Penyakit Kurap dan Jamur Pada Sugar Glider Beserta Cara Mengobatinya

Penyakit jamuran pada sugar glider- pada dasarnya sugar glider adalah binatang peliharaan yang sangat lucu. Mereka memiliki tubuh unik dan bulu yang halus. Warnanya pun bervarian, semua tergantung pada jenis sugar glider masing-masing.

Akan tetapi bulu dan warna yang cantik tersebut akan nampak jelek apabila sugar glider terkena penyakit jamur. Gejala penyakit jamur bermula pada bagian bawah tubuh sugar glider yang rontok atau basah. Sebab kawasan tersebut mudah terkena jamur akibat bakteri dari kandangnya.

Selain itu biasanya sugar glider akan merasa gatal-gatal. Biasanya kalau terkena jamur atau kurap, sugar glider akan menggaruk di bagian belakang ekor dan bawah. Dan penyakit ini sering terjadi saat musim panas alias cuaca panas. setelah rontok bulu akan tumbuh kembali kira-kira 4 Minggu kedepan.

Lalu apa sih penyebab penyakit kurap dan jamur pada sugar glider?

Penyebab Penyakit Jamur Pada Sugar Glider


Penyakit Kurap dan Jamur Pada Sugar Glider Beserta Cara Mengobatinya

Sebenarnya jenis penyakit jamur sudah pernah kami singgung di artikel 6 macam penyakit sugar glider dan obatnya. Namun barangkali penjelasan di sana kurang mendetail dan lengkap, sehingga kami pun perlu membahasnya di bab tersendiri.

1. Kandang yang Terlalu Kotor


Bakteri kurap disebut sebagai Dermatophytes. Virus tersebut umumnya dapat menyerang hewan-hewan peliharaan yang kebersihan dan kelembaban kandang tidak dijaga. Tapi bisa juga akibat faktor genetik.

Tapi sebab utamanya biasanya adalah kandang yang terlalu kotor. Mungkin saat mencuci tidak dibersihkan secara sempurna dan makanan yang ada di tempat makan dibiarkan membusuk. Oleh sebab itu untuk mencegah penyakit jamur disarankan agar mencuci kandang sekali dalam sepekan dan mencuci tempat makan 4 hari dalam sepekan. untuk mencucinya kalian dapat menggunakan dettol maupun cuka masakan, karena kedua bahan tersebut dapat menetralkan kandang dari bakteri.

2. Kandang Terlalu Lembab


Kelembaban kandang juga merupakan faktor utama terjangkitnya penyakit jamur pada sugar glider. Untuk mengatasinya sebaiknya kandang diletakkan yang tidak jauh dari keluar masuk udara.

Misalnya kalian meletakkan kandang di area samping jendela kamar yang terdapat gorden. Sehingga cahaya tidak langsung memancar ke kandang dan mendapat udara dari luar. Hal itu dapat mengurangi kelembaban kandang sehingga bakteri jamur tidak bisa berkembang biak.

3. Faktor Makanan yang Telah Busuk


Penyebab terakhir kenapa sugar glider terkena jamur adalah faktor makanan yang membusuk. Misalnya makanan sugar glider berupa pepaya, pisang, melon dan semangka. Jangan biarkan makanan tersebut terlalu lama di dalam kandang yang akhirnya membusuk.

Karena jika sudah busuk bakteri jamur bisa berkembang biak dan menyebar di sekitar kandang. Berawal dari lalat yang hinggap di atas makanan tersebut. Atau bisa juga dari binatang lainnya yang membawa bakteri.

Baca: Daftar Makanan untuk Sugar Glider yang Baik dan Sehat

Perlu diingat bahwa perawatan yang buruk dapat menimbulkan suatu yang buruk. Jadi apabila sobat sudah berani memelihara sugar glider maka sobat harus berani bertanggung jawab untuk merawatnya secara disiplin dan rutin.

Baiklah itu saja dari kami tentang penyebab penyakit jamur dan kurap yang terjadi pada sugar glider peserta gejala dan cara mengobatinya. Sekian dari kami terima kasih

0 Komentar Penyakit Kurap dan Jamur Pada Sugar Glider Beserta Cara Mengobatinya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top