Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Tips pemula sebelum membeli sugar glider- Hari ini ada sebagian orang yang membeli sugar glider bukan murni karena hobi. Namun hanya karena mengikuti trend atau sekadar pamer kepada teman-temannya. Sehingga dia tidak pernah memperhatikan resiko-resiko memelihara SG (sugar glider) yang akhirnya di tengah perjalanan dia pun jadi malas merawat hewan peliharaannya dan malah menjualnya.

Tipe orang ini bisa dijuluki sebagai "penghobi musiman" dan saya berharap kepada siapa saja yang membaca artikel ini bukan termasuk golongan mereka. Jadilah sugar glider lovers yang baik, yakni memelihara karena sayang, dan merawat karena cinta.

Resiko yang Harus Diperhatikan sebelum Membeli Sugar Glider


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Sebelum hobinatang.com membahas tips buat pemula sebelum membeli sugar glider, alangkah baiknya jika kami mengenalkan dulu apa saja resiko yang akan kalian dapatkan jika memelihara SG. Biar tidak termasuk golongan "penghobi musiman" yang dapat merusak harga pasaran si SG. Semoga bisa berfikir ulang untuk memeliharanya.

Setelah membaca ini, kalian jangan kaget ya kalau ternyata memelihara sugar glider tak seindah yang kamu bayangkan:

1. Sugar Glider Bisa Menggigit


Benar sekali. Siapa pun dia, jika memelihara sugar glider pasti pernah digigit. Apalagi kalau kalian membeli sugar glider yang masih galak dan belum jinak. Yang jelas jangan pernah mencoba membeli SG jika Anda tipe orang yang takut digigit binatang. Karena ini merupakan salah satu sebab utama munculnya penghobi musiman. Loh ko bisa?

Bisalah! Ceritanya gini, dia melihat teman-temannya bermain SG nya, bisa diajak kemana-mana dan masih banyak lagi. Lalu dia nya langsung tertarik dan membeli sugar glider di toko hewan tanpa memikirkan resikonya. Dan kebetulan dia mendapat sugar glider yang masih galak.

Satu bulan dijinakkan, eh' ternyata susah dijinakkan. Kemudian dicoba lagi sampai 2 atau 3 bulan, namun belum juga jinak. Ya sudah akhirnya dijuallah si sugar glider tersebut. Jadilah mereka penghobi musiman, dan lebih parah lagi menjualnya dengan harga yeng merusak pasaran! Maklum namanya juga butuh, yang ada dipikirannya hanya "Penting SG ku kejual" hahah LoL banget kan?

2. Sugar Glider itu Bau Apalagi Kandangnya


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Ya, dia sangat bau jika kalian malas memandikan dan merawatnya. Apalagi kandangnya. Hempt pokoknya buat kalian yang pemalas jangan coba-coba membeli hewan pengerat yang satu ini.

Baca: cara memandikan sugar glider

3. Pup dan Pipis Sembarangan


Poin ketiga ini juga patut dipertimbangkan. Sugar glider merupakan binatang yang suka menandakan daerah kekuasaannya dengan kotoran semisal pup atau pipis. So jangan heran apabila saat diajak main, tiba-tiba kencing di baju kalian atau malah di muka kalian.

Yang tidak suka dikencingi sebaiknya jangan membeli hewan ini. Baiklah mungkin tiga poin di atas sudah cukup dijadikan sebagai pertimbangan kalian sebelum membeli dan merawat sugar glider. Walaupun sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya. Baca: 7 Resiko Memelihara Sugar Glider, No 6 Paling Berat

Tips bagi Pemula Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider
Foto sugar glider by facebook Heru Kurnia

Akhirnya sampai juga dipembahasan inti. Yakni tips sebelum membeli atau memelihara sugar glider, apa saja??

1. Sebelum Membeli Harus Berjanji untuk Komitmen


Merawat sugar glider itu perlu adanya komitmen yang tinggi, sebab memelihara SG bukan hanya menyediakan kandang luas, makanan dan minuman untuknya. Tapi juga membutuhkan perawatan yang ekstra supaya tidak bau, kotor dan lain sebagainya.

Baca: cara merawat sugar glider yang baik dan benar

Selain itu sobat juga harus menyempatkan diri untuk menemaninya bermain, sebab dia adalah hewan sosial yang membutuhkan teman bermain. Jadi lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum membeli sugar glider.

2. Belilah Sugar Glider yang Masih Joey


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Apa itu joey? Joey adalah anakan sugar glider yang masih usia 1.5 sampai 3 bulan. Nah, sebisa mungkin kalian membeli yang di atas 2 bulan dan di bawah 3 bulan. Mengapa?

Soalnya di usia tersebut masih mudah dijinakkan dan menggigitnya pun tidak sakit. Meskipun demikian saya juga tidak melarang anda untuk membeli yang sudah dewasa, karena masih bisa dijinakkan. Silahkan baca: cara menjinakkan sugar glider dengan mudah

3. Belilah Sepasang Sugar Glider


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider
 Grup facebook Komunitas Sugar Glider Indonesia

Sebagaimana yang sudah kami katakan di atas, bahwa sugar glider adalah binatang sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Walaupun bisa tapi sebenarnya tersiksa batinnya. :'(

So, belilah minimal 2 sugar glider, jantan dan batina. Jika belum mampu mungkin bisa beli satu dulu lalu sebulan atau dua bulan setelahnya membeli satu lagi. Jangan dibikin jomblo terlalu lama sob. Soalnya dia berbeda dengan kalian. Jika sobat kuat menjomblo 1 tahun, maka kalau SG tidak! Bahkan 3 bulan saja rasanya sudah tersiksa. :'(

Intinya apabila dia masih sendirian, kalian harus rajin mengajaknya berinteraksi dan bermain.

4. Direkomendasikan Agar Membeli kepada Sesama Komunitas Sugar Glider


Meskipun hari ini sudah banyak pets shop yang menjual SG, namun saya tetap merekomendasikan untuk membeli ke sesama penghobi yang terpercaya. Sebab bisa sekalian tanya-tanya jika ada kesulitan atau sharing tentang SG nya.

5. Menyediakan Kebutuhan-Kebutuhannya


Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Yosh, tidak diragukan lagi Anda harus membelikan properti-properti khusus hewan. Mulai dari aksesoris, tempat makan dan minum, kandang, pouch atau yang lainnya. Semua ini sudah dibahas di sini. Silahkan klik untuk membacanya.

Itulah tips pemula sebelum membeli atau memelihara sugar glider. Pastikan artikel ini diamalkan dan disebarkan supaya tidak ada lagi penghobi-penghobi musiman yang menjengkelkan. :(

0 Komentar Tips Sebelum Membeli dan Memelihara Sugar Glider

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top