HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengobati Sugar Glider Mencret Lengkap Disertai Penyebab dan Pencegahannya

Penyakit mencret atau diare juga dapat menyerang binatang peliharaan seperti sugar glider. Keadaan ini kerap membuat khawatir pemiliknya, terkhusus buat para pemula. Karena bila dibiarkan bisa mencapai level kematian. Berawal SG menjadi lemas. Lalu pucat hingga akhirnya kehabisan cairan dan mati.

Tapi jangan khawatir penyakit mencret pada sugar glider masih bisa disembuhkan tanpa harus ke dokter hewan. Yang penting jangan disepelekan. Kalau sudah melihat tanda tanda sugar glider mencret, langsung segara diatasi. Di bawah ini hobinatang.com sudah merangkum penyebab dan bagaimana cara mengatasi sugar glider yang diare atau mencret.

Penyebab dan Cara Mengobati Sugar Glider Mencret atau Diare


Penyebab dan Cara Mengobati Sugar Glider Mencret atau Diare

Diare merupakan satu dari berbagai macam penyakit yang bisa menimpa sugar glider. Penyakit ini ditandai oleh gangguan pencernaan sehingga kotoran/fases yang keluar tidak normal. Bisa dikatakan bahaya, bisa pula ringan. Tergantung bagaimana anda menanganinya.

1. Penyebab Sugar Glider Mencret


Mencret pada sugar glider umumnya disebabkan oleh makanan. Misalnya makanan kurang higienis, terlalu sering diberi serangga tanpa dikombinasikan. Makanan kotor tidak bersih. Selain faktor pakan, bisa juga karena kekurangan vitamin atau akibat stres.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Stres

2. Cara Mencegah Sugar Glider Mencret


Untuk mencegah agar sugar glider tidak mencret kalian harus rutin membersihkan kandang. Minimal 2 kali dalam sepekan. Buang sisa makanan yang mulai membusuk. Bersihkan kotoran yang ada di kandang. Bisa jadi itu sumber penyakit diare. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin dan terlalu panas.

3. Cara Mengobati Sugar Glider yang Terkena Mencret


Kalau sudah terlanjur terkena diare, mimin kasih tips bagaimana cara mengobatinya:

  • Pertama pindahkan SG ke suhu ruangan yang baik.
  • Jangan dulu dikasih asupan protein seperti yang terkandung pada bubur bayi, jangkrik, ulat hongkong dan asupan protein lainnya.
  • Ganti dengan makanan buah buahan.
  • Berikan cuka apel sebanyak 25% (seperempat) pada air minum sugar glider anda. (campur madu juga boleh)
  • Kalau saja belum sembuh, berikan obat diare khusus hewan. Frekuensi pemberiannya 2 kali sehari. Cara memberinya dicampur dengan makanan atau minumannya.

Itulah ulasan lengkap cara mengobati dan mencegah penyakit diare pada sugar glider beserta penyebabnya. Cara tersebut sudah banyak diterapkan oleh hobiis atau peternak. Insyaallah manjur ampuh. [Ditulis oleh salah satu admin hobinatang pencinta SG. Jika ingin menyebarkan sertakan link ya!]

0 Komentar Cara Mengobati Sugar Glider Mencret Lengkap Disertai Penyebab dan Pencegahannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top