6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

Selamat sore sugar glider lovers seindonesia, apa kabarnya? di sini kami akan berbagi informasi kepada kalian semua, baik yang mau membeli ataupum yang sedang memelihara sugar glider. Yaitu informasi tentang jenis penyakit pada sugar glider dan cara mengobatinya.

Membahas jenis penyakit sugar glider bukan berarti untuk menakut-nakuti kalian yang masih nubi atau pemula, namun tujuannya supaya kita bisa antisipasi dan bisa tahu penyebab-penyebabnya sehingga kita dapat lebih perhatian terhadap perawatan dan kesehatan si sugar glider.

Apa saja penyakit pada sugar glider?

Jenis Penyakit Sugar Glider dan Cara Mengatasinya


Di bawah ini ada sebagian daftar jenis penyakit SG yang merujuk pada artikel DrH. Fira Sovica:

1. Penyakit Mata pada Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Kalian tahukan bagaimana rasanya sakit mata? Gejala sakit mata yang menimpa manusia rasanya hampir sama dengan binatang. Yaitu bengkak, berair dan gatal-gatal.

Mungkin bagi kita sakit mata adalah hal yang biasa, tapi bagi sugar glider tidak! sebab penyakit ini dapat mengakibatkan gatal-gatal di bagian mata sehingga dia pun menggaruknya dan garukan tersebut dapat menyebabkan kebutaan. Jadi segera diatasi jika sudah terserang.

Cara mengatasinya cukup diberikan obat tetes mata khusus hewan yang bisa kalian beli di toko hewan atau apotik terdekat. Tapi jika tidak kunjung sembuh, lakukan cara di bawah ini:

  1. Pisahkan sugar glider yang sehat dengan yang sakit, supaya penyakit mata ini tidak menular ke rekannya.
  2. Jangan diberi makan yang berprotein tinggi seperti seranggga, jangkrik. Jadi berikan saja buah-buahan sehat.
  3. Siapkan tisu basah anti alkohol yang steril, untuk membersihkan beleknya.
  4. Beri obat tetes mata, jika masih belum sembuh juga bawa ke dokter hewan.

Makanya sebelum terjadi, Anda harus menjaga kebersihan kandang supaya bakteri dan kuman tidak tumbuh berkembang.

2. Penyakit Hairloss pada Sugar Glider


Apa itu hairloss?

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Foto by facebook Alvin Fawaz

Hairloss merupakan salah satu jenis penyakit sugar glider yang menjadikan bulu tubuhnya rontok. Biasanya penyebab utama penyakit ini adalah karna keadaan kandang yang kotor, kurang nutrisi dan protein serta stress.

Agar sugar glider anda tidak terkena penyakit hairloss, disarankan untuk merawat kandang dengan baik, jaga selalu keadaan supaya tetap bersih, minimal dibersihkan 2 kali dalam 1 pekan/minggu, terutama tempat tidurnya (pounch). Sebab kondisi kandang yang kotor bisa menumbuhkan bakteri dan jamur, sehingga bakteri dan jamur tersebut akan menyerang tubuh sugar glider dan mengakibatkan gatal-gatal serta iritasi kulit lalu akhirnya bulunya rontok.

Selain itu kalian juga harus memberi makanan yang bergizi dan menjaganya agar tetap tenang alias tidak stres, maka jauhkanlah kandang SG dari tempat yang sangat bising, terutama saat di waktu istirahatnya (siang hari).

Nah, itulah cara mencegah penyakit hairloss, lalu bagaimana cara mengobatinya?

Bersihkan area bulu yang rontok setiap hari menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cair dettol secara pelan-pelan sambil dilakukan observasi dan pengecekan, apakah SG masih merasakan gatal atau tidak.

Namun bila kulit sugar glider sudah terlanjur luka akibat sering digaruk, maka kalian jangan memberi makan yang mengandung protein tinggi seperti serangga.

3. Penyakit Diare pada Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Nah, jenis penyakit sugar glider inilah yang kami sebut paling berbahaya. Mengapa? Karena diare adalah penyakit yang paling sering menimpa hewan sugar glider.

Sugar glider yang terserang diare akan mengalami gangguan pencernaan, dan jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kematian. Penyebab utamanya adalah sumber makanan, atau salah memberi makanan. Intinya jangan terlalu sering memberi makan jenis serangga, sebaiknya mengkombinasikan makanan sugar glider dengan buah-buahan atau lainnya.

Cara mengatasinya berikan obat dan vitamin yang bisa kalian beli di pet shop. Selengkapnya bisa dibaca: Cara Mengobati Sugar Glider Mencret


4. Kaki Bengkak



Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Kaki sugar glider yang mengalami pembengkakan biasanya karena infeksi bakteri yang menempel pada luka di bagian kaki SG. Mungkin karena kandangnya yang kotor sehingga bakteri bisa tumbuh dan berkembang dengan bebas.

Sugar glider yang terserang penyakit ini bisa stres dan merasakan kesakitan yang akhirnya akan membusuk.

Langkah Pengobatan Kaki Sugar Glider yang Bengkak:

  1. Hindari makanan yang mengandung protein berlebih seperti jangkrik, ulat hongkong  telor rebus dan bubur bayi.
  2. Berikan makanan yang tidak mengandung protein atau rendah protein seperti, pisang, pepaya, lengkeng, semangka dan lain-lain.
  3. Tambahkan sedikit madu pada air minum sugar glider, karena dapat menguatkan daya tahan tubuh sugar glider. Tapi hendaknya sobat juga berhati-hati dalam pemberian madu tersebut, jangan berlebihan sebab pemberian glukosa yang terlalu banyak pada air minum SG malah akan membuat luka SG semakin memburuk.

Itulah sebab penyakit kaki bengkak pada sugar glider dan cara mengobatinya. Kalau ingin lebih lengkap baca, cara mengobati bengkak pada sugar glider AMPUH.

5. Penyakit Hild Leg Paralysis


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Hild leg paralysis adalah penyakit kekurangan kalsium dan fospor, gejala awalnya yaitu kurang nafsu makan, berat badan menurun dan kurang aktif. Biasanya penyakit ini timbul karena faktor makanan, atau pola makan yang salah.

Cara mengobatinya cukup mudah, sobat cukup memberikan tambahan vitamin sugar glider dan memberi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fospor. Makanan tersebut bisa berupa buah-buahan seperti pisang atau lainnya. Agar mempercepat penyembuhan, tambahkan saja madu pada minumannya, jangan terlalu banyak tapi sedang-sedang saja.

6. Katarak pada Mata Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Sebenarnya penyakit yang terakhir ini termasuk jenis penyakit mata, namun kami pisahkan karena lebih parah dan penanganannya berbeda.

Penyakit katarak disebabkan karena asupan makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi sehingga gizi pada tubuhnya tidak seimbang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di mata sugar glider, yang kemudian akan merembet ke seluruh matanya sampai pada akhirnya mengalami kebutaan.

Pengobatan penyakit katarak sangatlah sulit, meskipun masih bisa ditangani tapi tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Semakin anda cepat mengobatinya maka akan semakin cepat sembuhnya, tapi sebaliknya jika anda tidak segera mengobatinya maka akan semakin sulit atau bahkan buta selamanya.

Mengatasi penyakit katarak hampir sama seperti cara mengobati penyakit bengkak kaki, yaitu memperbanyak konsumsi buah dan menghindari makanan berprotein tinggi. Tapi lebih disarankan lagi jika langsung pergi ke dokter hewan.

Baca juga: Tips Merawat Sugar Glider yang Benar

Baik terimakasih, itulah penjelasan panjang lebar mengenai jenis penyakit pada sugar glider dan cara pengobatannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua khususnya yang sedang mengalami masalah pada SGnya. [nb: bagi yang memiliki gambar di atas silahkan tulis komentar di bawah, supaya bisa kami tulis]