Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Punya sugar glider tapi masih suka menggigit, suka crabbing dan suka lari-lari itu rasanya sesuatu banget, padahal awalnya tujuan kita merawat sugar glider agar bisa diajak main kemana-mana dan bersuka ria dengan kelucunnya tapi malah galaknya minta ampun. Itulah yang saya rasakan dahulu waktu masih pemula alias pertama-tama memelihara hewan ini, yang kami pikirkan saat itu adalah, bagaimana cara menjinakkan sugar glider dengan cepat dan bisa bonding ke saya?

Cara Menjinakkan Sugar Glider yang cepat Bagi Pemula
foto: Acep Wijaya di grup facebook market keluarga sugar glider

Sahabat hobinatang.com, merawat dan menjinakkan sugar glider supaya tidak crabbing ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, kita butuh ketekunan dan kesabaran. Bahkan jinak saja belum cukup, sebab kita juga harus bisa membuatnya bonding terhadap kita.

Istilah Crabbing dan Bonding pada Sugar Glider


Mungkin bagi kalian yang pemula bertanya-tanya dalam hati, "Eh, dari tadi si admin ngomongin bondang banding-bondang banding dan crabbing, memang arti bonding dan crabbing itu sendiri apa sih?" Emm Baiklah, sebelum melanjutkannya saya akan menjelaskan dua istilah itu supaya nantinya pemula tidak kebingungan.

Crabbing adalah ketika sugar glider yang mengeluarkan suara seperti terompet yang bising dan tidak enek didengar, tujuannya crabbing untuk membela diri dan menakut-nakuti musuhnya. So, jika dia menganggap keberadaan kita sebagai ancaman baginya itu tandanya si sugar glider belum jinak dan juga belum mengenal pemiliknya. Untuk itulah kita perlu melatihnya supaya jinak dan bonding.

Lalu apa arti bonding? bonding adalah "keterikatan" bisa dikatakan sugar glider bonding jika dia sudah terikat dengan pemiliknya, misal dia akan datang jika kamu panggil namanya, atau dia tidak mau jauh-jauh dari kamu. Emm, enakkan punya sg yang bonding? Nah, itulah penjelasan istilah bonding dan crabbing.

Mudah Atau Tidak Melatih atau Menjinakkan Sugar Glider


Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Sebab mudah tidaknya menjinakan sugar glider semua tergantung pada usia sugar glider itu sendiri, apabila jenis sugar glider yang kamu beli masih joey atau anakan yang berumur 1.5-3 bulan tentunya lebih mudah dilatih dan dijinakkan daripada yang sudah tua atau dewasa, malah lebih susah lagi jika kalian membeli sugar glider yang liar alias WC (Wild Caught).

berikut perincian tingkat kesulitan menjinakkan sugar glider berdasarkan umurnya:

Tingkat Kesulitan Menjinakkan Sugar Glider


1. Joey Usia 1.5 - 3 Bulan CB (Captive Breed)

menjinakkan sugar glider joey
grup kemunitas pecinta sugar glider indonesia

Usia ini adalah usia yang paling mudah dan cepat dijinakkan, karena pada usia joey pola hidup, karakter dan kebiasaanya belum terbentuk, arti lain masih polos. Maka jika kalian ingin membeli sugar glider kami sarankan belilah sg yang masih anakan tapi yang sudah layak dipelihara dan sudah boleh dipisah dari induknya, supaya cara menjinakkan nya mudah bahkan bisa bonding lebih cepat. Waw

2. Joey WC (Wild Caught)

Yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama, hanya saja joey jenis ini didapat dari WC alias alam liar, sedangkan yang pertama adalah CB (Captive Breed) alias dari para petani yang memelihara dan membudidayakannya. Itulah perbedaan WC dan CB.

3. Sugar Glider Dewasa CB

menjinakkan sugar glider dewasa
gambar dari fp komunitas sugar glider medan

Nah, pada usia inilah yang biasanya teman-teman penghobi merasa kesulitan untuk menjinakkannya, mungkin karena galak, garang atau yang lain. Dikatakan sugar glider dewasa biasanya jika dia sudah berusia di atas 3-4 bulan, seperti 5 bulan, 6 bulan dan lebih susah lagi jika sudah mencapai umur 8 bulan atau bahkan 1 tahun, semakin tua semakin banyak pola kebiasaan yang sudah terbentuk pada dirinya maka akan semakin susah. Tapi tenang saja, karena setelah ini saya akan memberikan tips mudah dan cepat menjinakkan sugar glider dewasa.

4. Sugar Glider Dewasa WC

Wah, yang keempat ini jelas-jelas lebih susah dibandingkan sebelum-sebelumnya tapi tetap saja jika mau berusaha pasti bisa. Ya kan sob? Yang jelas supaya lebih gampang, belilah yang masih joey baik untuk yang jantan maupun betina. Baca: cara membedakan sugar glider jantan dan betina

Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Cepat dan Mudah


Berikut cara jitu menjinakkan sugar glider dengan cepat dan mudah, khususnya bagi pemula:

1. Melakukan Pendekatan Kepada Sugar Glider


Yang pertama dan paling utama dalam menjinakkan sugar glider adalah dengan cara melakukan pendekatan kepadanya, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak gigit. Itulah pribahasa yang terkesan ngawur. hihi

Jika kamu baru membeli sugar glider maka disarankan untuk mendiamkannya selama 2-3 hari untuk dia beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah itu lakukanlah pendekatan belailah kepalanya pelan-pelan meskipun dia crabbing tetap saja dibelai dan jangan pernah takut, karena semakin anda takut dia akan semakin menganggapmu sebagai musuh. Letakkan kandang di tempat yang banyak dilalui manusia, misalnya pintu dapur, kamar atau kainnya, supaya sugar glider bisa lebih cepat mengenal aktifitas manusia.

Tapi jangan sampai orang-orang yang lewat disekitar kandangnya malah menakut-nakuti SG, entah itu dengan mengguncangkan kandangnya, mengganggu atau mengagetinya, jika itu dilakukan justru malah akan membuatnya semakin takut terhadap manusia.

2. Meletakkan Pakaian Bekas Kita di Kandang Sugar Glider


Sugar glider adalah binatang teritorial yang menandai wilayah kekuasaannya dengan bau, jadi untuk mempercepat proses penjinakan dan pembondingan maka tarohlah pakaian bekasmu di dalam kandang sugar glider atau bonding pouch supaya sugar glider kita dapat mengenal bau pemiliknya. Bila perlu menggunakan pakaian yang habis dipakai dan berbau keringat.

Tapi lebih bagus lagi jika pakaian bekasmu digunakan sebagai alas tidur si sg, meskipun sedikit jorok tapi tak apalah, demi hewan tercinta kita. Oh iya, jangan lupa juga untuk menggantinya baju bekasmu setiap hari demi mengantisipasi tumbuhnya jamur dan bakteri.

3. Menggigitkan Jari Kita ke Mulut Sugar Glider


Peringatan, sering menggigitkan jari kita ke dalam mulut sugar glider dapat menjadikannya cepat jinak, bonding dan mengenal pemilikinya!

Ya, cari ini sangat ampuh dan efektif dalam menjinakkan sugar glider, banyak penghobi yang sudah melakukannya dan hasilnya?? hanya hitungan jam atau hari, sugar glider sudah bisa jinak dan tidak menggigit. Waw Bagaimana caranya?

  • Genggamlah menggunakan tangan kanan dari leher sampai badan dengan posisi jempol di bawah leher sugar glider. Jika sudah dilakukan maka dia tidak akan bisa menggigitnya. Menggegamnya pun tidak terlalu erat dan tidak juga terlalu pelan, selain itu anda juga bisa menggunakan baju atau kain supaya lebih mudah. Tapi kalau bisa langsung dengan tangan kita agar terbiasa dengan bau tangan pemiliknya.

Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula
suggieblues.com
  • Langkah selanjutnya, sodorkan jempol kiri kamu secara terbalik, yaitu posisi kuku berada di bawah supaya aman dari gigitan, sebab gigi sugar glider yang di bawah lebih tajam dibandingkan di atas. Apabila sudah digigit maka tahan sampai 2-3 menit sambil ditiup kecil, diulang-ulang sampai dia tidak mau menggigit lagi.
  • Lakukan cara di atas setiap hari minimal durasi waktu 2 jam, dan biasanya dia bisa jinak tidak menggigit dalam  kurun waktu di bawah seminggu. Tapi semua tergantung pada karakter sugar glider masing-masing.


3. Memberi Makan Sugar Glider dengan Tangan Kita (Handfeed)

menjinakkan sugar glider handsfeed memberi makan dengan tangan

Asal kalian tahu aja sob, tahapan no 3 ini adalah salah cara paling ampuh menjinakkan sugar glider selain menggigitkan tangan kita padanya (versi admin). Karena dengan handsfeed si sg akan merasa disayangi, diperhatikan dan dirawat. Apa itu handsfeed? handsfeed ialah memberi makan sugar glider dengan menggunakan jari kita yang sudah diolesi bubur atau memegang ulat hongkong.

menjinakkan sugar glider handsfeed memberi makan dengan tangan

Tapi ingat, ketika sedang memberi makan dengan tangan kita lakukanlah dengan hati-hati, perlahan d
an tidak membuat sugar glider kaget.

Kemudian jangan sekali-kali menarik tangan kamu saat dia crabbing, sebab sebenarnya dia sedang menguji apakah kita ini musuh atau bukan, jadi jika kita kaget, apalagi langsung menarik tangannya sambil teriak, maka si sg tersebut akan menganggap kita sebagai musuh, dan proses penjinakannya bisa lebih lama.

4. Memberikan Nama pada Sugar Glider dan Sering Memanggilnya


Selain bayi manusia, sugar glider juga harus diberi nama loh. Hal ini bertujuan agar sugar glider dapat mendekat saat dipanggil oleh pemiliknya (bonding), biasakan memanggil namanya ketika bermain dan memberi makan.

5. Melatih Sugar Glider Supaya Bonding dengan Membiasakan Suatu Hal


Binatang sugar glider adalah binatang yang memiliki kecerdasan serta daya ingat tinggi, jadi kamu bisa membiasakan suatu tindakan yang kamu inginkan.

melatih sugar glider agar bonding
maaf kami kesulitan menemukan sumber utama gambar ini karena sudah viral

Misal membiasakan memasukkan dia ke dalam kantong baju, maka lama kelamaan otomatis dia akan masuk ke dalam kantong baju kita tanpa diperintah, atau dengan mengekapnya supaya terbiasa dengan bau tangan kita. Dan masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuatnya semakin jinak dan bonding. So, selamat bereksperimen!

6. Memandikan Sugar Glider


Apabila sudah bisa dipegang, cobalah untuk memandikan sugar glider, minimal 2 kali sepekan. Karena dengan memandikannya akan membuatnya lebih jinak. Untuk cara memandikannya silahkan baca: trik memandikan sugar glider yang tepat

7. Konsisten Menjinakkan Sugar Glider


Yang terakhir yaitu, lakukanlah proses penjinakan di atas dengan rutin, sabar dan terus berjuang. Nikmati terus prosesnya, jika sudah berhasil anda juga yang senang, karena bisa dibawa kemana-mana.

Itulah 7 cara menjinakan sugar glider yang galak, tapi itu saja belum cukup karena seorang penghobi juga harus pinter dalam merawat binatang kesayangannya, silahkan baca di sini: Tips Merawat Sugar Glider Agar Sehat dan Tidak Bau

Waktu Yang Tepat Untuk Menjinakkan Sugar Glider


Karena sugar glider merupakan hewan peliharaan nocturnal maka lebih baik dilakukan pada siang hari, dimana saat sugar glider mengantuk sehingga menggigitnya pun tidak terlalu kuat. Tapi bagi anda yang memiliki kesibukan di siang hari, malam pun tak masalah dan tentunya akan lebih susah.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga tips dan trik cara menjinakan sugar glider dengan cepat bagi pemula. Komentar yang membangun akan selalu kami tunggu, berikan masukan jika terdapat cara yang lebih mudah dan efektif. Selamat mencoba :) [nb:sebagian gambar belum ditemukan sumbernya, bagi yang merasa memiliknya silahkan komentar]

0 Komentar Cara Cepat Menjinakkan Sugar Glider Bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top