HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Jenis Sugar Glider di Indonesia dan Harganya Terbaru 2018

Jenis dan Harga Sugar Glider. Apa itu sugar glider? Sugar glider adalah salah satu hewan pengerat paling lucu dan imut yang berasal dari negara tanah air kita, yaitu Indonesia atau lebih tepatnya di Papua. Hewan peliharaan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, baik di Indonesia atau di belahan dunia lainnya, semua itu karena hewan sugar glider memiliki karakter dan watak yang unik, lucu serta pintar.

Sugar glider mempunyai nama latin Petaurus Breviceps. Dinamakan sugar glider karena dia manis dan bisa terbang, jika kita pisahkan maka artinya menjadi (sugar) "gula" yang memiliki sifat manis, dan (glider) bermakna "terbang". Sehingga apabila disatukan "sugar glider" menjadi (si manis terbang). Mereka termasuk dari spesies omnivora kelas marsupial yang nokturnal. Artinya, dia memiliki ciri-ciri tubuh berkantong dan aktif di malam hari.

Jenis Jenis Sugar Glider di Indonesia dan Harga sugar glider

Jika dilihat dari karakter dan ciri-ciri di atas mungkin binatang sugar glider terlihat agak mirip dengan tupai terbang, namun sebenarnya sangat berbeda jauh. Apa saja bedanya tupai dengan sugar glider?

Jenis Jenis Sugar Glider di Indonesia dan Harga sugar glider
Perbedaan Tupai Terbang dan Sugar Glider

Perbedaan yang menonjol ada pada bentuk tubuh, warna dan bulunya. Sugar glider terlihat lebih kecil daripada tupai dan juga bulunya lebih halus, bulu ekor lebih ramping serta warnanya jelas lebih indah dari tupai terbang.

Selain itu cara merawat sugar glider juga tidak serumit memelihara sapi dan kambing, kebutuhan pakan tergolong lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak uang, cukup diberi buah segar, bubur bayi atau jenis serangga seperti jangkrik. Hanya saja mungkin akan sedikit menguras kantong untuk membeli sugar glider, kandang dan aksesoris-aksesorisnya.

Tapi Insyaallah harga sugar glider tidak sampai seharga HP Samsu*g saat ini. Di sisi lain kalian juga harus menjaga kebersihan kandangnya supaya si SG tidak terserang penyakit. Untuk perawatan sugar glider yang lebih lengkap bisa dibaca di sini: Cara Merawat Sugar Glider Agar Sehat dan Tidak Bau

Gimana? Apakah kalian tertarik untuk memelihara hewan yang manis ini? Jika jawabannya "iya" maka kalian wajib mengetahui jenis-jenis dan harga sugar glider yang ada di Indonesia sebelum membelinya, sebab jenis hewan ini tidak hanya satu, namun ada beberapa jenis yang masing-masingnya memiliki harga, karakter dan bentuk yang berbeda. So, kalau bisa sih setelah kalian membeli, nantinya tidak menyesal karena salah memilih jenis.

Jenis Jenis Sugar Glider dan Harganya


Baiklah berikut jenis sugar glider yang paling populer beserta harga sugar glider terbarunya:

1. Sugar Glider Classic Grey


jenis sugar glider classic grey

Grey adalah jenis sugar glider yang sudah umum dan paling terkenal serta banyak dipelihara oleh penghobi di Indonesia. Bagi kami, jenis inilah yang paling cocok dipelihara oleh pemula, sebagaimana kami dahulu saat pertama mengenal sugar glider, saya lebih memilih membeli jenis grey sebelum mencoba yang lainnya.

Mengapa? karena harganya paling bersahabat dibandingkan jenis lainnya, selain itu warnanya juga tidak kalah menarik, sebagian besar tubuhnya bercorak abu-abu dan ada sedikit warna putih membentuk seperti huruf "V" di bagian kepalanya. Pada sisi perut dan sayap bawah berwarna putih, namun warna putih itu bisa berubah menjadi kuning karena air kencingnya sendiri, maka sebaiknya kalian memperhatikan perawatan kebersihan kandang dan memandikan sugar glider secara teratur.

Adapun pakan sugar glider sama seperti lainnya, yaitu bubur bayi, buah pisang, pepaya atau serangga seperti ulat hongkong dan jangkrik. Jika dia belum jinak, kadang dia akan suka crabbing. Apa itu crabbing? Crabbing adalah suara seperti merong-rong yang tidak enak didengar. Crabbing digunakan sebagai alat untuk menakut-nakuti atau semacam membela diri.

Harga terbaru sugar glider jenis grey, untuk joey (anakan) Rp.400.000-500.000 dan untuk dewasa juga sama tapi bisa lebih rendah. Kalaupun kalian beruntung, bisa membeli SG JOEY dengan harga murah yaitu 300.000. Biasanya dia mau menjual segitu karena sangat butuh duit.

2. White Face


jenis sugar glider white fece
by:forum facebook edit hobinatang.com

Sebagaimana namanya, jenis white face ini memiliki wajah yang berwarna putih, meskipun sekilas hampir mirip dengan jenis grey, tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang dapat membedakan keduanya, yaitu tubuhnya berwarna agak keputihan tidak terlalu abu-abu seperti grey, dan juga harganya juga lebih mahal.

Berdasarkan pengalaman teman-teman di grup-grup facebook komunitas pencinta sugar glider, cara merawatnya sama seperti merawat jenis grey, hanya saja tentunya lebih kuat penjagaannya serta perawatannya, karena harganya lebih mahal. Lalu berapa sih harga sugar glider white face? Harga terbaru white face mulai dari 2 juta, 3 juta bahkan sampai 4 juta.

3. White Tip


sugar glider white tip ekor putih

Kalau bisa dikatakan ini adalah termasuk jenis grey, tapi hari ini kebanyakan kalangan penghobi telah membedakannya sebagai jenis white tip yang artinya "ekor putih". Lihat aja tuh di gambar, ekornya berwarna putih unyu-unyu.

4. Sugar Glider Mosaik


jenis sugar glider mosaic
by:forum facebook edit hobinatang.com

Jenis Mosaic hampir sama dengan jenis white fece dari segi corak yang berwarna abu-abu di bagian kepala sampai punggung, perbedaan mozaik dengan white fece ada pada warna tubuhnya. Mosaic memiliki warna putih yang mendominasi tubuhnya, mulai dari ekor sampai bagian samping perut, sedangkan white fece tidak.

Lalu perbedaan berikutnya ada pada jumlah NOL setelah rupiah, alias harganya lebih mahal, yaitu Rp.5.000.000 - Rp.8.000.000. Baik untuk ukuran dewasa maupun joey atau baby.

5. Leucistic


Jenis Sugar Glider Leucistic

Wiih, imutnya si leucistic ini. Jika direnungkan, sepertinya hanya orang-orang kaya saja deh yang mampu membelinya sob. kwkw maklum namanya juga hewan bagus. Sugar glider jenis leucistic adalah jenis yang tercantik versi hobinatang.com, adapun bagi kalian terserah sih pilih yang mana. Cantik karena warnanya yang putih terlihat bersih, tentunya berbeda dengan classic gray dan white fece yang masih memiliki corak abu-abu.

Harganya juga tak kalah cantik, berkisar Rp.10.000.000-Rp.15.000.000 Nah, itung saja tuh ada berapa NOL nya?! malah bisa-bisa jenis ini menjadi yang termahal di dunia.

6. Albino


jenis sugar glider albino mata merah

Poin yang terakhir dari jenis-jenis sugar glider ialah Albino. Sebenarnya albino adalah jenis yang cacat atau memiliki kelainan tapi dengan kecacatannya tersebut dia malah menjadi cantik seperti leucistic, hanya saja matanya berbeda, mata albino berwarna merah sedangkan leucistic hitam. Kalau dipikir-pikir setiap hewan yang albino ko jadi lucu ya sob? ada musang albino, lele albino, atau hamster albino. Tapi anehnya jika manusia yang albino (kulitnya berwarna putih semua serta tidak tahan terhadap matahari) dilihat malah seperti aneh gitu. Bagaimanapun inilah kebesaran tuhan yang mampu atas segalanya.

Itulah jenis-jenis dan harga sugar glider di Indonesia yang dapat kamu pelihara berdasarkan pengalaman para adopter. Harga yang kami sebutkan di atas bisa berubah-rubah sesuai tempat keadaan dan kondisi penjual di daerah masig-masing. Jadi jangan dijadikan patokan tetap, akan tetapi hanya gambaran semata. Sekian terimakasih

4 Komentar 6 Jenis Sugar Glider di Indonesia dan Harganya Terbaru 2018

  1. No 6 bukan albino tapi creamino. Albino tu warna putih mata garnet.
    Heheheheh
    Peace.
    Salam grabbing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Garbbing kak. Terkait masukannya terimakasih. Tapi yang saya masukkan memang Albino. Mata albino memang merah. Dan foto tersebut kami ambil dari teman kami di grup.

      Delete
  2. Menarik sekali, terimakasih infonya. Salam griding...

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top