HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

Cara Memandikan Sugar Glider- Memelihara sugar glider bukan halnya memelihara kucing kampung, sebab dia adalah binatang pengerat eksotis yang membutuhkan perawatan kebersihan yang baik, dan layak untuk kenyamanan hidupnya, dengan merawat sugar glider dan menjaga kebersihan akan membuat sugar glider Anda hidup bahagia dan sehat.

Baca: Cara Merawat Sugar Glider yang Sehat dan Tidak Bau

Tapi sebenarnya sugar glider adalah hewan yang bersih dan menghabiskan banyak waktunya untuk merawat dirinya sendiri dengan menjilati bulunya sehingga tidak perlu sering-sering dimandikan atau bahkan jangan pernah dimandikan, akan tetapi masalahnya sugar glider itu mempunyai aroma khas yang bisa mengeluarkan bau tak sedap bagi pemiliknya dan tentu saja tidak semua kotoran dan bau akan hilang dengan cara dijilati seperti itu.

Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

Maka dari sinilah seorang penghobi dituntut untuk bisa memandikan sugar glider yang benar, bukan memandikan secara asal-asalan, karena artikel yang akan saya bahas di sini bukan seperti mandi tradisional dengan air dan sabun lalu disiram begitu saja, itu bukan ide yang baik untuk dilakukan kepada sugar glider kita.

Baiklah langsung saja, sebelum melangkah kepada cara memandikan sugar glider yang baik dan benar, terlebih dahulu perhatikan aturan-aturan sebelum memandikannya (pemula wajib tahu):

  1. Pastikan sugar glider anda sehat tidak penyakitan.
  2. Sebaiknya sugar glider dimandikan minimal jika sudah lumayan jinak, tapi jika anda berani maka tak masalah
  3. Sugar glider binatang yang sangat sensitif terhadap bahan kimia, maka jauhkan pengunaan sampo yang berbahaya, gunakanlah sampo khusus atau sampo untuk bayi.
  4. Mandikanlah jika memang sudah waktunya dimandikan, misalnya mulai bau atau yang lainnya
Itulah aturan-aturan yang harus diperhatikan supaya ketika dimandikan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Perlengkapan Alat Mandi Untuk Sugar Glider


Apa saja perlengkapan mandi sugar glider?
  • Tisu basah bebas alkohol
  • Handuk yang halus atau tisu biasa
  • Sampo sugar glider bisa dibeli di pet shop atau bisa juga dengan sampho bayi

Cara Memandikan Sugar Glider yang Benar dan Tepat


Hi sob, berikut cara memandikan sugar glider dengan benar dan baik, ikuti langkah-langkah sesuai urutan:

1. Keluarkan sugar glider dari kandang secara perlahan-lahan, tapi jika masih belum terlalu jinak bisa menggunakan handuk halus supaya tidak digigit. Baca: cara menjinakkan sugar glider dengan cepat

2. Bersihkan kandang sugar glider, basuh dengan air di setiap sudutnya, dan juga membersihkan setiap tempat tidur yang kotor, gantilah pouchnya (jika memiliki 2 pouch) hal ini supaya setelah sugar glider dimandikan dia tidak kembali kotor dan bau.

3. Letakan sugar glider ditempat yang datar dan aman dari binatang predator seperti kucing, musang dan ular peliharaan

4. Siapkan sampo yang sudah diformulasikan untuk sugar glider, lalu usapkan sampo yang diformulasikan tersebut dan tuangkan sampo secara langsung ke tubuh sugar glider atau ke tangan Anda sehingga Anda dapat memijatnya secara perlahan, tapi menurut saya jika tidak ada noda membandel dan bau menyengat mungkin cukup dilap dengan tisu basah kita yang non alkohol. Bahkan memandikan sugar glider dengan tisu basah malah lebih sering saya lakukan.

Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

5. Jika dirasa sudah bersih dan harum, bilaslah dengan tisu basah dan jangan disiram air karena akan menyiksa dirinya. Ingat sugar glider adalah binatang yang anti sekali dengan air untuk itulah tuhan memberikan kemampuan membersihkan dirinya sendiri. Jadi cukup bilas dengan tisu basah saja.

6. Kemudian sugar glider dilap dengan handuk yang lembut dan kering, sambil dipijat dibelai secara perlahan-lahan penuh kasih sayang.

Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat
gambar: Destri Laraswati

7. Terakhir binatang kesayangan kita sudah bersih harum dan menyegarkan untuk diajak main-main. Yeee senengnya.

Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

Itulah langkah-langkah tepat cara memandikan sugar glider yang benar dan sehat, atau mungkin kalian memiliki cara yang lebih aman dan efektif bisa ditulis pada kolom komentar. Terimakasih [kami kesulitan menemukan sumber pertama gambar di atas sebab saya mendapatkannya di sebuah forum grup facebook, bagi kalian yang merasa memiliki gambar tersebut silahkan komentar supaya bisa kami tuliskan]

0 Komentar Cara Memandikan Sugar Glider Yang Benar dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top