jarak, melainkan juga faktor proses pembawaannya. Apakah baik atau tidak. Jika pembawaannya tenang tidak terlalu banyak goyang, mungkin juga tidak stres meskipun jaraknya lumayan jauh.

Soalnya dulu saya sering membawa sugar glider dari Depok ke Jakarta ujung Periuk. Namun tidak ada masalah malah justru tambah bonding. Saat itu saya letakkan di kantong baju. hehe

c). Sugar glider kesepian hidup sendirian


Kita kalau kesepian juga bakal stres. Iya kan sob? Hayo para jomblo ngaku deh. Sugar glider juga memiliki perasaan, dia bakal sangat kesepian apabila hidup sendiri di dalam kandang dan jarang dipegang oleh pemiliknya. Hingga akhirnya dia bisa stress tingkat berat.

Maka solusinya, kalian carikan teman atau pasangan sebagai teman hidupnya. Kalau belum punya uang untuk membeli pasangan, kalian harus banyak meluangkan waktu demi bermain bersama sugar glider. Cukup dibelai-belai sambil diajak lari-larian di tengah lapangan.

d). Ditinggal teman sekandang


Kehilangan salah satu teman dekat memang sangat menyakitkan. Itulah yang dirasakan oleh sugar glider apabila salah satu temannya mati atau dijual. Memang sifatnya sangat unik, seekor SG bisa menjalin persahabatan bersama koloninya dengan baik. Sehingga emosionalnya naik apabila kehilangan salah satu temannya.

Setelah itu dia bisa langsung stres dan galak terhadap pemiliknya. Pada tingkat parah, sugar glider sering barking.

e). Sakit yang berkepanjangan


Pada dasarnya sakit pada sugar glider dapat menyebabkan nafsu makan menurun, badan lemas, kurang aktivitas dan kurang bergairah. Nah, apabila keadaan seperti ini dibiarkan terus menerus bisa membuat SG stres dan bahkan mati mendadak.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi sugar glider yang stres karena sakit adalah mengobatinya segera. Andaikan belum sembuh, harus dirujuk ke dokter hewan supaya mendapat penanganan intensif. Kalau ingin mengetahu jenis jenis penyakit SG, baca: 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

f). Faktor makanan sugar glider


Sugar glider bisa stres apabila makanan yang biasa dimakan diganti mendadak. Untuk itulah sobat harus bisa mensiasatinya dengan cara mengganti makannya secara bertahap. Misalnya sepekan diberi makan sedikit demi sedikit dulu sampai ia menyukai makanan tersebut.

Selain itu pakan alami sugar glider adalah ulat hongkong, jangkrik, entung dan jenis lainnya yang berasal dari habitat aslinya hutan. Makanya bila anda mengadopsi sugar glider jangan langsung diberi makanan instan atau makanan buatan sendiri. Untuk permulaan tetap beripakan yang sesuai habitatnya terlebih dahulu, baru kemudian anda bisa menggantinya secara bertahap.

Tapi kalau teman teman beli sugar glider pada sesama komunitas, sebaiknya tanyakan makanan pokoknya. Seperti saya dulu, pemilik sebelumnya sering memberi bubur SUN, maka saya pun hanya meneruskan kebiasaannya. Baca: Daftar Makanan untuk Sugar Glider yang Sehat

g). Sugar glider hamil


Kehamilan pada semua makhluk hidup termasuk sugar glider memang sering menjadi salah satu faktor penyebab munculnya rasa stres. Mengapa? Karena adanya perubahan hormon dan fisik. Terutama bagi sugar glider hamil dibawah usia standar alias hamil dini.

Reaksi stresnya mereka ialah dengan memakan anaknya sendiri atau tubuhnya sendiri. Ironis sekali bukan? Maka dari itulah jangan mengawinkan sugar glider sebelum waktunya. Dan apabila sudah terlanjur, usahakan untuk menjaga kondisinya seperti tetap memberinya makanan yang bergizi, diajak bermain dan lakukan hal lain agar ia tidak memakan dirinya sendiri.

Akhirnya selesai juga pembahasan panjang lebar mengenai cara mengatasi sugar glider beserta penyebab dan ciri-cirinya. Harapannya teman-teman yang masih pemula dalam memelihara sugar glider banyak membaca informasi-informasi terkait perawatan binatang yang satu ini. Silahkan baca saja di situ sini ada banyak sekali tips perawatan sugar glider.

0 Komentar Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top