HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Baik dan Benar

Cara Mengawinkan Sugar Glider- Hi sobat hobinatang.com, nampaknya semakin hari peminat sugar glider di Indonesia semakin banyak dan berkembang di berbagai daerah. Baik kalangan pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa, sehingga hal ini membuka peluang besar bagi penghobi sugar glider, khususnya bagi yang berniat untuk breeding atau menernakkannya.

Menjadikan hobi sebagai ladang usaha memang menyenangkan, selain kita bisa bersenang-senang kita juga bisa meraup rupiah dari hobi kita, dalam pribahasa menyebutkan "menyelam sambil minum air". Maka tidak ada salahnya kita mencoba breeding sugar glider dengan cara mengawinkannya, syukur-syukur bisa buat uang bensin plus menjaga kelestarian atau kepunahan hewan ini. (Cie cie ngeles aja, bilang aja butuh duit)

Bagaimana cara mengawinkan sugar glider?

Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Tepat dan Benar
Gup Facebook Komunitas Sugar Glider Indonesia

Sebelum kami menjelaskan proses perkawinan sugar glider, kalian wajib mengetahui dan memahami dulu tentang poin-poin di bawah ini:

1. Carilah informasi terkait perawatan sugat glider


Merawat sugar glider memang mudah, tapi semua akan terasa sulit jika kalian tidak mengetahui ilmunya. Apalagi tujuan anda adalah ternak, yang artinya kalian nantinya bukan hanya mengurus satu atau dua ekor sugar glider saja tapi banyak. So, bacalah info-info tentang sugar glider di google atau grup-grup, dan kebetulan kami juga sudah membahasnya. Salahkan baca: Cara Merawat Sugar Glider agar Sehat dan Tidak Bau.

2. Sediakan Tempat yang Layak Untuk Pasangan Sugar Glider


kandang sugar glider
by: Akbar Faizan di Gup Facebook Jual Beli SG Medan

Sebelum mengawinkan sugar glider, alangkah baiknya anda sudah menyediakan tempat-tempat yang layak sesuai jumlah pasangan yang ingin anda kawinkan. Misalnya kalian ingin mengawinkan 5 pasang sugar glider, maka kalian juga harus menyediakan 5 kandang, supaya tidak terlalu sempit dan rame. Sebab 5 pasang = 10 sugar glider.

3. Memahami Istilah dalam Dunia Sugar Glider


Setiap bidang pasti memiliki istilah-istilah tertentu, begitu juga dalam dunia peternakan sugar glider. Di sana ada istilah joey yang artinya anakan usia 0-3 bulan. Selama 2 bulan si joey ini masih tinggal di dalam kantong ibunya dan istilah ini disebut IP (In Pouch) ketika masih IP ukurannya juga sangat kecil.

Setelah 2 bulan lebih, si joey akan keluar dari kantongnya dan proses ini disebut dengan OP (Out Pouch). Nah, di saat usia anakan sugar glider mencapai 2.5 atau 3 bulan, dia sudah bisa dijual dengan harga yang lumayan mahal, mulai dari Rp.400.000 - 15.000.000. Harga tergantung pada jenis sugar glider yang kalian ternakan.

Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Tepat dan Benar


Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Tepat dan Benar

Istilah lainnya ada "pouch" (kantong tidur) "trevel pouch" (kantong sg yang bisa dibawa kemana-mana) "bonding" (terikat dengan pemiliknya, jika dipanggil dia mendekat) "birahi" (sugar glider yang siap kawin dan sudah matang) kemudian yang terakhir ada "crabbing" (suara sugar glider menyerupai terompet).

Cara Mengawinkan Sugar Glider dengan Cepat


Setelah anda memahami informasi penting di atas, sekarang saatnya kita akan belajar bagaimana cara mengawinkan sugar glider yang benar dan tepat.

1. Sediakan Uang yang Cukup Sebelum Mengawinkan Sugar Glider


Ini berlaku bagi kalian yang belum membeli hewan ini, namun jika sudah silahkan diabaikan.

Sediakan budget sebanyak Rp.1 juta sampai Rp 2.130.000 untuk membeli sepasang atau 2 pasang sugar glider yang sudah berusia 7-12 bulan, lalu kandang, makanan, aksesoris dan pouchnya. Berikut perinciannya:

  • Satu sugar glider seharga Rp.400.000-450.000 sehingga jika sepasang= Rp.800.000-900.000
  • Kandang besi (kandang love bird) seharga Rp.125.000
  • Batok kelapa (tempat berlindung SG) seharga 5.000
  • Pouch tempat tidur seharga Rp.25.000
  • Makanan perbulan bisa menghabiskan sekitar Rp 30.000

Jadi untuk satu pasang jika ditotal jadi = Rp.1.200.000

2. Pasangkan Sugar Glider Jantan dan Betina di Satu Kandang


Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Tepat dan Benar
Gup Facebook Komunitas Sugar Glider Indonesia

Setelah anda membeli sepasang sugar glider, plus kandang dan segala perlengkapannya maka langkah selanjutnya adalah mengawinkannya.

Cara menjodohkannya pun tidak terlalu ribet karena hanya perlu memasukkannya ke dalam satu kandang, nantinya mereka akan kawin sendiri. Tapi jangan salah meletakkan pasangan ya, misalnya jantan sama jantan (SG ga doyan LGBT). Bagi kalian yang belum mengerti cara membedakan sugar glider jantan dan betina silahkan baca di sini.

Setelah dipasangkan, tunggu selama 1 bulan lalu lihatlah isi kantung dari sugar glider betina, apakah ada joey atau tidak. Bagaimana mudah kan? It is simple dan lengkap.

Oh iya, jika tujuan kalian memelihara sugar glider hanya untuk mengembangbiakkan maka jangan sering-sering diajak main, karena malah akan menjadikannya mudah stress, terutama saat hamil.

Ok itu saja tips tutorial cara mengawinkan sugar glider yang tepat dan benar, selamat mencoba, semoga berhasil dan sukses. Terimakasih

[baca juga: tips ternak sugar glider lengkap untuk pemula]

8 Komentar Cara Mengawinkan Sugar Glider yang Baik dan Benar

  1. Maaf numpang nanya bos,kira2 utk sg yg udah IP dipisah dr pejantan yg membuahinya,dan diganti dgn pejantan yg lain blh g ya?karna saya pny pejantan dan br beli betina yg udah IP,mksh

    ReplyDelete
  2. Jujur saya tidak pernah ngalami hal ini mas, tapi kalau bisa jangan. Soalnya SG yang lagi IP sangat rentan. Takutnya nanti terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya direject.. Kasian bayinya.

    Kalu mas memang mau nekat, usahakan yang dipindahkan betinanya ke ke kandang jantan. Sebab jika jantan yang dipindah ke kandang betina, bisa-bisa berantem. Sifat merebut daerah kekuasaannya muncul.

    ReplyDelete
  3. Maaf mas saya punya sg betina trus saya mau beli yg jantan udah gtu saya mau mengembang biakan, gmna cara menyatukan jantan dan betina nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas saya punya sg betina terus saya mau beli yg jantan sudah gtu saya mau mengembangbiakan gmna cara menyatukan jantan dan betina nya

      Delete
    2. Sebenarnya disatukan langsung bisa kok mas. Kalau berantem coba di pisahkan dulu. Lalu letakkan kandang jantan dan betina berdempetan. Kalau sudah saling sama suka. Baru di satukan lagi.

      Saat sudah masa birahi, mereka akan kawin sendiri.

      Delete
  4. Gan..mau tanya..saya punya sepasang seminggu yang lalu saya liat kayanya dia lagi hamil
    Tapi setelah dilihat kembali kaya yang udah ga ada baby nya..riject kah apa ngga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anda yakin dia sudah hamil berdasarkan ciri cirinya, lalu hari ini sudah tidak ada bayinya kemungkinannya "iya".

      Bisa jadi direject dan dimakan induknya, makanya jika anda sudah yakin benar kalau hamil sebaiknya diberikan perawatan khusus.

      Silahkan banda bisa baca baca artikel tentang perawatan sugar glider hamil dan ciri cirinya di situs kami. Makasih mas

      Delete
    2. Ralat

      #Silahkan Anda bisa baca

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top