Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Memelihara sugar glider bukan sekedar memberi makan, mengajaknya bermain atau membersihkan kandang. Sesekali kita perlu memperhatikan kondisi dan kesehatannya. Karena tidak sedikit para pecinta sugar glider yang tiba-tiba mendapati kakinya sudah bengkak besar. Ada yang bengkak biasa, ada yang disertai dengan warna biru bahkan ada yang bengkak sampai berdarah.

Bengkak sendiri merupakan satu dari sekian banyak jenis penyakit sugar glider yang ada. Di samping itu nampaknya penyakit ini kerap sekali dialami oleh hobiis. Buktinya sering ditanyakan di forum-forum media sosial seperti Facebook. Dari saya bergabung di grup tahun 2012 hingga sekarang, mungkin sudah ada ratusan pertanyaan terkait kaki bengkak pada sugar glider. Sering sekali kami temui. Salah satu contohnya,

"Urgent, di sini ada yang bisa memberi ide obat kaki sugar glider yang bengkak karena digigit oleh temannya. Dan sekarang jalannya pincang??" Dikirim oleh Facebook Valence Fen

"Om, kalau kaki SG bengkak, diobatin pake apa sih?" Ditulis oleh Mang Opoh Aya.

Oleh sebab itu hal ini tidak boleh dibiarkan, sebab jika dibiarkan efeknya besar. Kaki sugar glider yang terluka atau bengkak, akan menimbulkan rasa sakit hingga dia terlihat pincang saat berjalan.

Nah buat teman teman yang sedang mengalami masalah ini, sebaiknya simak ulasan hobinatang.com di bawah ini. Kami mengulas informasi penyebab kaki sugar glider bengkak dan cara mengobatinya. Lengkap disertai jawaban teman-teman di grup.

Penyebab Bengkak pada Kaki Sugar Glider


Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kaki sugar glider bengkak. Menurut pengalaman orang-orang, ada yang disebabkan karena berantem dengan temannya. Ada pula yang karena kukunya terlalu panjang sehingga terjepit di dalam kandang atau tersangkut kain. Ada pula yang bengkak karena salah dalam memotong kuku sugar glider. Bahkan ada yang disebabkan karena kecerobohan kita sendiri. Yaitu menarik sugar glider dari kandang secara spontan, padahal kukunya masih tersangkut kandang atau kain.

Namun secara umum bengkak kaki sugar glider disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk ke dalam luka kakinya. Pada kasus bengkak yang parah, biasanya juga tidak akan stress dan self  mutilation/memakan dirinya sendiri. Selain faktor-faktor di atas masih ada lagi yang lainnya. Mungkin ini tidak terlalu penting, jadi langsung ke pembahasan berikutnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak


Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Inilah inti dari pembahasan artikel hari ini. Untuk mengatasi kaki sugar glider yang bengkak, perlu mengetahui penyebabnya dahulu. Karena setiap penyebab memiliki pengobatan yang berbeda.  Misalnya, bengkak yang disertai darah sama bengkak biasa tidak sama penanganannya.

1. Berikan Non-Protein (Buah Buahan)


Untuk meredakan dan menyembuhkan kaki bengkak pada sugar glider secara cepat, silakan beri asupan makanan yang rendah protein. Pilih makanan berupa buah buahan non protein seperti pepaya, pisang, kelengkeng dan semangka.

2. Hindari Makanan Berprotein Tinggi


Protein memang bagus untuk kesehatan tubuh SG. Namun tidak saat kaki SG terluka. Apabila sugar glider anda sedang sakit bengkak pada kakinya, maka untuk sementara hindarkan sugar glider anda dari makanan yang mengandung protein seperti jangkrik, telur rebus, ulat hongkong dan bubur bayi.

Sebab protein dapat memperparah bengkak. Dalam beberapa kasus, kaki sugar glider bisa membusuk apabila diberi protein terus menerus ketika bengkak. Jadi untuk sementara hindari dulu.

3. Diberi Obat Madu Untuk Sugar Glider


Madu sangat baik untuk kesehatan tubuh siapapun, manusia maupun hewan. Mampu menguatkan sistem imun tubuh. Jika imun SG kuat maka proses penyembuhan bengkak pada kaki SG bisa lebih cepat dan maksimal. Caranya teteskan madu ke dalam air minum sugar glider, jangan terlalu banyak karena madu mengandung glukosa yang dapat memperparah sakit bengkak.

4. Dikasih Obat Luka Untuk Hewan


Apabila penyebab kaki sugar glider anda bengkak karena kesalahan dalam memotong kuku maka cukup beri obat luka untuk hewan. Tetesi atau oleskan obat tersebut pada luka atau bengkaknya sampai kering dan sembuh. Kalau bengkak tanpa lecet, bisa diberi air hangat sambil diolesi obat.

5. Memberikan Amoxillin


Amoxillin juga bisa dijadikan alternatif lain untuk mengobati luka dan bengkak pada kaki sugar glider. Anda bisa memberikannya dalam dosis sekecil mungkin. Caranya lembutkan dahulu kapsul amoxillinnya, lalu campurkan ke dalam air minum atau buah yang akan dimakan oleh SG.

6. Dibawa Ke Dokter Hewan


Yang terakhir bila bengkak pada kaki SG sampai membuatnya pincang maka itu sudah tahap parah. Sehingga segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan lebih maksimal. Sebab jika tidak segera diperiksakan, bengkaknya akan membusuk dan menyebabkan lumpuh atau harus diamputasi. Kasian kan?

Jawaban Member Komunitas Sugar Glider Terkait Kaki SG yang Bengkak Pincang


Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Ini merupakan poin tersendiri yang juga penting untuk kalian baca. Karena dari pengalaman mereka, kita dapat mengambil pelajaran yang berharga. Bagaimana mengobati kaki sugar glider yang luka bengkak?

Jawaban Fuad Febri Suseno, "Kasih air hangat terus olesin betadin biar cepat sembuh. Kalau bisa pisahkan dulu sama SG lainnya. Dulu aku gitu".

Jawaban Anwar Jati, "Bengkaknya gimana dulu. Coba olesin air hangat sama minyak tawon pelan pelan".

Dari Mauriq Ahmad, "Kalo dari pengalaman saya, pernah juga om seperti luka. Luka di bagian jempol kaki nya. Pertamanya berdarah, terus jadi agak bengkak, makin gede makin gede jadi item. Ya udah sama saya tak biarin entar juga dia sembuh sendiri. Kulit nya ngelupas jadi ganti yang baru. Gak dikasih obat gak di kasih apa apa. Secara alami, yang penting jaga asupan makanannya harus bergizi jangan yang berprotein".

"Buat share saja. Saya juga dulu pernah ngalamin. Yaitu kaki belakang sugar glider ku ke belit benang dari SP. Sampe warnanya membiru dan bengkak. Dan 2 hari tidak ada perubahan. Lalu saya bawa ke Dokter hewan. Saat itu di periksa terus di kasih obat 2 macem. Ada yang di campur sama pakan sg. Dan ada obat salep. Alhamdulillah 4 hari langsung sembuh. Udah gtu aja. kali aja bermanfaat" Jawaban terbaik. Dari Nur Hidayat Arif.

Baca juga: Efek Buruk Sugar Glider yang Kegemukan atau Obesitas

Nah itulah cara lengkap mengobati kaki sugar glider yang bengkak. Baik sampai berdarah atau bengkak luka warna biru. Semoga bermanfaat, silahkan dibagikan pada teman teman. Sertakan sumbernya ya.

0 Komentar Cara Mengobati Kaki Sugar Glider Bengkak Beserta Penyebabnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top