Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Tentang Sugar Glider

Sugar glider- Masyarakat hari ini sudah mulai banyak yang mengenal binatang sugar glider, khususnya di kalangan pencinta hewan peliharaan. Sehingga sugar glider semakin populer dimana-mana. Tapi, mungkin bagi kalian yang baru mendengar nama ini, baik dari saudara, rekan atau orang lain pasti akan bertanya, "Apa itu sugar glider?"

Sugar glider (Petaurus Breviceps) adalah salah satu binatang pengerat yang berasal dari negara kita, yaitu Indonesia atau lebih tepatnya di Papua. Dia termasuk keluarga mamalia kecil, spesies omnivora kelas marsupial yang nokturnal. Artinya hewan ini berkembang biak dengan cara melahirkan dan memiliki ciri-ciri tubuh kecil dan berkantong seperti kangguru serta bersifat nokturnal (aktif di malam hari).

Ukuran tubuh sugar glider hampir mirip seperti hamster, yaitu sekita 24-40 cm, dengan berat 4-7 ons. Selain tubuhnya yang kecil dan manis, sugar glider juga memiliki karakter dan watak yang unik, lucu, pintar serta menggemaskan. Maka wajar saja jika hewan ini banyak dipelihara baik oleh masyarakat Indonseia sendiri atau di belahan dunia lainnya.

apa itu sugar glider, fakta lengkap sugar glider

Orang-orang banyak yang menganggap sugar glider adalah tupai terbang, karena dia memiliki sayap di sampingnya, tapi sebenarnya keduanya sangat berbeda. Perbedaan yang menonjol ada pada bentuk tubuh, warna dan bulunya. Sugar glider terlihat lebih kecil daripada tupai dan juga bulunya lebih halus, bulu ekor lebih ramping serta warnanya jelas lebih indah dari tupai terbang.

Mengapa hewan ini dipanggil sugar glider?

Dinamakan sugar glider karena dia manis dan bisa terbang, jika kita pisahkan maka artinya menjadi (sugar) "gula" dan gula memiliki sifat manis, kemudian (glider) bermakna "terbang". Sehingga apabila disatukan "sugar glider" menjadi (si manis yang bisa terbang).

Tapi ada juga yang berpendapat bahwa penamaan sugar glider karena dia menyukai yang manis-manis, tapi yang jelas hewan ini manis dan suka yang manis-manis. Dah gitu aja biar adil.

Usia Sugar Glider


Usia sugar glider cukup lama, dia mampu bertahan hidup hingga 12 sampai 15 tahun. Dari segi umur atau usia, sugar glider terbagi menjadi dua, yaitu usia joey dan ada juga usia dewasa. Apa itu sugar glider joey dan dewasa?

apa itu sugar glider, fakta lengkap sugar glider

Joey adalah sugar glider yang masih anakan berumur 0-3 bulan. Selama 0-2 bulan si joey akan tinggal di dalam kantong ibunya seperti anak kangguru dan istilah ini disebut dengan IP (In Pouch), lalu setelah 2 bulan, si joey akan keluar dari kantongnya dan proses ini disebut dengan OP (Out Pouch). Sedangkan sugar glider dewasa adalah yang berusia di atas 3-4 bulan, dan jika sudah mencapai 5-6 bulan sudah bisa dikawinkan.


Mereka dikenal dengan perilaku yang ramah dan bersahabat, Mereka hewan peliharaan yang aktif suka melompat, berpegangan dan meluncur. Sugar glider membutuhkan perawatan khusus dan perhatian. Mereka tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan, dan pemilik (owner) juga harus memberikan perawatan yang cukup dan konstan berupa cinta dan perhatian kepada hewan peliharaan ini agar tetap sehat dan ramah. Sugar glider adalah hewan peliharaan yang indah asalkan terjaga dan dirawat dengan Baik dan benar.

Selain itu, sugar glider juga memliki banyak jenis, mulai dari gray, albino, leucistic, mozaik dan lain-lain. Setiap jenisnya memiliki karakter dan harga jual yang berbeda, untuk lebih lengkapnya silahkan baca, Jenis-Jenis Sugar Glider Paling Lucu di Indonesia

Fakta Menarik Tentang Sugar Glider


apa itu sugar glider, fakta lengkap sugar glider

Ada banyak sekali hal-hal yang menarik dari hewan ini, apa saja?

1. Sugar Glider Mudah Dirawat


Ya, hewan ini memang mudah dirawat, sebab tidak membutuhkan tempat yang luas untuk meletakkan kandangnya sehingga tidak memakan tempat. Untuk makanannya pun tidak terlalu menguras kantong, kalian cukup membeli pisang atau bubur bayi sebagai pakannya. Tapi perlu diingat saat kalian memelihara hewan ini, kalian harus bisa menjaga membersihkan kandangnya supaya tidak bau, dan sering mengajaknya bermain. Sebenarnya masih banyak lagi panduan perawatan sugar glider, tapi karena keterbatasan waktu kami tidak bisa membahasnya di sini. Silahkan baca saja artikel sebelumnya, cara merawat sugar glider yang benar.

2. Sugar Glider Bersahabat dan Mudah Dijinakkan


Apabila anda sering kesepian, maka sugar glider solusinya. Mengapa? Karena mereka bisa menjadi sahabat yang baik dan sangat setia pada pemiliknya, so kalian jangan khawatir untuk diputuskan sebagaimana pacar anda memutuskan anda.

Selain itu, uniknya hewan unyu ini sangat mudah dijinakkan bahkan bisa bonding. Apa itu bonding? bonding adalah keterikatan dengan pemiliknya, sehingga jika dipanggi dengan namanya, dia akan mendekat ke sumber suara. Waaw menyenangkan sekali! ets tunggu sebentar sob, membondingkan sugar glider juga ada ilmunya loh. Nih, baca saja di sini.

Baiklah sampai sini saja penjelasan mengenai apa itu sugar glider dan fakta-faktanya. Semoga dengan kalian membaca ini akan menambah minat anda terhadap hewan yang lucu ini, silahkan share jika dirasa tulisan ini bermanfaat dan like juga facebooknya. Terimakasih

0 Komentar Apa Itu Sugar Glider? Berikut Penjelsan Lengkap Tentang Sugar Glider

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top