Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

Cara beternak sugar glider- Dalam dunia persugar glideran ada yang namanya breeding. Apa itu? Breeding adalah sebuah proses yang diawali dengan memilih indukan berkualitas untuk dikawinkan agar melahirkan keturunan yang baik, atau dalam kata lain menternakkan dan membiakan seekor hewan.

Kebanyakan penghobi sugar glider pasti mempunyai keinginan untuk ternak dan mengawinkan sugar glidernya. Apalagi hari ini minat masyarakat terhadap binatang pengerat yang satu ini semakin meningkat sehingga dorongan untuk beternak sugar glider pun semakin tinggi.

Meskipun ada juga yang membiakan sugar glider bukan untuk usaha atau bisnis namun hanya sebagai kesenangan dan pengalaman. Tapi sobat perlu tahu bahwa beternak sugar glider itu tidak semudah yang kita bayangkan, pasalnya banyak dari mereka yang gagal dan tidak menghasilkan apa-apa. Intinya ada saja masalah-masalah di tengah-tengah proses breeding, misalnya anaknya mati karena keguguran atau mati karena anaknya dimakan indukannya.

Apa Keuntungan Beternak Sugar Glider?


Berbisnis dari sebuah hobi memang menyenangkan, karena menjalaninya dengan penuh cinta. Namun yang jadi pertanyaan, "Apakah kita bisa sukses dan mendapat uang banyak hanya dengan beternak sugar glider?" Saya rasa tidak, kecuali sobat memiliki banyak modal dan membeli 8 pasang (8 pasang = 16 sugar glider) untuk diternakkan. Bahkan itu pun belum cukup jika sobat tidak memiliki banyak waktu.

Jadi intinya untuk sukses di dunia sugar glider Anda perlu banyak modal dan banyak waktu. Kalau kalian baru memiliki 1-2 pasang saja mending diniatkan untuk kesenangan dan kepuasan dahulu, jangan jauh-jauh memikirkan uang. Malah nanti bisa tidak fokus dan akhirnya gagal terus stres.

So kerjakanlah dengan kesabaran dan kasih sayang. Toh' beternak sugar glider juga tidak membutuhkan tempat luas. Merawatnya pun tidak serumit memelihara anjing persia. Baca saja artikel ini, cara merawat sugar glider agar sehat.

Cara Beternak Sugar Glider Lengkap


Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap

Baiklah saatnya hobinatang.com membahas bagaimana tips ternak sugar glider yang baik dan benar. Tapi sebelumnya pastikan kalian memiliki modal minimal 1-2 juta untuk membeli kebutuhannya, seperti kandang, pouch, batok dan pasangan sugar glider:

1. Menyediakan Kandang Sugar Glider


Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap

Sebelum sobat membeli dan menernakkan sugar glider, disarankan agar menyediakan kandang yang layak. Sesuaikan dengan jumlah pasangan yang ingin anda kawinkan. Misalnya kalian ingin beternak 5 pasang sugar glider, maka kalian juga harus menyediakan 5 kandang, supaya tidak rame.

Kandang sugar glider bisa berupa plastik, atau yang lainnya. Untuk harganya berkisar Rp. 180.000 sampai Rp. 200.000. (belum termasuk aksesoris pouch, batok dan lain-lain) Jika sudah dihuni pasangan SG, kalian wajib merawat kebersihan kandangnya, supaya tidak tumbuh penyakit bakteri yang dapat membuatnya mati. Baca: jenis penyakit sugar glider dan cara mengobatinya

2. Mengenal Lebih Dalam Tentang Sugar Glider


Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap
Gambar sugar glider by grup facebook

Dalam pribahasa mengatakan, "jika lapar, maka makanlah" #eh bukan itu maksudnya, tapi "Tak kenal maka tak sayang dan akhirnya tak tahu". Ketahuilah, di dunia sugar glider itu banyak istilah-istilah yang harus kalian tahu. Misalnya, joey, oop, crabbing dan lain-lain. Jadi kalian harus banyak membaca dan mencari tahu, saya sarankan untuk membaca: "Mengenal Sugar Glider dan Fakta-Faktanya".

3. Membeli Indukan Berkualitas


Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap

Belilah sepasang atau 10 pasang indukan berkualitas, baik yang jantan maupun betinanya [baca: cara membedakan sugar glider jantan dan betina].

Jangan cari SG yang sakit, cacat atau belum saatnya dikawinkan. Usia sugar glider yang siap kawin/matang adalah 7-12 bulan. Berapa harga sugar glider? Untuk satu sugar glider seharga Rp.400.000-450.000 sehingga jika kalian beli sepasang bisa Rp.800.000-900.000.

Baca: Tips Sebelum Membeli SG

4. Memberikan Makanan Sugar Glider yang Menyehatkan


Langkah yang keempat dalam beternak sugar glider adalah memberikan makan pada induknya. SG merupakan hewan nokturnal omnivora (pemakan segalanya). Meskipun biasanya dikasih bubur bayi tapi lebih baik lagi jika diberi makan buah atau serangga. Untuk lengkapnya baca: daftar makanan sugar glider yang menyehatkan

5. Mengawinkan Sugar Glider


Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap

Poin ini merupakan poin yang paling krusial dalam beternak hewan sugar glider. Dan cara mengawinkan sugar glider sangat panjang sehingga kami pun memisahkannya di artikel khusus yang berjudul: [Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Baik dan Benar]

6. Ciri-Ciri Sugar Glider Hamil


Ciri-ciri sugar glider yang hamil tidak terlihat, karena bayinya sangat kecil. Namun umumnya SG betina akan hamil setelah dikawinkan di dalam kandang 1-2 pekan/minggu. So perhatikan baik-baik apakah di dalam kantongnya ada anaknya atau tidak. Berdasarkan pengalaman, si induk akan menjilati kantongnya jika di dalamnya ada bayi.

Mungkin cukup itu saja pembahasan lengkap terkait cara ternak sugar glider bagi pemula. Yang jelas setelah sugar glider lahir sobat tinggal merawat joey (anakan)nya dengan baik. Jika sudah bisa makan sendiri bisa langsung dijual. Silahkan gabung ke grup-grup komunitas sugar glider Indonesia. :) Sekian terimakasih

1 Response to Cara Beternak Sugar Glider yang Lengkap untuk Pemula

  1. MAU MENANG BESAR CUKUP DENGAN MODAL 20.000 SAJA ???
    ATAU DENGAN MODAL 50.000 DAPAT BONUS 10 % PENDAFTARAN NEW MEMBER ???
    HAYO PILIH YANG MANA??

    KEDUANYA BISA KAMU DAPATKAN DI POKERBINTANG
    BINTANGNYA POKER ONLINE !!!

    PROMO EVEN SPESIAL MEI-JULI 2018

    BONUS TURN OVER 0.3% - 0.5%
    BONUS REFERAL 10 % SEUMUR HIDUP
    BONUS T COIN FREE ( ASAL ADA MAIN )

    SPESIAL DATE
    TURNAMENT POKER HADIAH HINGGA RATUSAN JUTA
    JACKPOT GLOBAL HINGGA RATUSAN JUTA

    SEMUANYA ADA DI POKER BINTANG, BURUAN GABUNG YA GAN...
    LINK RESMI KITA : WWW.POKERBINTANG,NET
    WWW.BINTANG-QQ,COM
    WWW.POKERBINTANG,CLUB

    LIVECHAT 24 JAM ONLINE
    BBM : D866631B
    WA : +628777283534
    LINE : pokerbintang

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top