6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

Selamat sore sugar glider lovers seindonesia, apa kabarnya? di sini kami akan berbagi informasi kepada kalian semua, baik yang mau membeli ataupum yang sedang memelihara sugar glider. Yaitu informasi tentang jenis penyakit pada sugar glider dan cara mengobatinya.

Membahas jenis penyakit sugar glider bukan berarti untuk menakut-nakuti kalian yang masih nubi atau pemula, namun tujuannya supaya kita bisa antisipasi dan bisa tahu penyebab-penyebabnya sehingga kita dapat lebih perhatian terhadap perawatan dan kesehatan si sugar glider.

Apa saja penyakit pada sugar glider?

Jenis Penyakit Sugar Glider dan Cara Mengatasinya


Di bawah ini ada sebagian daftar jenis penyakit SG yang merujuk pada artikel DrH. Fira Sovica:

1. Penyakit Mata pada Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Kalian tahukan bagaimana rasanya sakit mata? Gejala sakit mata yang menimpa manusia rasanya hampir sama dengan binatang. Yaitu bengkak, berair dan gatal-gatal.

Mungkin bagi kita sakit mata adalah hal yang biasa, tapi bagi sugar glider tidak! sebab penyakit ini dapat mengakibatkan gatal-gatal di bagian mata sehingga dia pun menggaruknya dan garukan tersebut dapat menyebabkan kebutaan. Jadi segera diatasi jika sudah terserang.

Cara mengatasinya cukup diberikan obat tetes mata khusus hewan yang bisa kalian beli di toko hewan atau apotik terdekat. Tapi jika tidak kunjung sembuh, lakukan cara di bawah ini:

  1. Pisahkan sugar glider yang sehat dengan yang sakit, supaya penyakit mata ini tidak menular ke rekannya.
  2. Jangan diberi makan yang berprotein tinggi seperti seranggga, jangkrik. Jadi berikan saja buah-buahan sehat.
  3. Siapkan tisu basah anti alkohol yang steril, untuk membersihkan beleknya.
  4. Beri obat tetes mata, jika masih belum sembuh juga bawa ke dokter hewan.

Makanya sebelum terjadi, Anda harus menjaga kebersihan kandang supaya bakteri dan kuman tidak tumbuh berkembang.

2. Penyakit Hairloss pada Sugar Glider


Apa itu hairloss?

Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Foto by facebook Alvin Fawaz

Hairloss merupakan salah satu jenis penyakit sugar glider yang menjadikan bulu tubuhnya rontok. Biasanya penyebab utama penyakit ini adalah karna keadaan kandang yang kotor, kurang nutrisi dan protein serta stress.

Agar sugar glider anda tidak terkena penyakit hairloss, disarankan untuk merawat kandang dengan baik, jaga selalu keadaan supaya tetap bersih, minimal dibersihkan 2 kali dalam 1 pekan/minggu, terutama tempat tidurnya (pounch). Sebab kondisi kandang yang kotor bisa menumbuhkan bakteri dan jamur, sehingga bakteri dan jamur tersebut akan menyerang tubuh sugar glider dan mengakibatkan gatal-gatal serta iritasi kulit lalu akhirnya bulunya rontok.

Selain itu kalian juga harus memberi makanan yang bergizi dan menjaganya agar tetap tenang alias tidak stres, maka jauhkanlah kandang SG dari tempat yang sangat bising, terutama saat di waktu istirahatnya (siang hari).

Nah, itulah cara mencegah penyakit hairloss, lalu bagaimana cara mengobatinya?

Bersihkan area bulu yang rontok setiap hari menggunakan air hangat yang sudah dicampur sabun cair dettol secara pelan-pelan sambil dilakukan observasi dan pengecekan, apakah SG masih merasakan gatal atau tidak.

Namun bila kulit sugar glider sudah terlanjur luka akibat sering digaruk, maka kalian jangan memberi makan yang mengandung protein tinggi seperti serangga.

3. Penyakit Diare pada Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya
Gambar: grup facebook KSGI

Nah, jenis penyakit sugar glider inilah yang kami sebut paling berbahaya. Mengapa? Karena diare adalah penyakit yang paling sering menimpa hewan sugar glider.

Sugar glider yang terserang diare akan mengalami gangguan pencernaan, dan jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan kematian. Penyebab utamanya adalah sumber makanan, atau salah memberi makanan. Intinya jangan terlalu sering memberi makan jenis serangga, sebaiknya mengkombinasikan makanan sugar glider dengan buah-buahan atau lainnya.

Cara mengatasinya berikan obat dan vitamin yang bisa kalian beli di pet shop. Selengkapnya bisa dibaca: Cara Mengobati Sugar Glider Mencret


4. Kaki Bengkak



Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Kaki sugar glider yang mengalami pembengkakan biasanya karena infeksi bakteri yang menempel pada luka di bagian kaki SG. Mungkin karena kandangnya yang kotor sehingga bakteri bisa tumbuh dan berkembang dengan bebas.

Sugar glider yang terserang penyakit ini bisa stres dan merasakan kesakitan yang akhirnya akan membusuk.

Langkah Pengobatan Kaki Sugar Glider yang Bengkak:

  1. Hindari makanan yang mengandung protein berlebih seperti jangkrik, ulat hongkong  telor rebus dan bubur bayi.
  2. Berikan makanan yang tidak mengandung protein atau rendah protein seperti, pisang, pepaya, lengkeng, semangka dan lain-lain.
  3. Tambahkan sedikit madu pada air minum sugar glider, karena dapat menguatkan daya tahan tubuh sugar glider. Tapi hendaknya sobat juga berhati-hati dalam pemberian madu tersebut, jangan berlebihan sebab pemberian glukosa yang terlalu banyak pada air minum SG malah akan membuat luka SG semakin memburuk.

Itulah sebab penyakit kaki bengkak pada sugar glider dan cara mengobatinya. Kalau ingin lebih lengkap baca, cara mengobati bengkak pada sugar glider AMPUH.

5. Penyakit Hild Leg Paralysis


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Hild leg paralysis adalah penyakit kekurangan kalsium dan fospor, gejala awalnya yaitu kurang nafsu makan, berat badan menurun dan kurang aktif. Biasanya penyakit ini timbul karena faktor makanan, atau pola makan yang salah.

Cara mengobatinya cukup mudah, sobat cukup memberikan tambahan vitamin sugar glider dan memberi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fospor. Makanan tersebut bisa berupa buah-buahan seperti pisang atau lainnya. Agar mempercepat penyembuhan, tambahkan saja madu pada minumannya, jangan terlalu banyak tapi sedang-sedang saja.

6. Katarak pada Mata Sugar Glider


Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan  Cara Pengobatannya

Sebenarnya penyakit yang terakhir ini termasuk jenis penyakit mata, namun kami pisahkan karena lebih parah dan penanganannya berbeda.

Penyakit katarak disebabkan karena asupan makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi sehingga gizi pada tubuhnya tidak seimbang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di mata sugar glider, yang kemudian akan merembet ke seluruh matanya sampai pada akhirnya mengalami kebutaan.

Pengobatan penyakit katarak sangatlah sulit, meskipun masih bisa ditangani tapi tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Semakin anda cepat mengobatinya maka akan semakin cepat sembuhnya, tapi sebaliknya jika anda tidak segera mengobatinya maka akan semakin sulit atau bahkan buta selamanya.

Mengatasi penyakit katarak hampir sama seperti cara mengobati penyakit bengkak kaki, yaitu memperbanyak konsumsi buah dan menghindari makanan berprotein tinggi. Tapi lebih disarankan lagi jika langsung pergi ke dokter hewan.

Baca juga: Tips Merawat Sugar Glider yang Benar

Baik terimakasih, itulah penjelasan panjang lebar mengenai jenis penyakit pada sugar glider dan cara pengobatannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua khususnya yang sedang mengalami masalah pada SGnya. [nb: bagi yang memiliki gambar di atas silahkan tulis komentar di bawah, supaya bisa kami tulis]

24 Komentar 6 Jenis Penyakit pada Sugar Glider dan Cara Pengobatannya

  1. Mau tanya dong..klo SG saya dari pagi sampai mlm ga aktiv..makan nya cuma sedikit itu knp ya??tolong bantu ya..­čśómakasih

    ReplyDelete
  2. Kebetulan dulu saya sering ngalamin kaya gitu kak. Coba carikan pakan jenis lain, mungkin bosan dengan makanan yang sekarang. Jika sudah dicoba tapi belum sembuh, hubungi kami lagi ya kak

    ReplyDelete
  3. mau nanya, kalo SG cuma diem aja dan ga mau makan itu kenapa yah, kmaren ini saya tinggal ke jogja SG saya saya titip di sodara tapi hari ini SG saya ga mau makan dan hanya diem aja
    minta sarannya yah kalo bisa inbox ke fb saya di https://www.facebook.com/profile.php?id=100013843291845

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi stres kak cantik :)

      Coba tanyakan ke saudara, diapain aja tu SG nya.

      Sebaiknya diberikan kasih sayang lagi, sering di ajak main dan beri kedekatan padanya

      Delete
  4. misi mau tanya,
    kalau SG pantat nya berdarah dan kadang keluar daging gitu dari lubang pantat nya disertai dengan darah, itu bagaimana ya?
    harus bagaimana ya?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ditemukan lendir darah dari sugar glider maka umumnya penyakit itu adalah dehidrasi yang sampai mengakibatkan diare.

      Tapi bisa juga karena penyakit usus terkena infeksi atau parasit dan stress.

      Cara mencegah sugar glider yang mengeluarkan darah obat bisa memberi makan yang teratur diet yang seimbang dan jaga selalu kebersihan kandang supaya terbebas dari berbagai jenis bakteri infeksi berbahaya.

      Jauhkan dari makanan seperti jeruk. Gitu sob. terimakasih jika belum ada perubahan hubu kami lagi ya

      Delete
  5. Kuku jempol sg saya copot, itu gimana ya penanganannya? Setelah kukunya putus, dia jadi gamau makan, disuapin ttp aja makannya dikit, cuma beberapa kali jilatan saja,
    Biasanya klo dikasih sun gamau, dikasih jangkrik mau, tp ini udah dikasih jangkrik tetep gamau juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mba? ko bisa copot sih kasian :'( kalau ngeluarin dari kandang jangan dipaksa ya mba sama pas narik dari pouch hati hati..

      Tenang mba nanti bisa tumbuh lagi kok. Di kasih betadin aja atau gak biar lebih aman, gigitin daun singkong lalu taroh di kuku yanh copot.

      Ya pasti ga nafsu makan, soalnya kesakitan. Saya saja kalau ada yang sakit jadi gak nafsu makan. �� Tenang saja mb..

      Delete
  6. Mau nanya, sg saya beberapa hari belakangan ini bulu bagian bawahnya seperti basah, basahnya dari bagian bawah leher sampai perut, padahal batok kelapa tempat biasa dia tidur itu kering dan kandangnya juga kering, lalu kalau saya perhatikan dia suka jilat"in dan garuk bulu bagian bawahnya, terus kalau jalan jadi pelan dan sedikit gemetar seperti nahan gatal atau sakit saya tdk tau, sampai saat ini bulunya masih seperti itu, saya jadi bingung kira" itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan ini musim panas kak, biasanya pada cuaca panas sugar glider mudah terserang bakteri jamur dan kurap. Penyebabnya bukan hanya karena tidak lembab, tapi bisa juga karena kandang yang kotor tidak terawat dan tempat makan yang jarang dibersihkan atau ada makanan yang membusuk.

      Dilihat dari gejalanya memang biasanya itu jamur kak. Coba deh baca ini biar tau secara lengkap,

      Gejala Penyakit Jamur dan Kurap beserta Cara Mencegahnya

      Delete
  7. Saya mau menanyakan masalah mata bengkak pada SG sebelah kiri sehingga sampai tidak terlihat lagi... Itu bagaimana penanganannya ya.... Boleh share pencerahannya.... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah itu gejala abses kak. Abeses disebabkan oleh bakteri ke mulut. Prosesnya sama dgn yg terjadi sama manusia. semacam peradangan. analogi yg gampang ada bagian yg luka terus infeksi akibat luka kebuka dan ga diobatin akibatnya terjadi peradangan.

      Silahkam diobati pake GOM (Obat Satriawan). Beli di apotek cuma 3000 an. Setelah itu, makan serangganya di stop dulu ya kak. Kasih SuN sama buah aja. Untuk cara ngasih GOMnya bisa dicampur dengan makanannya atau kasih langsung lewat mulut. Bisa dibantu dengan pipet kalau ga mau makan.

      Delete
  8. Kalo ada benjolan di bawah mulut nya itu kenapa ya min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kak...pasti giginya di potong ya? Atau beli sugar glider WC (tangkapan liar) yang giginya sudah di potong?

      Kasian banget tu kak. Jika giginya di potong, si SG jadi mudah terserang penyakit dan bakteri. Salah satu penyakit yang sering terjadi pada sugar glider "gigi potong/ompong" adalah bengkak di bagian bawah mulut. Rata rata jika sudah seperti itu nyawanya tidak tertolong lagi.

      Tapi kalau kaka merasa giginya masih normal, mungkin dia terkena Satriawan.

      Solusinya kasih obat Satriawan namanya GOM. Beli di apotek banyak. Dan juga, jangan kasih bubur dulu. Berikan minuman yang sudah dicampur madu sedikit.

      Delete
  9. mw tanya, kuku sugar glider kok selalu bikin gatal ya ke kulit manusia?? kulit saya selalu jadi gatal2 dan bendol2 tiap kukunya di kulit saya..gatal sekali

    ReplyDelete
  10. mw tanya, kuku sugar glider kok selalu bikin gatal ya ke kulit manusia?? kulit saya selalu jadi gatal2 dan bendol2 tiap kukunya di kulit saya..gatal sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata-kata akibat terkena kuku sugar glider bukanlah hal yang asing tak. Seperti itu sering dialami oleh SG lovers.

      Tapi tentu semua ada sebabnya. Yang menyebabkan gatal-gatal adalah bakteri yang menempel pada kuku SG itu sendiri.

      Makannya supaya tidak gatal gatal, kaka harus rutin membersihkan kuku dan memotongnya.

      Memotong kuku sugar glider juga tak boleh sembarangan kak. Ada tutorialnya. Baca aja deh di tulisan kami sebelumnya, http://www.hobinatang.com/2017/03/cara-memotong-kuku-sugar-yang-benar.html

      Delete
    2. Ralat: #gatal gatal akibat terkena sugar glider bukanlah hal yang asing kak.

      Delete
  11. Aku juga gatel2 nih kak tiap main sama SG ku :(

    Kapan sih kak waktu yg baik utk potong kuku SG yg masih joey? Minimal brp bulan baru boleh di potong kukunya kak?

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat pemula agar aman, 3 bulan aja kak. Kaya saya dulu. :)

      Delete
  12. Kenapa yah sugar glider saya ad benjolan dibawa mulutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini sudah saya jawab di atas kak. Bisa karena abses sariawan atau karena giginya di potong. Belikan Obat GOM..

      Penjelasan lebih lengkap scrol ke atas. Baca komentar tanggal 22 Desember

      Delete
  13. Ka gmna caranya mengatasi sugar glider yg msh takut ? Ktika lg mkan klo dngr suara dkit lngsng kabur naik ke sleeping bag nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu normal kak, karena belum kenal lingkungan dan masih beradaptasi maka wajar kalau masih takut. Sifat takutnya menunjukkan kewaspadaannya.

      Mengatasinya banyak melakukan pendekatan sering dihandle jinakin dan kalau bisa dilatih supaya bonding. Taroh tempat yg rame biar terbiasa dengan manusia.

      Kalau ada pertanyaan Silahkan tanyakan lagi. :)

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top