HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch

Ciri-ciri sugar glider hamil sebenarnya sudah pernah disinggung pada artikel, cara beternak sugar glider. Namun sayangnya di sana kurang detail dan lengkap, sehingga hobinatang.com pun berniat untuk membahasnya lagi di bab tersendiri.

Dalam proses breeding (beternak) ada yang namanya perkawinan antara sugar glider jantan dan betina. Dan di saat-saat tersebut biasanya para penghobi akan harap-harap cemas terhadap kondisi si betina, "Wah sugar glider saya udah hamil belum ya?!". Sampai-sampai perasaan tersebut ditanyakan di grup-grup komunitas, "Gan/sist, cara mengetahui sugar glider hamil atau tidak gimana ya?"

Bagi kami hal ini sangatlah wajar, soalnya mereka mungkin sudah tidak sabar menunggu si buah hati SG yang mungil dan imut. hihi. Tapi tenang sob, Insyaallah pertanyaan di atas akan admin jawab. Karena kebetulan hari ini admin lagi semangat (Yee). Ya, itung-itung berbagi pengalaman kepada pembaca setia hobinatang. he he Baiklah berikut tanda-tanda sugar glider hamil:

Ciri Ciri Sugar Glider Hamil


Sebenarnya ciri-ciri kehamilan sugar glider tidak bisa diketahui. Hal itu disebabkan karena bayi yang ada di dalam perut si betina sangatlah kecil, sehingga nyaris mustahil untuk dilihat. Namun kalau untuk mengetahui apakah si anakan sudah di dalam kantung (In Pouch) atau belum, itu baru bisa dan tidak sulit.

Umumnya setelah sepasang sugar glider melakukan perkawinan, selang satu pekan (minggu) atau dua pekan berikutnya bayi akan lahir dan dimasukkan ke dalam kantungnya (IP). Dengan syarat/catatan perkawinannya berhasil, kalau tidak berhasil ya tidak ada apa-apanya di dalam kantong. Nah oleh sebab itu supaya kita tahu apakah proses breedingnya berhasil atau tidak, kita perlu mengetahui ciri-ciri sugar glider yang In Pouch (yang menyimpan bayinya di kantung). Adapun ciri-ciri sugar glider IP sebagai berikut:

Simak juga: Cara Merawat Sugar Glider Hamil Sedang In Pouch

1. Dengan Melihat Kantungnya (Pouchnya)


Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch

Cara pertama yaitu melihat kantungnya, apakah ada beby sugar glider atau tidak. Saat pertama kali lahir ukuran sugar glider hanya sebesar biji jagung, jadi kalian lihat saja pada kantungnya. Jika ada benjolan berarti proses perkawinannya berhasil namun sebaliknya jika rata tanpa benjolan berarti kalian harus bersabar dan mencoba lagi.

Ingat kalian tidak perlu merabanya, karena biasanya si betina masih sensitif. Asal kalian tahu, proses anak di dalam kantung ini membutuhkan waktu 2 bulan, dan selama 2 bulan tersebut si anak sudah dikasih susu dan nutrisi oleh induknya. Jadi sobat tidak perlu memberi makan anaknya selama 2 bulan di dalam pouch. Lalu apa yang terjadi berikutnya?

Apabila masa IP nya selesai (2 bulan) maka yang terjadi setelahnya ialah OOP (out off puch) alias keluar dari kantong. Di saat ini besarnya baru seukuran jari jempol kita. Jadi sobat juga harus memisahkannya supaya tidak terinjak atau malah dimakan orangtuanya. hi hi

2. Sugar Glider Betina Menjilati Kantungnya


Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch
Gambar sugar glider joey by facebook

Tanda-tanda sugar glider hamil yang kedua ialah dengan mengamati karakter ibunya. Apakah dia menjilati kantungnya atau tidak. Jika iya berarti selamat! Anda akan memiliki sugar glider baru. Oh iya, tujuan si induk menjilati kantungnya adalah untuk memastikan apakah posisinya sudah baik dan benar atau belum.

Gimana, untuk mengetahui ciri-ciri sugar glider hamil mudah kan? Silahkan dishare ke sesama penghobi supaya mereka juga tahu, khususnya yang masih pemula dalam hal memelihara sugar glider. Baca juga artikel: cara merawat sugar glider joey dan dewasa

8 Komentar Ciri Ciri Sugar Glider Hamil dan IP In Pouch

  1. Anonymous31 January

    Pada Saat IP Apakah wajar anak yg sudah berbentuk sebesar kelingking itu keluar dari pouch nya.. sudah ga merah dan sudah ada bulu halusnya.. apakah bs masuk lagi ke pounch induk nya atau itu di reject?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia berapa mas? Kalau sudah ada sedikit bulunya nanti juga bakal masuk lagi.

      Wajar itu mas. Nanti kalau sudah 2 bulan, si joey alias anak SG sudah mandiri.

      Delete
  2. Maaf mas mau tanya kenapah ya kok sg saya pas lagi ip dia malah ngebuang anak nya.anak nya tba tba mati di bawah kandang itu efek kenpah ya tapi ank nya mash utuh dan tidak ada gigitn sama sekali ank nya udh sebesar biji kacang tanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diriject ada beberapa kemungkinan Kak.

      Induk stres, masih terlalu dini. Pernah dipegang pegang gak?

      Delete
  3. Anonymous12 November

    Mau tanya kak....Dulu sih pas masa abg SG nya jinak ,tapi pas lagi IP di kasih makan dengan cara seperti kebiasaannya saat abg(makanan nya di pegang owner-nya) terus pas makan si betina di elus" manja kepala nya seperti saat masa abg nya dulu biar tujuan ga stres/ga gampang kaget dengan orang sekitar.itu gmna ya mas apakah harus meninggalkan hal seperti itu apa harus tetap di lanjut kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti biasa saja tidak masalah, Tapi saat sugar glider IP akan ada perubahan karakter dan sifat. Sebaiknya Anda cermati dan anda perhatikan sambil melihat situasi dan kondisi.

      Kalau memungkinkan bisa seperti dulu tidak masalah

      Delete
  4. Anonymous22 November

    Min mau nanya, kan admin ada bilang diatas kalo sugar glider betina yang hamil terlalu dini bisa stres, nah solusinya apa ya? Apa harus dipisahin dulu sama jantannya biar umurnya lebih siap dulu baru dikawinin ato gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarin aja Kak. Selama nanti tidak direjek gak masalah.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top