HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina dengan Mudah

Apa perbedaan sugar glider jantan dan betina? pertanyaan itu sering sekali dilontarkan oleh para pemula di sebuah forum-forum diskusi facebook maupun website. Tapi bagi kami, hal itu sangatlah wajar, sebab selain mereka baru mengenal dan memelihara binatang ini, bentuk kelamin sugar glider juga tidak terlalu menonjol sebagaimana binatang peliharaan lainnya seperti kucing, anjing atau sapi, apalagi untuk sugar glider yang masih joey atau anakan bayi kecil.

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina dengan Mudah

Oleh sebab itu, untuk membedakan jenis kelaminnya pun agak membingungkan. Tapi kalian jangan khawatir sob, karena hobinatang.com akan menjelaskan bagaimana cara membedakan sugar glider jantan dengan betina secara detail dan mudah dipahami. Mulai dari menyebutkan ciri-cirinya sampai sifatnya masing-masing. Bagi kalian yang baru ingin membeli/mengadopsi binatang yang lucu dan imut ini, silahkan baca: Jenis Jenis Sugar Glider dan Harga Terbarunya

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan` dan Betina


Membedakan sugar glider jantan atau betina dapat ditinjau dari dua sisi, sisi yang pertama adalah perbedaan bentuk fisik tubuh antara SG jantan dengan betina kemudian yang kedua ditinjau dari sifat atau karakternya masing-masing.

Perbedaan Fisik dan Tubuh Sugar Glider Jantan dan Betina


Membedakan bentuk fisik sugar glider ini sangat lah mudah, untuk sugar glider jantan memiliki "ball" (skrotum) alias buah dzakar di bawah perut, sedangkam untuk sugar glider betina ditandai dengan adanya kantong seperti kanguru pas di perutnya. Kantong tersebut berguna untuk merawat anaknya yang baru lahir. Anak sugar glider akan berada di dalam kantong kurang lebih 2 bulan dan masa itu disebut dengan IP (in pouch) jika sudah keluar disebut OOP (out of pouch).

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar perbedaan antara sg jantan dan betina di bawah ini:

perbedaan sugar glider jantan dan betina

Lalu perbedaan berikutnya ada pada kepala si jantan, dimana sugar glider jantan yang berumur 4-5 bulan akan mulai mengalami perubahan pada fisiknya, terutama di bagian kepala yang membotak (menjadi botak), jika semakin tua maka akan semakin terlihat jelas. Selain itu, di usia ini si sugar glider jantan juga akan mengeluarkan celah kelenjar yang bau di bagian leher yang berguna untuk menandakan wilayah kekuasaannya. Sedangkan sg betina tidak mengalami perubahan fisik tubuh.

sugar glider jantan

Perbedaan Karakter Sugar Glider Jantan dan Betina


Perbedaan karakter jantan dan betina akan terlihat jika si betina sedang hamil, atau melahirkan anaknya sedangkan si jantan ketika dia sedang birahi atau pingin kawin.

Biasanya sugar glider betina yang sedang memasuki masa-masa hamil atau melahirkan dia menjadi lebih galak, meskipun sebelumnya si betina sudah jinak atau bonding. Maka harap dimaklumi dan kamu tidak perlu khawatir dengan keadaannya. Tetaplah dirawat seperti biasanya, jika anaknya sudah besar Insyaallah akan kembali jinak atau bonding lagi denganmu.

Baca: Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Galak

Begitu juga dengan si jantan yang sedang birahi, dia lebih galak. Maka sebaiknya carikan pasangan supaya bisa menjadi keluarga SAMAWA sakinah mawadah wa rahmah serta melahirkan keturunan yang shalih dan shalihah Amiin #eh

sugar glider betina

Itulah cara membedakan sugar glider jantan dengan betina, yang mudah dipahami bagi pemula. Baik, selamat bersenang-senang dengan si manis. Trimaksih jangan lupa like dan ikuti fanspage facebook kami. [kami merasa kesulitan menemukan sumber pertama dari gambar-gambar di atas, sebab kami mengambilnya di facebook, bagi yang merasa memilikinya silahkan tulis di kolom komentar]

0 Komentar Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina dengan Mudah

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top